Sejarah Renang

Sejarah Renang – Renang adalah salah satu cabang olahraga yang sangat banyak digemari, baik dari kalangan remaja maupun yang sudah biasa. Hal ini karena manfaat kesehatan yang bisa diperoleh oleh renang sangatlah banyak seperti melancarkan peredaran darah, meninggikan badan, dan masih banyak lagi. Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui sejarah renang.

Setiap cabang olahraga pasti memiliki sejarah yang menjadikannya besar. Sama halnya dengan aktivitas menggerakkan, mengapungkan, atau mengangkat beberapa bagian tubuh satu ini juga memiliki sejarah hebat dibaliknya. Bahkan perlu diketahui apabila renang sudah ada sejak zaman prasejarah.

Sejarah Renang Dunia

sejarah renang dunia
nbcolympics.com

Perlu diketahui apabila sejarah renang sudah ada sejak zaman prasejarah karena pada masa itu dimanfaatkan sebagai sarana bertahan hidup. Alasan paling dasarnya adalah karena pada masa itu belum ada yang namanya transportasi sehingga orang-orang memilih untuk menyebrang sungai dengan berenang. Selain itu, beberapa juga menggunakannya sebagai cara mendapatkan makanan.

Bukti bahwa renang sudah ada sejak zaman prasejarah adalah ditemukannya gambar-gambar pada dinding gua beserta dengan reliefnya. Pada masa itu memang belum dikenal tulisan sehingga tidak ada sumber ataupun bukti berupa hasil-hasil tulisan. Namun, dengan adanya gambar pada dinding gua sudah memberikan bukti outentik mengenai sejarah renang.

Seiring berjalannya waktu, sejarah dari cabang olahraga satu ini sudah diabadikan dalam sebuah dokumen. Epos Gilgamesh, Iliad, Alkitab, dan Oddysey adalah saksi bisu mengenai cabang olahraga satu ini lengkap dengan berbagai peristiwa apa saja yang pernah terjadi. Lalu, ditemukan juga sebuah lukisan dengan gambar renang di daerah padang pasir Kebir dan diduga berusia 4000 SM.

Penemuan-penemuan yang berkaitan dengan sejarah renang terus saja digali. Tidak hanya lukisannya saja, tetapi ada juga yang menemukan berupa macam-macam gaya renang yang akhirnya bisa dikenal hingga hari ini. Gaya yang paling awal digunakan adalah gaya dada yang kemudian berlanjut dengan gaya-gaya lainnya.

  Sejarah Sepak Bola

Pada kancah dunia, terjadinya lomba renang menjadi salah satu permulaan awal mengapa renang bisa begitu mendunia. Dimulai dari tahun 1828, di Eropa sudah dilaksanakan lomba renang dengan tanda dibangunnya kolam renang besar dan dapat dinikmati secara umum. Saat itu banyak sekali orang-orang yang merasa sangat antusias dan mencoba kolam renang tersebut.

Lalu, pada abad ke-19, tepatnya di London terdapat sejumlah enam kolam renang yang cukup populer. Keberadaan enam kolam renang yang dibuka secara umum tersebut menjadi sarana banyak orang untuk kemudian berlatih renang. Akibatnya, setelah itu banyak bermunculan asosiasi atau perkumpulan yang mengatasnamakan renang dengan mempertimbangkan sejarah renang.

Semenjak pembangunan enam kolam renang tersebut, cabang olahraga satu ini sudah semakin dikenal oleh dunia. Bahkan di tahun 1986, renang masuk dalam cabang olahraga bergengsi sekelas Olimpiade modern yang dilaksanakan di Athena, Yunani. Secara tidak langsung hal ini memberikan bukti apabila renang sudah sangat digemari dan menjadi olahraga yang diperhitungkan.

Sejarah Renang di Indonesia

sejarah renang indonesia
abc.net.au

Setelah mengetahui sejarah renang dunia, perlu juga mengetahui sejarah kemunculan awal cabang olahraga satu ini di Indonesia. Di Indonesia, sejarah dimulai dari masa kerajaan Majapahit. Pada masa itu, kegiatan renang ditujukan untuk berperang, mendapatkan ikan, atau bahkan melakukan pembajakan pada kapal-kapal musuh.

Aktivitas tersebut sudah dibuktikan melalui beberapa peninggalan kerajaan Majapahit yang berupa candi. Pada bagian dinding-dinding candi terdapat banyak sekali gambar-gambar yang sangat mirip dengan kegiatan renang. Bahkan juga sudah ada beberapa catatan pembukuan yang mengisyaratkan apabila di dalamnya terdapat sejarah tentang renang, meskipun hanya sedikit.

Selain itu, di bangunan peninggalan kerajaan lainnya di masa lampau juga tampak sejarah renang. Buktinya melalui beberapa kolam-kolam yang menjadi peninggalan mereka yang tentunya tidak tampak seperti kolam biasa. Peninggalan yang hingga kini masih dinikmati adalah situs Taman Sari Yogyakarta yang memang sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu.

  Sejarah Akuntansi

Melalui berbagai bukti tersebut terlihat jelas bahwa renang memang sudah ada sejak zaman dahulu. Hal ini bahkan sangat sinkron dengan sejarah renang yang memang sudah ada sejak zaman prasejarah. Hanya saja gaya renang yang paling terkenal di masa itu memang gaya dada, tetapi tidak dipungkiri juga apabila ada gaya renang lainnya.

Di Indonesia sendiri, kolam renang yang pertama kali dibangun berada di daerah Cihampelas, Bandung, tepatnya di tahun 1904. Pada saat itu kolam yang dibangun tidak terlalu luas, tetapi bisa digunakan dengan cukup nyaman oleh khalayak umum. Hanya saja, ada beberapa golongan yang mendominasi sehingga tidak benar-benar bisa dinikmati secara umum.

Lalu, setelah pembangunan yang ada di Cihampelas, Bandung tersebut, ada lagi pembangunan kolam di Surabaya yang bernama kolam Brantas. Desain dan tampilannya tidak jauh beda dengan yang ada di Bandung, hanya saja orang-orang terkadang sangat menghindari panasnya Surabaya sehingga sedikit malas untuk berenang di siang hari.

Tidak berhenti sampai di situ karena masih ada lagi kolam renang yang dibuat di daerah Cikini, Jakarta. Berdasarkan sejarah renang di Indonesia, kolam tersebut tidak bisa dinikmati oleh sembarang orang karena memang hanya dikhususkan bagi orang-orang dengan kulit putih. Dengan begitu secara otomatis tidak ada pribumi yang bisa menikmati enaknya berenang di kolam Cikini.

Indonesia juga sudah mengadakan perlombaan yang pertama kali diselenggarakan tahun 1948, di kota Surakarta. Lomba tersebut diadakan karena memang bertepatan dengan momen Pekan Olahraga Nasional (PON). Pada waktu itu terdapat tiga gaya yang diperbolehkan, yakni gaya punggung, gaya bebas, dan gaya dada.

Peraturan Renang

peraturan renang
vectorstock.com

Sejak awal sejarah renang dimulai, sudah ada peraturan yang telah ditetapkan. Peraturan ini mulai dibentuk ketika muncul beberapa perlombaan yang terjadi di kancah dunia. Tujuannya diberlakukannya peraturan adalah agar lebih mudah ketika proses penilaian serta lebih memperhatikan lagi mengenai cabang olahraga satu ini. Berikut beberapa peraturan tersebut.

Tanda lomba akan dimulai adalah wasit meniupkan peluit panjang sehingga diharapkan para peserta bisa menaiki balok yang sudah disediakan. Pada waktu ini, setiap perenang juga bisa menyiapkan posisi mengenai bagaimana nantinya gaya renang yang akan digunakan.

  Sejarah Candi Borobudur

Setiap perenang wajib berada pada posisi start ketika wasit telah selesai memberikan aba-aba. Namun, pada saat ini setiap perenang tidak boleh melompat ke dalam kolam sebelum wasit memberikan aba-abanya kembali.

Posisi start ditandai dengan membungkuknya badan sampai pada lutut yang tertekuk sedikit. Sebenarnya, masing-masing gaya memiliki posisinya masing-masing dalam artian tidak bisa disamakan. Misalnya saja untuk gaya renang punggung yang mengharuskan setiap perenang untuk memegang bagian besi papan balok. Lalu, kaki harus diposisikan bertumpu di bagian dinding kolam dengan diikuti lutut yang sedikit ditekuk.

