Pengertian Sekolah

Pengertian Sekolah – Sekolah menjadi salah satu hal penting yang menjadi dasar pendidikan bagi anak-anak. Sekolah merupakan ladang ilmu yang nantinya dapat menjadi bekal di masa mendatang. Hal ini menjadi sesuatu yang patut diperhatikan bagi para orangtua yang pastinya menginginkan sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Oleh sebab itu, pentingnya orangtua mengetahui tentang pengertian sekolah, unsur-unsur dalam sekolah, fungsi sekolah, jenjang sekolah, dan lain sebagainya.

Pengertian Sekolah

  1. 1. Pengertian Secara Umum

Pengertian sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang bersifat informal, non-formal, dan formal yang bertujuan untuk membimbing, membina, dan memberikan berbagai macam pelajaran mengenai pengetahuan umum maupun pendidikan karakter. Sekolah di Indonesia didirikan oleh instansi negeri maupun swasta yang menyediakan berbagai macam kegiatan bersifat positif.

  1. Pengertian Menurut KBBI

Menurut KBBI pengertian sekolah yaitu salah satu bangunan atau lembaga yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar dengan berbagai jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan tersebut terdiri atas SD atau MI, SLTP atau Mts, dan SLTA atau MA.

Lembaga ini memberikan berbagai macam ilmu yang tentunya dapat bermanfaat bagi anak didiknya di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Sebab itu, sekolah menjadi kebutuhan yang penting sebagai upaya untuk mencerdaskan generasi bangsa.

Pengertian Sekolah Menurut Para Ahli

pengertian sekolah menurut ahli
vectorstock.com
  1. Ferry Effendy dan Makhfudli

Menurut Ferry Effendy dan Makhfudli sekolah dapat didefinisikan sebagai untuk bermain, bersosialisasi, berkreasi, dan tentunya untuk belajar dan mengasah otak. Sekolah tidak hanya tentang belajar, akan tetapi sekolah juga bertujuan untuk membina dan membimbing para siswanya. Selain itu, sekolah juga memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada siswa mengenai kesehatan dan kebugaran.

  1. Wayne

Menurut Wayne pengertian sekolah yaitu suatu organisasi yang bergerak dalam bidang sosial dan memiliki sistem berupa interaksi antar sesama. Interaksi ini terkait pribadi dan juga bersama bertujuan agar saling berhubungan. Sekolah terdiri dari beberapa jenjang pendidikan dengan beragam kegiatan belajar yang tentunya dapat membuat pikiran peserta didik lebih terbuka dan rasional.

  1. Daryanto

Menurut Daryanto sekolah berarti suatu lembaga maupun bangunan yang digunakan sebagai tempat untuk memberikan ilmu dan menerima peserta didik secara berbayar maupun gratis. Sekolah juga terdiri dari beberapa kegiatan yang tentunya bertujuan untuk menciptakan interaksi sosial yang bersifat kreatif dan juga aktif. Oleh sebab itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan peserta didik.

  1. Yusran Pora

Menurut Yusran Pora sekolah tidak hanya sekedar tempat untuk menambah wawasan dan pengetahuan sebanyak-banyaknya. Akan tetapi hal terpenting adalah, sekolah menjadi tempat bagi para guru dan siswa untuk belajar bersama, mengamati sesuatu yang ada di sekeliling bersama-sama, dan sekolah juga menjadi tempat untuk para siswa membentuk jati dirinya. Sekolah juga dapat membentuk karakter peserta didik agar paham bagaimana cara bersikap terhadap sesama manusia maupun dengan lingkungan.

  1. Zanti Arbi

Sekolah menurut Zanti Arbi diartikan sebagai tempat ataupun suatu lembaga yang dibangun dengan tujuan untuk melakukan pembelajaran kepada peserta didik, seperti belajar, menulis, membaca, serta mengajarkan mengenai perilaku yang baik. Sekolah menjadi lingkungan atau tempat kedua bagi para siswa untuk melatih dan mengembangkan pribadi yang baik dan cerdas.

  1. Suhartono

Suhartono mengartikan sekolah sebagai suatu institusi atau instansi pendidikan yang bersifat formal yang bertujuan untuk membantu proses pembelajaran belajar mengajar. Sekolah menjadi ladang pendidikan yang dilaksanakan secara sistematis untuk menambah wawasan dan pengetahuan para peserta didiknya. Pendidikan yang diajarkan berupa pelajaran mengenai pengetahuan umum, keterampilan, maupun pengembangan sikap dan karakter anak.

