Pengertian Seni Patung

Pengertian Seni Patung – Mendengar nama seni patung pasti Anda sudah tak asing. Hampir di berbagai tempat kini mudah dijumpai karya seni indah ini. Seni patung itu sendiri merupakan sebuah karya seni patung yang mana di buat dengan bahan tertentu hingga membentuk sebuah patung. Bentuk seni patung sangat bervariasi ada yang berupa gambar manusia, hewan, dan lain-lain.

Perbedaan utama karya seni ini dengan yang lain yaitu yang mana seni patung dapat lebih dinikmati secara tiga dimensi. Berikut beragam informasi mengenai pengertian seni patung dan beragam penjelasan lainnya.

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

  1. Soenarso dan Soeroto. Pengertian seni patung memiliki beragam definisi yang menarik untuk dicermati. Begitu pula dengan pendapat Soenarso dan Soeroto yang menyatakan bahwa seni patung sebuah benda tiruan yang di buat oleh manusia dengan beragam bentuk. Bentuk karya seni tersebut dapat berupa hewan maupun manusia. Lebih jauh, semua karya seni patung memiliki bentuk yang meruang.
  2. B.S Mayers. Pengertian seni patung juga dijelaskan oleh B.S Mayer yang mana berpendapat bahwa karya seni ini memiliki ciri khas yang mana dapat di lihat dari sudut mana pun. Tokoh ini menambahkan bahwa sifat seni patung yang memiliki ciri tiga dimensi membuat semua orang dapat menikmatinya dari sudut mana pun.
  3. Mikke Susanto. Pengertian seni patung dari Mike Susanto sebetulnya tidak terlalu berbeda jauh dari pendapat ahli di atas. Mikke memberikan opini bahwa seni patung merupakan karya seni yang memiliki bentuk yang tiga dimensi. Selain itu terdapat sebuah potongan atau pahatan yang terdapat dari karya seni tersebut sehingga membentuk sebuah patung.

Dari beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian seni patung adalah sebuah seni tiga dimensi yang dibuat dari bahan keras seperti kayu, batu, logam, dan lain-lain dengan cara dipahat atau dipotong untuk menghasilkan nilai seni yang indah dan bernilai.

Fungsi Seni Patung

pengertian seni patung dan fungsinya
pengertian seni patung | ayumassarirental.com
  1. Patung monumen
  Pengertian Variabel

Setiap pembuatan sebuah patung maka pasti ada tujuan dari padanya. Seperti halnya patung monumen yang mana dibuat untuk mengenang dan memperingati suatu peristiwa penting yang pernah terjadi. Anda dapat melihat beragam patung monumen yang dibuat agar selalu ingat tentang jasa dan usaha yang pernah pahlawan berikan untuk bangsa ini.

  1. Patung arsitektur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pengertian seni patung lebih mengarah ke sebuah karya seni yang dapat di nikmati secara tiga dimensi. Dari penjelasan demikian maka pembuatan patung pun tak ayal dapat pula bertujuan untuk menunjang arsitektur serta agar bangunan sekitar terlihat lebih indah dan penuh estetika.

  1. Patung religi

Sebuah patung tidak hanya memberikan makna untuk keindahan semata. Sebab pembuatan seni patung juga banyak digunakan untuk menunjukan unsur religi atau keagamaan. Berbeda dengan jenis patung lain, pada tipe ini patung akan lebih bersifat keramat. Hal itu dikarenakan penggunaannya sebagai sarana tempat beribadah pada kepercayaan tertentu.

  1. Patung dekorasi

Patung dekorasi memiliki tujuan pembuatan yang tak berbeda jauh dari arsitektur. Hal demikian disebabkan karena dari awal pembuatan tipe ini sengaja dibangun dengan tujuan mempercantik sebuah bangunan dan lingkungan sekitar. Anda pasti tak asing melihat suatu karya seni patung di beberapa tempat umum misalnya di samping jalanan yang mana dibuat memang untuk mempercantik tempat.

  1. Patung kerajinan

Sebuah patung juga banyak dibuat untuk keperluan kerajinan tangan. Jenis ini biasanya dibuat dengan fungsi hanya untuk dinikmati keindahannya. Tak ada maksud lain dari mulai pembuatan. Nilai seni yang terdapat pada patung berupa pahatan dan bentuknya yang unik menjadi sebuah hasil karya yang indah untuk di nikmati.

