Pengertian Geografi

Pengertian Geografi – Segala fenomena yang terjadi di permukaan bumi tidak terjadi tanpa adanya sebab. Semua gejala-gejala yang timbul disebabkan oleh aktivitas tertentu, baik karena faktor alam maupun ada campur tangan manusia di dalamnya. Karena pentingnya ilmu geografi, maka perlu bagi Anda memahami apa sebetulnya pengertian geografi, supaya Anda dapat mengambil tindakan yang tepat. Sebab kesalahan dalam pemilihan tindakan juga dapat berdampak pada kondisi alam yang ada.

Pengertian Geografi Secara Umum

Pengertian geografi secara umum yaitu suatu bidang ilmu yang membahas hal-hal yang terkait dengan segala fenomena yang terjadi pada permukaan bumi. Fenomena tersebut tidak hanya terbatas pada aktivitas alam, melainkan juga terkait dengan perilaku manusia terhadap alam.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

pengertian geografi menurut para ahli
pixabay.com
  1. Eratosthenes

Eratosthenes menyampaikan bahwa kata geografi bersumber dari kata geographica. Geographica sendiri memiliki arti yaitu penggambaran maupun penulisan terkait dengan bagaimana sejatinya bentuk dari permukaan bumi.

  1. Claudius Ptolomaeus

Claudius Ptolomaeus menyampaikan pengertian geografi sebagai sebuah penyajian sebagian dan semua bagian dari permukaan bumi melalui sebuah peta. Sehingga seseorang dapat mengamati bagaimana keadaan bumi hanya dengan melihat gambar yang ada pada peta.

  1. Ekblaw dan Mulkerne

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang bumi beserta kehidupannya. Sehingga, dengan pengetahuan yang didapat bisa berpengaruh terhadap cara pandang, kegiatan konsumsi makanan, pakaian yang dikenakan, tempat tinggal, bahkan kegiatan rekreasi.

  1. Paul Vidal de La Blance

Pengertian geografi juga disampaikan oleh Paul Vidal de La Blance, yaitu sebagai suatu bidang studi yang mempelajari tentang mutu dari sebuah negara, yang mana dalam penentuan kehidupan bergantung pada cara manusia dalam mengelola alam yang ditinggalinya. Sehingga ketika manusia mengelola alam dengan baik, dapat mewujudkan mutu yang baik dari suatu negara.

  1. Prof. Bintarto
  Pengertian Lingkungan

Geografi merupakan cabang ilmu yang membahas tentang hubungan sebab akibat atas gejala yang terjadi pada bumi. Gejala yang diamati tidak hanya bersifat fisik, melainkan juga terkait dengan kehidupan makhluk hidup di dalamnya dengan segala permasalahan yang terjadi. Pengamatan dilakukan menggunakan pendekatan regional, kelingkungan, dan keruangan.

  1. Von Rithoffen

Geografi didefinisikan sebagai sebuah studi terkait dengan gejala beserta karakteristik permukaan bumi dan penduduk di dalamnya yang disusun sesuai dengan letaknya. Kemudian dengan adanya karakteristik dan gejala yang terjadi akan dicari bagaimana hubungan sebab akibat yang dapat terjadi.

  1. Haris

Haris menyampaikan pendapatnya tentang pengertian geografi. Beliau menyampaikan bahwa geografi merupakan ilmu yang membahas tentang seluruh aspek yang terdapat pada permukaan bumi menggunakan konsep spasial guna pemanfaatan pembangunan pada permukaan bumi.

  1. Preston E. James

Preston E. James menyebutkan bahwa geografi merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Beliau menyampaikan hal ini bukan tanpa alasan, sebab segala analisis dari suatu ilmu akan berawal dari ilmu geografi, baru kemudian akan menyambung ke bidang yang lain.

  1. Karl Ritter

Geografi diartikan sebagai sebuah bidang ilmu yang mengkaji tentang bumi yang merupakan tempat tinggal manusia. Sehingga lingkup ilmu ini mencakup seluruh fenomena yang terjadi di bumi, baik yang terjadi karena faktor alam maupun disebabkan oleh tindakan manusia.

  1. Lobeck

Pengertian geografi disampaikan Lobeck sebagai sebuah studi yang mengkaji tentang hubungan yang terjadi antara kehidupan di muka bumi dengan keadaan lingkungan alam yang ada di sekitar. Sehingga hal-hal yang terjadi di muka bumi memiliki hubungan yang saling berkaitan.