Jenjang Pendidikan di Sekolah

pengertian pendidikan dan jenjangnya
freepik.com
  1. Paud

Di dalam pengertian sekolah jenjang pendidikan pertama adalah paud. Paud adalah jenjang pendidikan yang diberikan sejak lahir hingga berusia enam tahun. Pendidikan anak sejak dini ini bertujuan membantu tumbuh kembang jasmani dan rohani anak sebelum menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya.

Dalam jenjang pendidikan paud, anak-anak dalam dimasukkan ke dalam paud atau juga bisa dimasukkan ke dalam taman kanak-kanak. Sebelum masuk ke dalam paud atau taman kanak-kanak, keluargalah yang menjadi tempat pembelajaran pertama.

  1. Pendidikan Dasar

Di dalam pengertian sekolah, jenjang pendidikan dasar adalah tahapan pendidikan awal selama sembilan tahun. Peserta didik pendidikan dasar akan memasuki sekolah dasar selama enam tahun dan sekolah menengah pertama selama tiga tahun.

Berdasarkan pengertian sekolah, peserta didik yang baru masuk ke jenjang pendidikan dasarĀ  sekolah dasar pada umumnya berusia enam sampai sebelas tahun. Peserta didik dasar sekolah dasar akan dimulai pada kelas satu. Setiap tahunnya di jenjang sekolah dasar akan diadakan ujian kenaikan kelas.

Ujian ini bertujuan untuk naik ke kelas yang lebih tinggi. Untuk peserta didik yang telah sampai di kelas enam akan diadakan ujian untuk masuk ke jenjang pendidikan menengah. Ujian ini bernama ujian nasional.

Setelah lolos pada ujian nasional sekolah dasar, selanjutnya akan memasuki pendidikan dasar sekolah menengah pertama. Pada pengertian sekolah, sekolah menengah pertama pada umumnya berusia dua belas tahun sampai empat belas tahun. Peserta didik dasar sekolah menengah pertama akan dimulai dari kelas tujuh.

Sama seperti pada sekolah dasar, di sekolah menengah pertama di setiap tahunnya akan diadakan ujian kenaikan kelas. Bagi peserta didik dasar sekolah menengah pertama yang sudah berada di kelas dua belas, akan diadakan ujian nasional. Ujian nasional ini menjadi penentu apakah peserta didik dasar sekolah menengah pertama dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah atas.

Sekolah dasar di Indonesia dibedakan menjadi dua, ada sekolah dasar yang dikelola oleh pemerintah disebut sekolah dasar negeri dan madrasah ibtidaiyah negeri dan ada sekolah dasar yang dikelola oleh masyarakat disebut sekolah dasar swasta dan madrasah ibtidaiyah swasta. Di Indonesia Sekolah dasar berada dibawah naungan kemdikbud sedangkan madrasah ibtidaiyah berada di naungan kemenag.

  1. Pendidikan Menengah

Di Indonesia pendidikan menengah terdapat tiga jenis. Pendidikan menengah sekolah menengah atas (SMA), pendidikan menengah sekolah menengah kejuruan (SMK), dan pendidikan menengah madrasah aliyah (MA). Untuk masuk ke jenjang pendidikan menengah, harus terlebih mengikuti ujian nasional dari sekolah menengah pertama atau sederajatnya .

Dalam pengertian sekolah, pendidikan menengah pada umumnya peserta didik berusia lima belas tahun sampai tujuh belas tahun. Peserta didik yang telah lulus dan mengikuti ujian nasional akan masuk pada kelas sepuluh. Jenjang pendidikan menengah setiap tahunnya aja diadakan ujian kenaikan kelas dan bagi peserta didik yang berada di kelas dua belas akan menerima ujian kelulusan atau disebut ujian nasional untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi.

  1. Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan terakhir pada pendidikan formal. Peserta didik yang telah lulus dari jenjang menengah akan memilih universitas, akademi, seminari, institut teknologi, collages, dan sekolah musik sebagai tempat pembelajaran di jenjang perguruan tinggi. Peserta didik yang masuk pada jenjang perguruan tinggi disebut dengan mahasiswa. Di perguruan tinggi terdapat 5 program pendidikan, yaitu diploma, sarjana, magister, doktor, dan spesialis.