Dari mulai sejarah renang sudah ditegaskan apabila saat perlombaan terjadi tidak boleh sampai mengganggu lintasan peserta lainnya. Masing-masing peserta sudah diberikan lintasan yang artinya tidak boleh ditembus begitu saja. Bahkan ketika hendak berbalik, setiap peserta harus melakukannya lewat dinding.

Teknik Renang

sejarah renang dan tekniknya

Dari awal sejarah renang, terdapat beberapa teknik yang perlu dikuasai apabila ingin bisa berenang dengan lancar. Renang bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan tanpa latihan karena pada dasarnya kegiatan ini memiliki teknik-teknik dasar yang perlu dipahami. Apabila sudah memahami dengan baik setiap teknik yang diberikan, maka berenang akan menjadi kegiatan yang sangat mudah untuk dilakukan.

Teknik Pernapasan

Kunci utama keberhasilan renang sebenarnya terletak pada kelihaian dalam pengaturan nafas. Tidak perlu khawatir apabila memiliki napas yang pendek karena pada dasarnya bisa diatur dengan cara latihan pernafasan teratur. Cara paling mudah adalah dengan berdiri di tepi kolam dan wajah di atas permukaan air. Tarik nafas lewat mulut lalu tahan sebentar dengan memasukkan kepala ke dalam air dan menghembuskannya lewat hidung.

Jika ingin hasilnya maksimal, bisa melakukan latihan setidaknya 15 menit dalam satu hari. Hal ini sebenarnya juga bagus untuk kesehatan apalagi bagi beberapa orang yang mungkin memiliki penyakit masalah gangguan napas. Nantinya, apabila sudah terbiasa, akan mudah menemukan irama nafas diri sendiri dan renangpun menjadi lancar.

  Sejarah Internet

Teknik Mengapung

Sejarah renang juga menghasilkan teknik mengapung yang mengharuskan tubuh untuk rileks. Pada prinsipnya, terdapat dua posisi mengapung yang perlu dipahami. Pertama dalam posisi telentang dan yang kedua dalam posisi berdiri. Kedua posisi tersebut sebenarnya sangat mudah dilakukan asalkan bisa menyeimbangkan tubuh dengan baik.

Untuk proses mengapung telentang, cukup berdiri dengan satu kaki saja dan posisi kepala memandang bagian atas. Mundur ke tepi kolam lalu perlahan-lahan dorong tubuh ke belakang hingga posisi tubuh benar-benar telentang di atas air. Lalu untuk posisi berdiri cukup dengan berpegangan tangan di tepi kolam dan tahan beberapa menit.

Teknik Meluncur

Dalam renang, meluncur dikaitkan dengan tubuh yang masuk ke dalam permukaan air dan bergerak secara horizontal. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan berdiri membelakangi dinding kolam. Tempelkan saja salah satu kaki pada dinding dan pastikan apabila semua bagian telapak menempel karena akan berfungsi sebagai tumpuan.

Jika posisinya sudah dirasa betul, selanjutnya pastikan untuk mendorong bagian kaki tersebut dan meluncur sejauh mungkin. Agar kecepatan meluncur juga bisa semakin besar, maka cukup dengan memberikan dorongan maksimal pada kaki. Lakukan saja latihan ini setiap hari selama setidaknya 15 kali dalam satu hari.

Sejarah Gaya Renang

Gaya-gaya yang ada pada cabang olahraga satu ini juga memiliki sejarah yang patut untuk diketahui. Jika dirunut dari sejarah renang, hanya ada tiga gaya yang ditemukan, yakni gaya punggung, gaya bebas, dan gaya dada. Ketiga gaya ini bisa dibilang merupakan gaya inti yang harus minimal diketahui oleh orang-orang yang ingin berenang atau memang memiliki hobi renang. Berikut penjelasan lengkapnya.

Gaya Bebas

sejarah renang dan gayanya
sports-fitness.co.uk

Gaya renang pertama yang sudah ada sejak awal keberadaan renang adalah gaya bebas. Gaya ini memiliki ciri khas dengan bagian dada yang berada di permukaan air. Setelah itu, kedua belah tangan terus mengayuh ke bagian depan bergantian dalam tempo yang diinginkan. Semakin cepat mengayuhkan tangan, maka semakin jauh juga renang yang diarahkan.

