Fakta Tentang Planet Mars

Fakta Planet Mars Yang Unik dan Menarik. Tata surya kita sangat luas dan terdiri dari banyak planet, bulan, komet, asteroid, planet minor; dan debu dan gas. Gagasan utama tata surya kita diusulkan oleh Nicolaus Copernicus (1473-1543) dan dia juga mengusulkan bahwa Matahari berada di pusat alam semesta sementara planet-planet berputar di sekitarnya dalam orbit melingkar.

Mari kita mengungkap beberapa fakta dan informasi penting tentang planet Mars di mana kehidupan manusia dapat diharapkan untuk tinggal di planet ini di tahun-tahun mendatang.

Fakta Unik Tentang Planet Mars

1. Mars adalah planet terkecil kedua di tata surya setelah merkuri. Dan itu adalah planet keempat terdekat dari matahari.

2. Mars juga disebut sebagai “Planet Merah” karena memiliki kandungan tinggi oksida besi yang membuatnya tampak kemerahan.

3. Mars memiliki atmosfer yang tipis.

4. Mars hanya memiliki dua bulan dibandingkan dengan Uranus dua puluh tujuh. Mereka diberi nama: Phobos dan Deimos. Bulan-bulan ini kecil dan berbentuk tidak teratur.

5. Komposisi inti Mars belum diketahui oleh para ilmuwan dan pekerjaan eksplorasi sedang berlangsung. Tidak pasti sampai sekarang apakah inti planet itu padat, cair atau dibangun dari dua lapisan yang berbeda. Tekanan maksimum inti Mar diperkirakan 400.000 kali tekanan atmosfer Bumi di permukaan laut.

6. Kepadatan: Jika kita membandingkan kepadatan Mars dengan kepadatan Bumi, kita akan menemukan bahwa kepadatannya 100 kali lebih sedikit daripada Bumi.

7. Mars memiliki tekanan atmosfer rendah di permukaannya yang merupakan alasan mengapa air cair tidak dapat bertahan lama di permukaannya.

8. Mars membutuhkan dua kali waktu Bumi untuk menyelesaikan revolusi penuh mengelilingi matahari.

9. Tahukah Anda bahwa Jupiter raksasa memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orbit Mars? Karena massanya yang sangat besar, Jupiter membawa beberapa perubahan di orbit Mars.

10. Orbit Mars dan Bumi juga tidak berada di bidang yang sama. Ada kemiringan beberapa derajat antara orbit dua planet tetangga.

11. “Oposisi” adalah situasi ketika sebuah planet dan Matahari berada di sisi bumi yang berseberangan. Dalam oposisi Mars, Mars dan Matahari berada di sisi bumi yang berseberangan. Pelajari juga fakta bahwa Oposisi 2003 adalah pendekatan terdekat dalam hampir 60.000 tahun! Dan sesuai perhitungan, catatan ini akan rusak di tahun 2287.

12. Mars memiliki es yang cukup di daerah kutubnya, yang dapat dilihat dengan jelas pada gambar di bawah ini. Jika es di kutub selatannya meleleh, air yang dihasilkan akan cukup untuk menutupi seluruh permukaan planet hingga kedalaman 11 meter. Mars, selain Bumi, adalah satu-satunya planet lain yang memiliki lapisan es kutub. Topi Utara disebut – Planum Boreum, dan topi Selatan disebut – Planum Australe.

13. Konjungsi Surya adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kedatangan Matahari antara Bumi dan Mars. Ketika ini terjadi, komunikasi antara pesawat ruang angkasa di Mars, dan Bumi berkurang secara drastis.

14. Tahukah Anda bahwa bangsa Babilonia kuno pertama kali menciptakan minggu dan membaginya menjadi tujuh hari? Mereka menamai setiap hari dalam seminggu dengan tujuh tubuh yang dikenal di langit: Matahari, Bulan, Mars, Merkurius, Venus, Jupiter dan Saturnus. Karenanya, Selasa adalah hari Mars. Karena warna merah planet ini, Mars juga dikaitkan dengan agresi.

15. Nama bulan Maret juga berasal dari Mars.

16. Mars sedang dieksplorasi selama lebih dari empat dekade sekarang karena dianggap sebagai tempat yang menguntungkan bagi keberadaan manusia. Dan tanda-tanda air di planet ini telah mendukung keyakinan bahwa kehidupan manusia bisa ada di planet merah ini.

17. Interaksi pertama dengan Mars: Mariner 4, pada tahun 1965 adalah pesawat pertama yang terbang oleh Mars. Butuh 228 pesawat ruang angkasa untuk mencapai planet ini.

18. Banyak film Hollywood telah diproduksi dengan Mars sebagai subjek mereka termasuk: Penerbangan ke Mars – 1951, Planet Merah Marah – 1959 dan John Carter yang terkenal – 2012. Lihat daftar lengkapnya di sini.

19. Mars dapat terlihat dengan mata telanjang pada waktu malam hari dari permukaan bumi, berkat penampilannya yang kemerahan. Ukuran nyata dan kecerahan planet bervariasi tergantung pada kedekatan planet dengan Bumi.

20. Gunung tertinggi di Tata Surya – Olympus Mons – ada di Mars. Tingginya lebih dari 21 km (sekitar tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest) dan berdiameter lebih dari 600 km.

21. Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) juga menetapkan pengorbit mereka untuk Mars dengan aman pada 24 September 2014. Dengan melakukan itu, India menjadi negara pertama di dunia yang menetapkan pesawat ruang angkasa ke orbit Mars dalam upaya pertamanya. Misi diluncurkan pada 5 November 2013.

22. Para ilmuwan telah memiliki kesempatan untuk mempelajari potongan-potongan batu dari Mars yang mendarat di Bumi. Potongan-potongan batu mengorbit tata surya selama jutaan tahun dan akhirnya tabrakan mendarat di Bumi.

23. 1960 – pesawat ruang angkasa pertama di misi ke Mars diluncurkan. Namun, misinya gagal.

24. Mars berada pada jarak lebih dari 142 juta mil dari Matahari.

25. Mars adalah planet yang sangat dingin. Suhu rata-rata di Mars tetap sekitar minus 80 derajat Fahrenheit – itu di bawah titik beku.

26. Karena adanya debu merah di planet ini, yang sebagian besar kandungan besinya; mars kadang-kadang melihat badai debu ketika angin bertiup. Badai debu ini bisa sangat besar dan dapat menutupi seluruh permukaan planet. Menariknya, badai debu ini kadang-kadang terlihat oleh teleskop dari Bumi. Ingin tahu seberapa cepat angin di badai ini bergerak? Perhatikan bahwa 60 mil per jam adalah kecepatan tertinggi angin yang bertiup di beberapa badai Mars terkuat. Selain itu, karena tekanan atmosfer yang lebih sedikit di Mars daripada Bumi, segala sesuatunya meledak tetapi intensitasnya tidak sebanyak di bumi dengan kecepatan angin yang sama.

27. Gravitasi permukaan di Mars hanya sekitar 38% dari gravitasi permukaan di Bumi, jadi jika Anda menimbang 100 pound di Bumi, Anda hanya akan menimbang 38 pound di Mars.

28. Viking 1 dan Viking 2 adalah dua pesawat ruang angkasa yang dikirim oleh NASA pada tahun 1975 di Mars dengan tujuan untuk mempelajari permukaannya dan untuk mengumpulkan informasi penting tentang komposisi dan strukturnya. (Tanggal peluncuran: 20 Agustus 1975 (Viking 1); 9 September 1975 (Viking 2))

29. Pada tahun 2004, penemu NASA menemukan bukti air di planet ini. Kehadiran air di Mars bisa menjadi sinyal potensial untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di masa lalu atau di masa sekarang di planet ini.

30. Saat ini, dua penemu dari NASA bernama, Opportunity and Curiosity, sedang menjelajahi permukaan Mars.

31. “Perihelion” adalah istilah untuk titik di orbit sebuah planet, asteroid atau komet di mana ia paling dekat dengan Matahari. Mars berada pada jarak 206.655.215 kilometer atau 1,381 AU saat terdekat dengan Matahari. (AU adalah unit astronomi. Secara sederhana, 1 AU adalah jarak rata-rata antara Matahari dan Bumi.)

32. “Aphelion” adalah istilah untuk titik di orbit sebuah planet, asteroid atau komet di mana ia berada paling jauh dari Matahari. Mars berada pada jarak 249.232.432 kilometer atau 1,666 AU saat itu adalah yang terjauh dari Matahari. (AU adalah unit astronomi. Secara sederhana, 1 AU adalah jarak rata-rata antara Matahari dan Bumi.)

33. Jarak minimum antara Mars dan Bumi terus berubah karena mereka tidak memiliki orbit melingkar sempurna. Sebagai gantinya, mereka memiliki orbit elips. Di sisi lain, Venus memiliki orbit paling melingkar dari planet mana pun di tata surya.

34. Galileo Galilei mengamati Mars pada 1609 dengan teleskop dasar.

35. NASA memiliki rencana untuk membuat koloni Bumi Independen di Mars pada akhir 2030.

  Fakta Tentang Bulan

36. Kehadiran Ozon di Mars pertama kali terdeteksi pada tahun 1971. Namun, konsentrasi Ozon di Mars adalah 300 lebih tipis daripada di Bumi, dan itu bervariasi dengan waktu dan lokasi. Saat ini, para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi tiga lapisan Ozon yang berbeda di Planet Merah.

37. Jumlah permukaan tanah yang tersedia di Mars hampir sama dengan yang tersedia di Bumi.

38. Panjang satu hari di Mars hampir identik dengan Bumi.

39. Badai debu cukup ganas di Mars. Badai debu dapat terus memerintah permukaan planet selama berbulan-bulan dan sebagian besar dihasilkan ketika Mars berada dekat dengan Matahari.

40. Salah satu bulan Mars – Phobos – diperkirakan akan menabrak planet ini atau pecah menjadi cincin kecil di sekitar planet ini dalam 50 juta tahun ke depan.

41. Mars memiliki keempat musim seperti Bumi. Namun, setiap musim di Planet Merah berlangsung dua kali selama di Bumi.

42. Ngarai terpanjang dan terdalam di seluruh tata surya ada di Mars – “Valles Marineris”. Beberapa kunci statistik tentang hal itu: panjang maksimum – 4000 km, lebar maksimum – 200 km, dan kedalaman maksimum – 7 km. Dibandingkan dengan Grand Canyon, ini 4 kali lebih dalam dan 6 kali lebih lama.

43. Karena kedekatan Mars dengan Bumi dan harapan untuk membangun kehidupan di atasnya, Mars telah dipelajari secara ekstensif dan penyelidikan dan eksplorasi lebih lanjut dari planet ini sedang berlangsung.

44. Mars belum melihat kaki manusia tidak seperti bulan di mana beberapa astronot termasuk Neil Armstrong telah mendarat puluhan tahun yang lalu.

45. Elon Musk – salah satu pengusaha lembah silikon legendaris dan pria di belakang “Tesla Motors dan Space X” – ingin menempatkan manusia di Mars dan membuat kehidupan multi-planet.

46. ​​Tingkat keberhasilan misi yang telah diluncurkan untuk eksplorasi Mars tidak lebih baik dari 66%.

47. Berbeda dengan Bumi, matahari terbenam di Mars berwarna biru.

48. Tidak ada populasi manusia di Mars sampai hari ini tetapi ada robot yang menghuni Tanah Merah. Dan ada 7 dari mereka.

49. Merkurius, Jupiter, Mars, Saturnus, dan Venus dapat dilihat dengan mata telanjang dan tidak ada planet lain.

50. NASA adalah satu-satunya lembaga eksplorasi ruang angkasa yang telah berhasil mendarat di Mars sejauh ini.

  Fakta Tentang Bulan

51. Diameter: Mars kurang dari setengah diameter Bumi.

52. Menurut NASA, kira-kira akan memakan waktu 2 setengah tahun untuk melakukan perjalanan bolak-balik ke Mars dari Bumi. Ini juga termasuk waktu di mana para astronot harus mengizinkan Mars dan Bumi untuk menyelaraskan kembali untuk perjalanan kembali.

53. “Seek Signs Of Life” adalah strategi eksplorasi yang saat ini diikuti NASA untuk mengetahui kemungkinan kehidupan di Mars di masa lalu atau sekarang.

54. Dalam upaya untuk menemukan kemungkinan kehidupan di Mars, para ilmuwan biasanya tertarik untuk menemukan bukti air dan organik – bahan kimia pembangun kehidupan.

55. Mars memiliki sistem udara, air, es, dan geologi; dengan kata lain, ia memiliki atmosfer, hidrosfer, kriosfer, dan litosfer. Ia memiliki sistem penting yang menjadi ciri Bumi kita.

56. Medan magnet Mars mati empat miliar tahun yang lalu. Dan yang mengejutkan, para ilmuwan percaya bahwa ladang itu bisa menyala suatu hari nanti, tetapi tidak mungkin.

57. Tahukah Anda bahwa ilmuwan telah mencoba menumbuhkan tanaman di tanah yang meniru tanah Mars? Ya, dan mereka telah berhasil dalam upaya mereka menanam tomat, kacang polong, dan gandum hitam dari tanah tersebut. Sekarang, ini akan membantu mereka yang ingin menghabiskan waktu di Planet Merah.

58. Pada tahun 2016, para ilmuwan dengan bantuan penjelajah penjelajah Curiosity telah menemukan mineral yang disebut “tridymite” di Mars. Penemuan ini di tahu mempertanyakan asumsi sebelumnya berdasarkan sejarah planet ini. Fakta ini membuat kita percaya bahwa planet ini memiliki aktivitas gunung berapi yang lebih keras dan eksplosif di masa lalu.

59. alien seperti cacing baru-baru ini terlihat di permukaan Mars oleh pengorbit NASA JPL NASA. Pesawat ruang angkasa ini telah mengorbit Mars selama 11 tahun terakhir.

  Fakta Tentang Bulan

***

Demikianlah kumpulan fakta unik dan menarik tentang planet mars yang bisa dibagikan kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda teputar pengetahuan kosmologi dan tata surya.

Fajar Nizarino
Related posts: