Cara Bayar Listrik Lewat ATM Mandiri

Cara Bayar Listrik Lewat ATM Mandiri – Saat ini ada banyak tipe pembayaran listrik, dari pembayaran dengan menggunakan slip tagihan yang konvensional, dengan membayar di bank, ataupun membayar di mesin ATM. Untuk Anda yang merupakan nasabah Bank Mandiri dan ingin melakukan cara terakhir, berikut merupakan cara bayar listrik lewat ATM Mandiri yang bisa Anda lakukan.

Cara Bayar Listrik Lewat ATM Mandiri dengan Mudah

Untuk membayar biaya listrik menggunakan mesin ATM, tentunya Anda harus mencari ATM Mandiri ataupun ATM Link Bersama. Anda juga bisa mengubah kartu ATM Anda untuk memiliki logo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) sehingga bisa digunakan di seluruh ATM Bank nasional jika diperlukan. Walaupun hal tersebut lebih memakan waktu yang panjang.

Terdapat dua cara bayar listrik lewat ATM Mandiri yang bisa Anda lakukan, yakni membayar tagihan listrik pasca bayar dan melakukan pembelian token listrik untuk tagihan pra bayar. Berikut merupakan dua langkah pembayaran listrik sekaligus cara-caranya.

  1. Untuk pembayaran listrik pasca bayar, setelah memasukkan kartu ATM di mesin ATM Mandiri dan melakukan input pin, Anda bisa memilih pilihan bahasa yang digunakan.
  2. Jika sudah, pilihlah menu yang bertuliskan Pembayaran atau Pembelian. Kemudian Anda akan dibawa ke menu baru, pilihlah menu yang bertuliskan PLN dan pilih jenis pembayaran.
  3. Anda yang hendak melakukan pembayaran pasca bayar, pilih menu yang bertuliskan cara pembayaran tersebut.
  4. Masukkan nomor ID listrik yang Anda miliki, pastikan bahwa nomor tersebut memang benar nomor yang Anda miliki. Karena jika tidak, maka Anda akan membayarkan tagihan listrik milik orang lain.
  5. Cara bayar listrik lewat ATM selanjutnya adalah melakukan konfirmasi jumlah tagihan yang Anda miliki. Anda akan melihat nomor ID dan informasi singkat mengenai tagihan listrik Anda, lakukan konfirmasi dengan memilih menu Benar.
  6. Transaksi Anda akan di proses, tunggu hingga proses pembayaran selesai. Akan ada struk pembayaran yang merupakan bukti Anda telah melakukan pembayaran tagihan listrik. Anda bisa menyimpannya sebagai bukti jika ke depannya di butuhkan.

cara bayar listrik lewat atm mandiri

Sedangkan untuk pembelian pra bayar atau token listrik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Kurang lebih caranya hampir serupa dengan teknis pembayaran listrik untuk jenis pasca bayar.

  1. Cara bayar listrik lewat ATM untuk Anda yang menggunakan listrik pra bayar atau token adalah memasukkan ATM Anda, pin, serta melakukan pemilihan bahasa yang tersedia.
  2. Masuk ke menu pembayaran, disana Anda bisa langsung memilih menu PLN atau pembayaran listrik, tergantung dengan jenis ATM yang dimiliki.
  3. Lanjutkan dengan memilih jenis pembayaran listrik, untuk Anda pilih pembayaran listrik token atau pra bayar.
  4. Masukkan nomor ID listrik yang Anda miliki, lakukan konfirmasi dan masukkan jumlah token yang hendak Anda beli. Pembelian minimal adalah 20 ribu rupiah.
  5. Setelah memasukkan nominal yang Anda inginkan untuk pembayaran listrik, maka proses pembayaran akan dilakukan. Tunggu sejenak hingga mesin ATM menyelesaikan proses tersebut dan mengeluarkan struk.
  6. Pembayaran telah selesai, ambil struk tersebut, kemudian ambil kartu ATM Mandiri Anda dari mesinnya.

Itulah tutorial dan cara bayar listrik lewat ATM Mandiri yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya ATM Mandiri saja, kini pembayaran listrik juga bisa dilakukan di ATM lain sesuai dengan jenis bank yang nasabah gunakan. Cara ini dinilai lebih praktis dan efisien karena prosesnya yang lebih cepat dibandingkan dengan cara lainnya.