  1. Frank Debenham

Geografi didefinisikan sebagai bidang ilmu yang dapat menjelaskan fakta yang benar-benar terjadi, kemudian mendapatkan hubungan antara lingkungan alam dengan kehidupan manusia, dan menjelaskan interaksi keduanya. Sehingga kebenaran hubungan keduanya dapat diketahui dengan ilmu ini.

  1. Alexander
  Pengertian Organisasi

Beliau menyampaikan pendapatnya terkait dengan pengertian geografi sebagai sebuah bidang studi yang membahas pengaruh lingkungan fisik terhadap kegiatan manusia di muka bumi. Maka, ruang lingkup geografi selalu terkait dengan hubungan antara manusia dengan alam yang ditempatinya.

  1. Hartshorne

Geografi adalah suatu ilmu yang dapat memberikan deskripsi terkait karakteristik variabel-variabel yang terdapat di muka bumi secara rasional, teratur, dan teliti. Sehingga dapat diketahui secara rinci bagaimana karakter dari setiap variabel yang terdapat di muka bumi.

  1. Herioso Setiyono

Geografi merupakan bidang ilmu yang membahas terkait hubungan antara lingkungan dan manusia yang timbal balik dan merujuk pada pola persebaran secara horizontal pada permukaan bumi. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa manusia dan lingkungan alam saling membutuhkan dan memberikan manfaat yang sangat penting.

  1. Yeates

Pengertian geografi menurut Yeates yaitu bidang ilmu yang fokus pada perkembangan rasional berikut lokasinya dari beragam karakteristik yang terdapat di muka bumi. Setiap bagian permukaan bumi selalu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga perlu dipelajari dengan teliti.

Jenis Geografi

pengertian geografi dan jenisnya
pexels.com
  1. Geografi Fisik

Pengertian geografi fisik yaitu bidang ilmu geografi yang mengkaji tentang gejala alam yang bersumber dari bumi, seperti air, udara, dan tanah dengan segala proses yang terjadi. Geografi fisik terdiri atas beberapa cabang ilmu, diantaranya ilmu tanah, geologi, meteorologi dan klimatologi, geomorfologi, dan oseanografi.

Ilmu tanah merupakan jenis ilmu geografi yang khusus membahas hal-hal yang terkait dengan karakteristik tanah beserta segala hal yang berkaitan dengan jenis tanah yang terdapat pada permukaan bumi. Berbeda dengan geologi yang mempelajari terkait dengan sejarah, karakteristik alam, komposisi, proses pembentukan, dan struktur. Geologi juga kerap dikenal dengan istilah ilmu batuan.

  Pengertian Norma

Meteorologi dan klimatologi memiliki kesamaan, yaitu sama-sama membahasa tentang gejala iklim dan cuaca yang timbul, baik di Indonesia maupun yang terjadi di seluruh bumi. Sedangkan geomorfologi merupakan jenis geografi yang membahas tentang proses ilmiah yang terjadi di muka bumi serta bagian-bagian bumi tertentu.

Oseanografi sebagai jenis geografi fisik yang terakhir memiliki definisi sebagai ilmu yang mengkaji lautan dan samudera secara detail. Hal-hal yang dikaji diantaranya ombak, arus rekayasa laut, struktur salinitas, sedimen kelautan, pencampuran, dan hal lain yang sejenis.

  1. Geografi Manusia

Geografi manusia merupakan cabang ilmu geografi yang membahas terkait dengan aspek keruangan sebagai tempat manusia beraktivitas di muka bumi. Berbagai aspek yang akan dipelajari diantaranya geografi pemukiman, geografi ekonomi, geografi sosial, dan geografi politik.

Geografi pemukiman merupakan salah satu ilmu geografi manusia yang mengkaji terkait perkembangan pemukiman yang terdapat dalam sebuah wilayah pada permukaan bumi. Beberapa hal yang dikaji dalam bidang ini yaitu terkait dengan kapan pemukiman akan ditempati, faktor yang mempengaruhi terjadinya perkembangan, serta pola dan bentuk pemukiman yang akan dibangun.

