Pengertian Agribisnis

Pengertian Agribisnis: Tujuan, Ruang Lingkup Dan Contoh Agribisnis. Agribisnis beserta ruang lingkup dan contohnya sangat penting untuk dipelajari dan juga diketahui di zaman yang segala sesuatunya sudah berhubungan dengan bisnis ini. Agribisnis merupakan segala usaha yang dilakukan dengan berbasis dan bersumber dari hasil pertanian. Saat ini, di Indonesia agribisnis sedang sangat berkembang pesat dengan dibarengi oleh semakin berkembangnya teknologi.

Pengertian Agribisnis

Agribisnis merupakan suatu kesatuan dari berbagai macam usaha yang mencakup salah satu ataupun keseluruhan bagian dari rantai produksi, pengolahan hasil, dan juga pemasaran yang saling berhubungan dengan berdasar pada pertanian dalam artian yang luas. Pertanian merupakan kegiatan usaha yang dilakukan untuk menunjang kegiatan bertani dan segala kegiatan usaha yang dilakukan dengan ditunjang oleh kegiatan bertani.

Pada keseluruhannya, agribisnis juga dapat diartikan sebagai suatu sistem yang merupakan seperangkat dari unsur yang teratur dan juga saling berkaitan sehingga dapat membentuk suatu sistem totalitas yang berhubungan dengan pertanian. Dapat dikatakan juga bahwa agribisnis terdiri dari berbagai sub sitem atau bagian kecil dari sistem-sistem yang kemudian tergabung dan terjadi interaksi serta intervensi yang secara reguler terorganisir menjadi suatu totalitas yang menyeluruh.

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Dalam pembahasan mengenai pengertiannya, para ahli memiliki pendapat yang beragam dalam membahas mengenai pengertian agribisnis. Berikut ini adalah pengertian agribisnis menurut para ahli:

1. Sjarkowi dan Surfi

Sjarkowi dan Surfi mengemukakan bahwa pengertian agribisnis merupakan segala usaha yang berkaitan dengan berbagai kegiatan produksi pertanian. Ini meliputi pengusahaan untuk input pertanian dan pengusahaan produksi dan pengusahaan dari pengelolaan hasil pertanian.

2. Downey dan Erickson

Downey dan Erickson mengemukakan bahwa agribisnis merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan penanganan untuk komoditi pertanian pada artian yang luas. Hal ini meliputi satu dari keseluruhan pada mata rantai produksi, pengolahan pada masukan dan pengeluaran produksi, pemasaran masukan dan keluaran pertanian dan juga kelembagaan yang menunjang berbagai kegiatan tersebut. Kegiatan pertanian dan kegiatan usaha saling berkesinambungan dan bersatu antar yang satu dengan yang lainnya.

  Pengertian Pendidikan Formal: Jenis, Tujuan dan Contohnya

3. Arsyad

Arsyad mengemukakan bahwa agribisnis merupakan kesatuan berbagai kegiatan usaha yang termasuk didalamnya adalah satu atau keseluruhan daripada mata rantai produksi, pengelolaan pada hasil, pemasaran pada produk-produk yang berhubungan dengan bidang pertanian dalam artian yang luas.

4. Austin

Austin mengemukakan bahwa pengertian agribisnis merupakan kegiatan usaha yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan untuk usaha tani, pengelolaan pangan, usaha pada sarana dan prasarana dibidang produksi pertanian, transportasi, pemasaran, perdagangan, kestabilan, dan kegiatan-kegiatan lain yang termasuk pada distribusi bahan-bahan pangan kepada konsumen.

5. Drillon

Drillon mengemukakan bahwa agribisnis merupakan total dari keseluruhan kegiatan usaha tani yang menyangkut pada kegiatan manufaktur, distribusi, sarana produksi pertanian, kegiatan usaha tani, penyimpanan bahan tani, pengelolaan dan distribusi produk pertanian dan juga produk-produk lainnya yang dihasilkan dari hasil pertanian.

6. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,pengertian agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir.