  Sejarah PBB

Diperkenalkan gaya ini bahkan sudah sejak zaman kuno, yakni tepatnya muncul pertama kali pada tahun 1844 di perlombaan London. Saat itu, lomba renang tersebut bukan yang pertama kali dilaksanakan karena sebelum-sebelumnya memang sudah ada tetapi bukan di London melainkan di negara Eropa lainnya. Namun, penggunaan gaya bebas ini memang baru ada di perlombaan London.

Hingga saat ini, gaya yang memang paling banyak digunakan oleh setiap perenang adalah gaya bebas. Alasannya tidak hanya karena gaya ini mudah untuk dilakukan, tetapi juga memungkinkan tubuh untuk bisa lebih cepat melaju di dalam air. Walaupun, banyak perenang profesional dari Inggris yang tidak terlalu menyukai gaya ini karena dapat memercikkan air keluar terlalu banyak.

Gaya Punggung

Selain gaya bebas, masih ada satu lagi gaya renang yang digunakan oleh banyak orang, yakni gaya punggung. Di antara gaya renang yang sudah ada, mulai dari zaman dulu hingga yang sudah berkembang sekarang ini, gaya punggung memang sedikit berbeda. Pasalnya gaya ini dilakukan dengan cara posisi badan menghadap ke arah atas.

Ketika posisi badan sudah menghadap atas, otomatis punggung berada di bawah atau di permukaan air sehingga menciptakan posisi yang cukup unik. Keunikan gaya satu ini ternyata bahkan sudah dikenal sejak zaman kuno dan yang bisa melakukannya dengan baik akan mendapatkan apresiasi tinggi karena gaya ini memang terbilang cukup sulit.

Pada tahun 1900, terdapat Olimpiade Paris yang mengikutsertakan lomba renang di dalamnya. Hal yang unik dari olimpiade renang satu ini adalah hanya boleh menggunakan gaya punggung saja. Maka momen olimpiade itulah yang menjadi awal kemunculan publik atau diperkenalkannya gaya punggung.

Lalu, seiring perkembangan zaman, gaya punggung sudah mulai populer dan banyak dikenal orang. Terbukti di tahun 1912 terdapat lomba renang dengan aturan tiga macam gaya, yakni gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung. Memang tidak banyak orang yang bisa mengaplikasikan gaya ini karena terbilang cukup sulit.

  Sejarah Bola Basket

Sebenarnya, meskipun cukup sulit, gaya renang ini tetap bisa dilatih. Hal ini dibuktikan oleh Adolf Kiefer yang merupakan perenang asal Amerika. Adolf dulunya tidak bisa gaya punggung tetapi ia selalu berlatih dengan cara mengapung menghadap ke atas di permukaan air rutin selama beberapa menit. Dari situlah ia bisa mendapatkan banyak penghargaan.

Gaya Dada

Perlu diketahui bahwa pada zaman batu, manusia sudah berenang menggunakan gaya dada. Ha ini dibuktikan melalui lukisan yang terdapat di Mesir, tepatnya Gua Perenang. Di dalam gua tersebut ditemukan relief gaya dada yang digambarkan melalui cara berenang katak. Tidak dapat dipungkiri apabila gaya renang katak memang sedikit mirip dengan gaya dada.

Saking menariknya teknik gaya satu ini, di tahun 1538, Nicolas Wynman, seorang profesor Ilmu Bahasa membuat buku yang mengulas lengkap mengenai cara belajar gaya dada. Tujuan Nicolas menulis buku tentang gaya renang satu ini adalah agar tidak banyak orang yang tenggelam. Hal ini dilandasi karena saat itu banyak berita perenang yang mati tenggelam.

Lalu, di tahun 1800 muncul beberapa lomba renang yang kebanyakan pesertanya ternyata memilih untuk menggunakan gaya dada. Tahun 1844 juga ada lomba renang yang diselenggarakan di London dan diikuti oleh banyak suku, termasuk suku Indian. Pada waktu itu, suku Indian termasuk yang paling mahir dalam memainkan peran gaya dada.

***

Nah, itulah sejarah renang mulai dari kapan berdirinya hingga gaya apa saja yang ada di dalamnya. Berenang adalah salah satu cabang olahraga yang membutuhkan teknik, sehingga apabila ingin mahir otomatis harus bisa menguasai semua teknik yang ada. Nantinya, setelah menguasai semua teknik, akan lebih mudah menentukan gaya apa yang tepat untuk digunakan.