Fungsi Sekolah

pengertian sekolah dan fungsinya
tirto.id
  1. Pembentukan Pribadi Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling bergantung antar satu manusia dengan manusia lainnya. Interaksi antar manusia tidak bisa dihindari dimanapun Anda berada. Sebab itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui tata cara yang baik saat berinteraksi dan bersikap terhadap sesama. Pembentukan individu sosial menjadi hal yang penting untuk membentuk karakter yang baik. Sekolah menjadi salah satu lembaga yang memiliki tujuan tersebut.

Berdasarkan pengertian sekolah, salah satu fungsi sekolah yaitu membimbing dan membina para siswanya. Para siswa akan diberikan arahan bagaimana cara bersosialisasi ataupun cara bergaul kepada sesama. Sekolah juga akan mengajarkan pendidikan karakter yang tentunya dapat membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik lagi.

  1. Memberikan Ilmu Pengetahuan Umum

Sekolah juga memberikan penjelasan mengenai ilmu pengetahuan umum, mulai dari matematika, pendidikan IPA, IPS, dan lain sebagainya. Pengetahuan umum akan sangat berguna saat bersosialisasi maupun saat terjadi fenomena alam. Dengan mengetahui pengetahuan umum, para siswa diharapkan dapat menerapkan ilmu tersebut di kehidupan mereka.

Pembelajaran mengenai ilmu pengetahuan dapat membantu Anda untuk semakin berpikir secara bijak dan rasional. Anda akan menimbang-nimbang keputusan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Oleh sebab itu, pendidikan mengenai ilmu pengetahuan umum sangat berguna jika dilakukan untuk hal yang positif. Para siswa dapat mengaplikasikan ilmu tersebut di kehidupan sehari-hari.

  1. Sarana Transformasi Kebudayaan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak kebudayaan yang berbeda pada tiap daerahnya. Kebudayaan menjadi salah satu ciri khas bangsa yang wajib dipelihara dan dilestarikan. lembaga sekolah menyediakan pengetahuan mengenai aneka ragam kebudayaan yang patut diketahui oleh para siswa. Sebab, dengan mengenal budaya, maka para siswa juga semakin memahami makna Negara Indonesia bagi kehidupannya.

Pembelajaran mengenai kebudayaan biasanya berupa informasi mengenai pakaian adat tiap daerah, tarian adat, lagu daerah, dan lain-lain. Para siswa juga diajarkan cara menari dan juga nada dari lagu daerah. Pembelajaran mengenai kebudayaan bertujuan agar para siswa semakin mengenal Indonesia dan senantiasa melestarikan dan menjaga segala kebudayaan tersebut.

  1. Memberikan Ilmu Keterampilan Dasar

Dalam pengertian sekolah, salah satu fungsi dibentuknya lembaga sekolah yaitu untuk memberikan ilmu keterampilan dasar. Pengetahuan mengenai keterampilan patut dipelajari untuk mengasah kinerja otak kanan. Ilmu keterampilan menjadi dasar bagi siswa untuk berpikir secara kreatif dan inovatif sehingga mampu menciptakan hal baru yang tentunya bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Ilmu keterampilan dasar yang dapat Anda dapatkan di sekolah yaitu menghitung, membaca, menulis, menggambar, pelajaran komputer, dan masih banyak ilmu keterampilan lainnya. Berbagai macam keterampilan tersebut tentunya harus selalu diasah agar tidak hilang. Keterampilan ini menjadi salah satu momok yang dapat Anda gunakan untuk menggapai masa depan yang cerah. Sebab, keterampilan merupakan salah satu bakat yang tidak banyak dimiliki oleh orang.

***

Itulah beberapa deskripsi mengenai pengertian sekolah yang harus Anda ketahui. Perlu Anda ingat bahwa pendidikan dan pembelajaran tidak hanya didapatkan di sekolah. Ilmu juga dapat Anda pelajari dari keluarga, masyarakat, maupun dari lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita peduli dan memiliki keingintahuan yang tinggi agar dapat menciptakan berbagai macam inovasi yang membanggakan.