Cara Membuat Rekening BTN dan Persyaratan Lengkapnya

Cara Membuat Rekening BTN dan Persyaratannya – Jenis bank yang belakangan menyasar generasi yang lebih muda untuk melakukan pendaftaran dan pembuatan rekening adalah Bank BTN. Bank BTN adalah singkatan dari Bank Tabungan Negara.

Bank yang menjadi salah satu usaha resmi milik Indonesia ini tidak memiliki pengalaman proses transaksi perbankan dalam jangka waktu yang lama. Cara membuat rekening BTN dan persyaratannya cukup mudah untuk dilakukan pemula sekalipun.

Cara Mudah Membuat Rekening BTN

Terdapat dua cara untuk membuat rekening BTN, Anda bisa membuatnya sesuai dengan waktu luang dan keperluan yang dimiliki. Jika lokasi tempat tinggal Anda jauh dari kantor cabang bank BTN, Anda bisa menggunakan layanan BTN Virtual Branch dibandingkan dengan datang langsung ke kantor cabangnya.

Cabang Virtual Branch BTN

Cara pembuatan pertama akun rekening dari Bank BTN adalah menggunakan layanan daring, yakni dengan memanfaatkan BTN Virtual Branch. Untuk mendaftar akun rekening dengan cara ini, Anda cukup menggunakan nomor ponsel yang masih aktif, sehingga lebih mudah ketika hendak dilakukan verifikasi kontak.

Cara membuat rekening BTN dan persyaratannya yang pertama dengan cara daring adalah mengunduh aplikasi Bank BTN di App Store ataupun Play Store terlebih dahulu. Lanjutkan dengan melakukan proses instalasi sebagaimana teknis pemasangan aplikasi pada umumnya. Jika sudah, lakukan pendaftaran dengan membuka aplikasi tersebut dan mengisi form pendaftaran di dalam aplikasinya, sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Proses verifikasi akan dilakukan, Anda akan mendapatkannya melalui email aktif yang sebelumnya Anda daftarkan. Lanjutkan dengan mengunduh kembali aplikasi BTN Digital Solution untuk melakukan pembukaan rekening. Lengkapi dengan melakukan data diri dan melanjutkan sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. Anda akan dianjurkan untuk melakukan foto selfie menggunakan KTP.

Langkah terakhir adalah menunggu konfirmasi dari pihak Bank BTN, kemudian datang ke kantor cabangnya tanpa perlu melakukan antri untuk melakukan validasi dan aktivasi rekening yang sudah Anda daftarkan. Cukup serahkan nomor registrasi untuk membuat buku rekening dan kartu debit.

Datang ke Kantor BTN

Cara membuat rekening BTN dan persyaratannya selanjutnya adalah dengan datang langsung ke cabang bank BTN dan melakukan pendaftaran. Teknis untuk melakukannya cukup sederhana, calon nasabah hanya perlu membawa dokumen persyaratan dan mengambil nomor antrian. Tunggu sejenak hingga nomor Anda dipanggil, jika sudah pihak customer service bank akan memberikan informasi dan form pendaftaran untuk diisi.

Isilah secara lengkap formulir tersebut dan teliti kembali sebelum dikumpulkan, pihak bank akan memproses form pendaftaran tersebut dan Anda bisa langsung mengisi saldo dengan melakukan pembayaran pembukaan rekening. Proses selesai jika Anda sudah mendapatkan kartu rekening dan kartu ATM yang siap digunakan.

Syarat Mengajukan Rekening BTN Baru

cara membuat rekening btn mudah
cara membuat rekening btn | hestiayuningtyas.com

Ada beberapa dokumen dan persyaratan yang harus Anda bawa ketika hendak melakukan pendaftaran akun rekening bank BTN, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kartu identitas diri yang legal, umumnya merupakan KTP, SIM, maupun paspor.
  2. Membutuhkan NPWP untuk Anda yang hendak membuka rekening bank BTN dengan jenis tertentu.
  3. Cara membuat rekening BTN dan persyaratannya terkait dengan syarat dokumen lain adalah formulir pendaftaran, yang nantinya akan Anda dapatkan ketika melakukan pendaftaran di teller bank.

Jenis Rekening Tabungan BTN

Terdapat 4 Jenis produk tabungan di bank BTN  yaitu BTN Batara, TabunganKu BTN, Tabungan BTN e-Batarapos, Tabungan Batara Prima. Jenis rekening ini bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan tentunya masing masing memberikan keuntungan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya:

Tabungan BTN Batara

  1. Persyaratan berupa identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor.
  2. Setoran awal minimal Rp200 ribu.
  3. Biaya administrasi bulanan sebesar Rp12 ribu.
  4. Suku bunga tinggi sebesar 2,75 persen per tahun.

TabunganKu BTN

  1. Setoran awal minimum sebesar Rp20 ribu.
  2. Setoran selanjutnya sebesar Rp10 ribu.
  3. Persyaratan berupa fotokopi KTP dan NPWP.
  4. Bebas biaya administrasi.
  5. Tak ada penggantian jika buku tabungan hilang atau rusak.
  6. Suku bunga tahunan 0,25 persen jika memiliki saldo sebesar Rp500 ribu-1 juta, dan 1 persen jika saldo di atas Rp1 juta.
  7. Penarikan hanya bisa dilakukan di kantor cabang tempat membuka rekening minimum sebesar Rp100 ribu.

Tabungan BTN e-Batarapos

  1. Melampirkan identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor.
  2. Bebas biaya administrasi jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
  3. Termasuk produk asuransi jiwa dengan premi terpotong secara otomatis.
  4. Mendapatkan uang pertanggungan dari asuransi sebesar Rp10 juta.
  5. Setoran awal minimum Rp50 ribu, setoran selanjutnya minimum Rp10 ribu.

Tabungan BTN Prima

  1. Persyaratan identitas diri KTP/SIM/Paspor.
  2. Setoran awal minimum Rp2 juta.
  3. Saldo minimum Rp2 juta.
  4. Setoran selanjutnya minimal Rp50 ribu.
  5. Jika tidak ada penarikan selama dua bulan, maka akan ada tambahan bunga sebesar 1,5 persen.
cara membuat rekening btn terbaru
cara membuat rekening btn | grid.co.id

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat rekening BTN dan persyaratannya yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, Anda dapat membuat rekening untuk bank BTN dengan lebih mudah dan tanpa halangan.