  Pengertian Seni Tari

Jenis-Jenis Patung

  1. Patung kinetis

Setelah memahami fungsi dan pengertian seni patung, Anda juga harus tahu mengenai jenis-jenis karya seni yang satu ini. Salah satunya yaitu patung kinetis. Dari penamaannya saja pastinya ada gambaran tersirat daripadanya. Penamaan kinetis di rasa pas mengingat semua jenis patung ini dapat memunculkan sebuah gerakan. Gerakan pada patung umumnya disebabkan oleh bantuan tenaga tertentu misalnya patung hewan yang dibuat mengeluarkan air dari mulutnya.

  1. Patung relief

Jenis patung yang satu ini bisa dibilang merupakan yang paling tertua. Bagaimana tidak, hampir semua peninggalan karya seni ini sering kali berada di bangunan jaman dahulu. Anda dapat menjumpai sebuah relief baik itu di candi maupun gua tertentu. Melihat penampakannya yang ada pada dinding membuat patung ini masih bersifat dua dimensi.

  1. Patung 3 dimensi

Pada bagian pengertian seni patung sudah dijelaskan bahwa kebanyakan patung bercirikan tiga dimensi. Maka dari itu patung jenis ini lebih sering di jumpai di seluruh belahan dunia. Bahkan jenis karya seni ini kini sangat populer. Setiap pembuatan patung baik itu untuk keperluan dekorasi maupun lainnya lebih banyak dijumpai berbentuk tiga dimensi.

Bentuk-Bentuk Patung

Hasil karya dari kesenian patung dapat dibedakan dari berbagai jenis bentuknya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Patung kepala

Setelah memahami beberapa penjelasan mengenai pengertian seni patung dan lain-lain di atas. Kini Anda harus tahu seputar bentuk-bentuk karya seni patung. Bentuk dari seni tiga dimensi ini sebetulnya sangat beragam. Salah satu yang tak jarang dijumpai yaitu berbentuk kepala. Jadi Anda hanya akan melihat pahatan atau ukiran sebuah patung yang menampilkan sebuah kepala serta leher saja.

  1. Patung torso
  Pengertian Sekolah

Bila patung bagian kepala dinamakan patung kepala maka lain halnya dengan penamaan bagian tubuh lain. Torso merupakan bentuk sebuah karya seni patung yang hanya menampilkan bagian badan berupa pinggul, dada, dan pinggang. Jadi untuk bagian kepala ataupun kaki tidak akan ditampilkan.

  1. Zonde

Bentuk patung lain yang harus Anda tahu ialah zonde. Pada bentuk karya seni ini sebuah patung lebih banyak terlihat elegan. Sebab semua bagian tubuh akan di tampakan. Hal itu membuat Anda dapat melihat semua detail ukiran yang ada di patung. Perlu diketahui bahwa pada Zonde ini patung lebih banyak pada posisi entah itu duduk, tiarap atau pose yang lainnya.

  1. Free standing

Pada bentuk patung ini pasti Anda sudah tak asing. Paling tidak pasti kebanyakan sudah sering kali menjumpainya. Seperti yang terlihat dari namanya, patung ini menampilkan semua bagian tubuh secara lengkap dengan posisi berdiri. Jadi jenis ini jelas berbeda dari bentuk patung lain khususnya Zonde.

Media dan Bahan Pembuatan Seni Patung

pengertian seni patung dan bahannya
definisi seni patung | jamesstewartsculpture.com
  1. Bahan keras. Dalam pembuatan sebuah patung tentunya dibutuhkan material atau bahan pembuatan. Umumnya bahan dan pengertian seni patung berbeda tergantung dari jenis yang akan di buat. Salah satu bahan yang bisa digunakan ialah bahan keras meliputi batu granit, andesit, marmer, batu, dan lain-lain.
  2. Bahan lunak. Selain menggunakan beberapa bahan yang dikenal keras, patung juga dapat dibuat menggunakan material berbahan lunak. Contoh yang paling banyak ditemui antara lain berupa tanah liat, clay, lilin atau bisa juga dengan sabun.
  3. Bahan sedang. Maksud dari penamaan bahan sedang ialah material yang digunakan tergolong tidak terlalu keras maupun lunak. Anda dapat menemui bahan tersebut misalnya berupa kayu waru, kayu mahoni, kayu randu dan material kayu yang tidak terlalu keras.
  4. Bahan cor. Seiring berjalannya waktu, pembuatan seni patung semakin variatif. Bahan pembuatannya pun demikian, Anda pasti sering kali melihat patung yang terbuat dari bahan cor seperti semen, logam, pasir, fiber, dan lain-lain. Bahan tersebut dipercaya lebih simpel dan kuat untuk digunakan demi membuat patung.
  Pengertian Poster

Alat Dalam Seni Patung

  1. Butsir

Umumnya alat yang digunakan untuk membuat patung sangat berkaitan dengan bahan yang digunakan. Bila bahan pembuatan karya seni patung lebih bersifat lunak maka alat berupa butsir akan sangat pas. Butsir memiliki mata logam tumpul pada bagian ujung sehingga memudahkan dalam pembuatan bentuk pada patung berbahan lunak.

  1. Pahat

Berbeda dengan bahan lunak, pahat akan cocok untuk dipilih ketika patung dibuat dengan bahan-bahan yang keras. Pembuat patung akan memulai memahat setiap bagian yang dianggap tidak perlu pada model patung yang sedang di buat.

  1. Palu

Perlengkapan alat berupa palu wajib disediakan untuk para pemahat. Sebab untuk dapat memahat maka perlu dorongan dari palu untuk dapat menekan bagian yang diperlukan. Maka dari itu fungsi palu pada memecah bahan keras sangat diperlukan.

  1. Tang

Keperluan dalam pembuatan patung sangatlah beragam. Demikian pula dengan model dan bahan pembuatannya yang juga sangat bervariasi. Bila bahan pembuatan lebih mendetail dan menggunakan beberapa bahan keras seperti kawat maka penggunaan tang perlu digunakan. Sebab untuk memotong maupun memberi belokan pada bahan bangunan tersebut.

  1. Meja putar

Penggunaan meja putar hanya untuk pembuatan kayu dengan ukuran kecil. Peran meja sangat penting agar ketika proses pembuatan Anda dapat lebih mudah untuk membolak-balikan patung yang sedang dalam proses pembuatan.

  1. Alat las

Alat las juga bisa digunakan untuk membuat patung. Jadi Anda dapat menggunakannya untuk menggabungkan beberapa material yang tersedia misalnya logam ataupun besi.

Teknik Pembuatan Patung

pengertian seni patung dan jenis teknik pembuatan
pixabay.com

Dalam proses pembuatan karya seni patung, ada beberapa teknik yang dikenal dan dipakai secara luas, seperti berikut ini:

  1. Teknik pahat. Sama seperti penjelasan pengertian seni patung, teknik pembuatan patung pun bervariasi. Salah satu yang masih sering dijumpai yaitu teknik pahat. Pembuat patung akan memahat setiap bagian hingga membentuk yang sesuai yang diinginkan.
  2. Teknik cetak. Teknik pembuatan ini dikenal sangat simpel. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu menyiapkan cetakan dua sisi untuk kemudian menaruh bahan yang sudah di persiapkan lalu di jepitkan. Hasil karya seni pada metode ini pun terkesan lebih cepat.
  3. Teknik butsir. Teknik butsir merupakan pilihan yang tepat untuk bahan patung yang lunak. Pematung dapat menambah atau mengurangi bahan yang dibutuhkan hingga proses pembuatan sesuai dengan kehendak.
  4. Teknik las. Teknik las merupakan mode pembuatan patung yang kini banyak dipergunakan. Berbeda dari proses lain, pada teknik ini lebih mengarah terhadap penggabungan dua bahan menjadi satu. Bahan yang dapat digabungkan antara lain bisa berupa besi maupun logam.
  5. Teknik cor. Teknik terakhir dalam pembuatan karya seni patung ialah cor. Mekanisme penggunaan teknik ini tak terlalu berbeda dengan cetak. Bedanya Anda harus menyiapkan adonan cor lalu tuangkan terhadap cetakan yang sudah dipersiapkan tanpa harus dijepit.
  Pengertian Politik

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian seni patung beserta bentuk, fungsi, tujuan dan lain-lain. Intinya karya seni patung memiliki beragam cara dari mulai proses pembuatan hingga fungsinya pun berbeda. Dengan segala variasi pembuatannya membuat nampak rupa patung makin hari semakin bervariasi dan menarik untuk di perhatikan.

Fajar Nizarino