Geografi ekonomi merupakan jenis ilmu geografi yang membahas tentang struktur keruangan, khususnya pada kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia. Aspek-aspek yang dipelajari dalam geografi ekonomi meliputi bidang pertanian, perdagangan, industri, jasa, komunikasi, transportasi, dan aspek yang lain.

Geografi sosial didefinisikan sebagai bidang ilmu geografi yang mengkaji terkait dengan hubungan sosial pada struktur keruangan, khususnya terkait dengan ilmu sosial. Beberapa hal yang dibahas diantaranya variasi pergerakan sosial, kemiskinan dan kriminalitas, serta perlindungan dan kesehatan.

Geografi politik merupakan jenis ilmu geografi yang membahas aspek keruangan khususnya pada ranah kenegaraan atau pemerintah. Hal-hal yang terkait dengan geografi politik diantaranya kenegaraan atau pemerintah di muka bumi dan hubungan yang terjalin baik regional maupun internasional.

  Pengertian Poster

Fungsi Geografi

pengertian geografi dan fungsinya
unsplash.com
  1. Alat Analisis Keruangan

Geografi dapat digunakan untuk melakukan analisis keruangan, yaitu terhadap hal-hal yang memiliki hubungan satu sama lain. Sebagai contoh analisis hubungan antara erosi yang terjadi dengan kondisi lereng dan keterkaitan antara aspek alam dengan kondisi sosial ekonomi suatu negara. Oleh karena itu, pengertian geografi juga dikaitkan dengan hubungan antara gejala-gejala yang ada dengan kondisi fisik di muka bumi.

Seseorang yang melakukan analisis ini maka dapat mengasah kecerdasan keruangan yang dimilikinya. Sehingga ia dapat mengenali suatu ruang, kemudian mengorganisasikan dengan baik, dan memanfaatkannya guna kesejahteraan manusia. Selanjutnya ia dapat memahami berbagai pola-pola yang terbentuk dan bagaimana proses terjadinya.

  1. Alat Analisis Kelingkungan

Fungsi geografi sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis kelingkungan terkait dengan interaksi antara manusia dan lingkungan yang merupakan tempat hidup baginya. Kemampuan analisis kelingkungan yang dimiliki oleh seseorang dapat menciptakan pemahaman yang lebih tinggi mengenai lingkungan dan dirinya sebagai manusia, sehingga dapat bertindak lebih bijak.

Sebagai contoh analisis kelingkungan yaitu keterkaitan tambak dan laut dengan nelayan serta keterkaitan antara dataran tinggi dengan petani vanili. Contoh tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi alam sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

  1. Alat Analisis Kewilayahan

Analisis kewilayahan dalam ini berhubungan dengan fungsinya dalam memberikan gambaran terkait dengan karakteristik khusus dari wilayah tertentu, sehingga dapat terlihat bagaimana perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Kepala daerah pada suatu tempat yang memahami dengan baik tentang bagaimana karakteristik dari wilayah yang dipimpinnya, maka dapat menyusun kebijakan yang sesuai dengan tatanan lingkungan yang ada.

  1. Menumbuhkan Kesadaran Individu

Geografi juga dapat menjadi media dalam menumbuhkan kesadaran pada setiap individu agar senantiasa peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya dan sumber daya yang ada di permukaan bumi. Selain itu, mereka juga harus menanamkan sikap toleransi kepada seluruh agama yang hidup di masyarakat beserta keadaan sosial budaya yang berkembang.

  1. Mengembangkan Keterampilan
  Pengertian Sejarah

Keterampilan individu dapat berkembang dengan mempelajari ilmu geografi, mulai dari pengertian geografi serta semua hal yang terkait. Keterampilan yang dapat dilatih dalam bidang studi geografi ini meliputi keterampilan dalam mendapatkan informasi dan data, mengkomunikasikan kepada orang lain, dan mengaplikasikan ilmu geografi yang sudah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.

Geografi sendiri merupakan bagian dari mata pelajaran bidang ilmu pengetahuan sosial. Oleh karena itu, pengertian geografi juga tidak terlepas dari kondisi sosial masyarakat di muka bumi. Mempelajari geografi akan mendatangkan banyak manfaat yang berguna bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Bahkan, juga telah disampaikan bahwa akar dari segala bidang ilmu berawal dari geografi. Sebab semua ilmu yang dipelajari akan selalu berhubungan dengan bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup.