Biografi Chairil Anwar

Biografi Chairil Anwar Penyair Legendaris Indonesia. Chairil Anwar adalah seorang penyair besar yang terkenal dengan karya sastranya yang sangat fenomenal. Bahkan Chairil Anwar memiliki julukan yang menarik yaitu “Si Binatang Jalang”. hal inilah yang membuat nama Chairil Anwar dan karyanya tak pernah dilupakan walau sudah tergerus oleh waktu. Nah untuk anda ingin mengetahui kisah hidup dari seorang sastrawan terkenal Chairil Anwar, yuk simak Biografi Chairil Anwar berikut ini.

Biografi Chairil Anwar

Profil Chairil Anwar

  • Nama Lengkap : Chairil Anwar
  • Tempat Tanggal Lahir : Medan 26 Juli 1922
  • Meninggal : 28 April 1949
  • Nama Julukan : Si Binatang Jalang
  • Kebangsaan : Indonesia
  • Nama Ayah : Toeloes
  • Nama Ibu : Saleha
  • Pendidikan : Hollandsch Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)
  • Pekerjaan/Karir : Penyiar/Sastrawan, Penyiar Radio Jepang di Jakarta saat Jepang masih menguasai Negara Indonesia
  • Jumlah Karya Chairil Anwar : 96 karya, termasuk 70 Puisi
kehidupan chairil anwar
biografi chairil anwar

Kehidupan Masa Kecil

Chairil Anwar menghabiskan masa  kecil di kota Medan, Sumatera Utara. Disana beliau tinggal bersama ayah dan Ibunya. Ayahnya bernama Toeloes dan ibunya bernama Saleha. Kedua orang tua Chairil Anwar berasal dari kabupaten Lima Puluh di kota Sumatera Barat.

Ayah Chairil Anwar adalah sosok yang cukup mempunyai peran penting di Indragiri, karena beliau pernah menjabat sebagai bupati Indragiri di Riau. Chairil Anwar juga masih memiliki ikatan keluarga dengan sutan Syahrir, beliau adalah seorang perdana menteri pertama yang ada di Indonesia.

Chairil Anwar adalah putra tunggal dari pasangan suami istri Toeloes dan Saleha. Hal inilah yang menyebabkan Chairil kecil sangat dimanja oleh kedua orang tuanya, sebab inilah yang menjadikan Chairil Anwar memiliki sifat keras kepala. Bahkan ia tak ingin ada sesuatu yang hilang dari apa yang Chairil inginkan dan sukai. Sikap Chairil ini sebenarnya sikap yang diturunkan dari kedua orang tuanya.

  Biografi Buya Hamka

Chairil Anwar sempat menempuh pendidikan di sekolah dasar yang dikhususkan bagi kaum pribumi, sekolah dasar tersebut bernama Hollandsch Inlandsche School (HIS), sekolah  ini adalah sekolah yang dibangun saat belanda masih menjajah Negara Indonesia. Setelah Chairil Anwar lulus menempuh pendidikan dasar, Chairil Anwar melanjutkan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO).

Sayangnya Chairil Anwar berhenti menempuh Pendidikannya, saat itu usia Chairil Anwar masih berusia 18 tahun. Meski berhenti bersekolah, membuat Chairil Anwar tidak memiliki cita-cita. Bahkan pada usia 18 tahun Chairil Anwar sudah memutuskan untuk menjadi seorang seniman. Cita-cita Chairil Anwar untuk menjadi seorang seniman sudah diungkapkan sejak beliau masih berusia 15 tahun.

Kondisi Chairil Anwar Banyak berubah ketika kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai. Chairil memutuskan untuk ikut dengan ibunya dan tinggal di Batavia atau yang dikenal sebagai ibu kota Indonesia. Walaupun kedua orang tuanya bercerai Chairil Anwar tetap mendapatkan nafkah dari ayahnya.

karir chairil anwar
biografi chairil anwar

Di kota Batavia Chairil Anwar mulai menekuni dunia sastra. Otak Chairil Anwar memang terbilang encer. Walaupun pendidikan Chairil Anwar tidak tinggi, beliau dapat menguasai beberapa bahasa asing dengan fasih dan baik. Contohnya bahasa Belanda, Jerman dan Bahasa Inggris.

Chairil Anwar memang terkenal dengan hobinya yang membaca buku. Bahkan beliau sering membaca karya dari para pengarang ternama yang sudah go Internasional.  Karya yang paling senang dibaca oleh Chairil Anwar adalah karya dari Rainer Maria Rilke, W.H. Auden, Archibald Macleish, Edgar du Perron, Hendrik Marsman dan J. Slaurhooff.

Karir Sebagai Penyair

Pada tahun 1942 Chairil Anwar mempublikasikan karya pertamanya pada saat usia Chairil Anwar menginjak 20 tahun. dengan judul “Nisan”. Berkat puisi Inilah nama Chairul Anwar mulai dikenal dalam dunia sastra Indonesia. Sayangnya puisi yang dibuat oleh Chairil Anwar kebanyakan bertemakan kematian.

  Biografi Bob Sadino

Chairil Anwar pertama kali mengirim puisinya ke Majalah Pandji untuk dimuat, sayangnya banyak karya-karya beliau yang ditolak. Alasannya puisi yang dibuat oleh Chairil Anwar terlalu individualistis, selain itu puisi Chairil Anwar dirasa kurang cocok dengan semangat yang dianut oleh masyarakat pada masa itu, karena masyarakat memiliki semangat kawasan kemakmuran bersama Asia Timur Raya.

karir chairil anwar sebagai penulis
biografi chairil anwar

Walaupun banyaknya penolakan dari pihak Majalah, Chairil Anwar tetap melanjutkan hobinya untuk menulis. Chairil Anwar juga membuat tema puisi selain kematian, tema puisi yang dibuat oleh Chairil Anwar selanjutnya bertema Pemberontakan, Individualisme dan eksistensialisme.

Kehidupan Cinta

Chairil Anwar tidak hanya berkarir dalam dunia tulis menulis dan membuat puisi saja. Beliau juga seorang penyiar radio Jepang di Jakarta.  Ketika menjadi penyiar inilah kisah cinta Chairil Anwar dimulai. Beliau jatuh cinta kepada Sri Ayati. Sayangnya sampai akhir hayat Chairil Anwar tidak menyampaikan perasaan cintanya kepada Sri Hayati.

Akhirnya Chairil Anwar memutuskan untuk menikah dengan seorang gadis bernama Hapsah Wiraredja. Pernikahan Chairil berlangsung pada tanggal 6 Agustus 1946.  Dari pernikahan ini Chairil Anwar dikaruniai seorang putri cantik yang bernama Evawani Alissa. Sayangnya pernikahan Chairil Anwar tidak berjalan dengan mulus, beliau memutuskan untuk bercerai pada tahun 1948.

Kondisi Fisik Yang Terus Menurun

Chairil Anwar memang memiliki jiwa yang sehat dan memukau. Sayangnya semua itu tidak sejalan dengan kondisi fisiknya. Selama Chairil Anwar hidup, beliau banyak mengidap banyak penyakit yang pada akhirnya beliau harus menyerah pada kehidupan.

Chairil Anwar menghembuskan nafas Terakhirnya pada usia 27 tahun. Usia yang tergolong muda bukan? Dengan akhir usia Chairil Anwar menandai berakhirnya karya sastra dari Chairil Anwar. Walaupun raganya sudah melebur dengan tanah, tak membuat karya sastra yang dibuat oleh Chairil Anwar redup, bahkan karya beliau selalu diingat dan bertahan sampai sekarang.

  Biografi Ismail Marzuki
potret chairil anwar
biografi chairil anwar

Penyebab pasti kematian Chairil Anwar sampai sekarang belum mendapat konfirmasi yang jelas. Banyak dugaan jika penyebab Chairil Anwar meninggal karena beliau mengidap penyakit TBC. Namun dari catatan rumah sakit menyatakan penyebab kematian Chairil Anwar disebabkan karena penyakit tifus.

Bahkan Chairil Anwar sudah lama mengidap penyakit paru-paru dan infeksi penyakit, hal inilah yang membuat fisik Chairil Anwar menjadi lemah dan berakhir dengan menderita penyakit usus. Bahkan ususnya mengalami kerusakan dan pecah dan membuat Chairil Anwar meninggal dunia, sebelum beliau meninggal beliau mengigau menyebut “Tuhanku, Tuhanku”.

Meninggal

Chairil Anwar meninggal di rumah sakit CBZ yang sekarang lebih dikenal dengan rumah sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Beliau dirawat pada tanggal 22 sampai 28 April 1949. Chairil Anwar meninggal pada jam setengah tiga sore pada tanggal 28 April 1949. Kemudian beliau dimakamkan di tempat pemakaman umum di karet bivak, bahkan dari RSCM banyak pemuda dan Republikan terkemuka yang menghantarkan Chairil Anwar ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Hasil Karya Dan Peninggalan

Pada masanya yang singkat Chairil Anwar sudah menghasilkan karya yang cukup banyak yaitu 94 karya yang telah ia tulis. Karya beliau juga termasuk 70 puisi. Bahkan banyak puisi Chairil Anwar yang belum dipublikasikan disaat beliau masih hidup, kemudian karya beliau dipublikasikan setelah beliau meninggal.

Puisi terakhir yang ditulis oleh Chairil Anwar dengan judul “Cemara Menderai Sampai Jauh” puisi ini ditulis pada tahun 1949. Karya sastra Chairil Anwar yang paling fenomenal adalah karya puisi yang berjudul “aku” dan “Karawang Bekasi” yang dibuat pada masa penjajahan kolonial.

peninggalan chairil anwar
biografi chairil anwar

Seluruh hasil karya dari Chairil Anwar ini dikompilasikan ke dalam tiga buah buku. Baik hasil karya yang asli, modifikasi dan dijiplak. Dari ketiga kompilasi tersebut kemudian diterbitkan oleh Pustaka Rakyat.  Bahkan beberapa karya sastra dari Chairil Anwar ini tidak hanya dikagumi oleh masyarakat Indonesia saja, karena karya-karya Chairil Anwar juga banyak diterjemahkan ke dalam bahasa asing yaitu, bahasa Rusia, Inggris, Jerman dan Spanyol.

  Biografi Sunan Kalijaga

Kontroversi

Karya sastra yang dibuat oleh Chairil Anwar memang banyak menuai pujian, namun karya Chairil Anwar ternyata pernah menuai kontroversi. Hal ini disebabkan karena hasil karya Chairil Anwar dianggap sebagai karya dengan hasil plagiarism oleh H.B Jassin.

Tulisan yang dimuat di Mimbar Indonesia dengan judul Karya Asli, Saduran dan Plagiat, H.B Jassin ini membuat rugi kerana adanya kemiripan dari karya yang dibuat oleh Chairil Anwar dengan judul “Karawang Bekasi” yang dibandingkan dengan karya yang berjudul “The Dead Young Soldiers” hasil karya dari Archibald Macleish. Walaupun sempat menunjukkan perbandingan tersebut Jassin tidak menyalahkan Chairil Anwar.

***

Demikianlah ulasan mengenai Biografi Chairil Anwar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar tokoh sejarah yang berpengaruh pada masa kini. Setelah membaca biografi chairil anwar ini, kamu bisa juga melihat biografi tokoh lainnya yang ada pada artikel terkait dibawah ini.