Tujuan Dari Agribisnis

Sebagai kegiatan yang bermanfaat untuk para pelakunya dan orang-orang disekitarnya, agribisnis mempunyai beberapa tujuan, yaitu :

Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Hal ini bisa bertujuan untuk meningkatkan nilai tukar untuk petani, peningkatan kreativitas pada usaha tani dan pengelolaan hasil pertanian, peningkatan mutu produk tani dan olahannya, meningkatkan nilai dari ekspor komoditas pertanian.

Meningkatkan Kesempatan Kerja

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah usaha agribisnis yang terletak di pedesaan, berkembangnya usaha agroindustri hulu dan pengelolaannya, berkurangnya jumlah pengangguran yang ada di daerah pedesaan.

Meningkatkan Ketahanan Pangan

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan dari sumber pangan, menurunkan impor pangan, menurunkan jumlah masyarakat yang rawan pangan, meningkatkan diversifikasi konsumsi pada pangan non beras.

  Pengertian Hukum Internasional

Peningkatan Layanan Pada Petani

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi agribisnis pada lokasi yang spesifik, terdapat pusat pelayanan untuk teknologi agribisnis, terdapat pusat pelayanan untuk perkreditan dan juga untuk sarana produksi pertanian, dan terbentuknya pusat pasar agribisnis dari setiap wilayah.

Ruang Lingkup Agribisnis

Dalam pembagiannya, agribisnis mencakup beberapa lingkup sehingga mempunyai ruang lingkup seperti dibawah ini :

1. Pengadaan dan Penyaluran Sarana Produksi

Dalam ruang lingkup yang pertama, agribisnis berperan penting pada pengadaan dan juga penyaluran dari sarana produksi. Hal ini terdiri dari benih, bibit, pupuk, makanan ternak, obat pemberantas hama, bahan bakar, dan lembaga kredit. Para pelaku dari bagian ruang lingkup ini bisa berupa perorangan, koperasi, pemerintah, perusahaan swasta, dan lain-lain. Bagian ini sangat penting dalam ruang lingkup agribisnis karena diperlukan keterpaduan dan juga kesinambungan dari berbagai unsur-unsur tersebut untuk mewujudkan suksesnya suatu agribisnis. Oleh sebab itu, mempelajari Pengertian agribisnis; ruang lingkup dan contoh agribisnis sangatlah penting.

2. Usaha Tani

Dalam ruang lingkup selanjutnya, agribisnis juga berperan penting pada usaha tani. Hal ini meliputi produksi pertanian dari berbagai bahan pangan, hasil kebun, buah, sayur, bunga, tanaman hias, hewan, hasil ternak, dan ikan. Pelaku daripada kegiatan ini bisa beragam mulai dari petani, pengusaha tambak, pengusaha tanaman hias, peternak, dan lain-lain.

3. Pengolahan dan Pemasaran (Tata Niaga)

Pada ruang lingkup yang terakhir ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang dimulai dari pengumpulan berbagai jenis produk hasil usaha tani, pengolahan hasil-hasil tersebut, penyimpanan, dan juga distribusi. Produk yang dihasilkan tersebut biasanya sebagian langsung didistribusikan kepada konsumen baik itu didalam ataupun diluar negeri. Sebagian lainnya dilakukan pengolahan terlebih dahulu sebelum didistribusikan kepada konsumen. Pelaku dari kegiatan ini beragam, mulai dari pengumpul produk, pedagang, pengolahan, penyalur, pengalengan, dan lain-lain. Pada agroindustri yang mengolah hasil dari produk tani disebut dengan Agroindustri Hilir. Peranan dari kegiatan ini sangat penting terutama jika ditempatkan di daerah pedesaan karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

  Pengertian URL: Sejarah, Fungsi, Tipe dan Contohnya

Contoh Agribisnis

Ketika berbicara mengenai agribisnis, tentunya diperlukan contoh untuk memberikan gambaran tentang bagaimana sebenarnya agribisnis tersebut berjalan. Dalam contohnya, segala sesuatu usaha yang berbasis pertanian tersebut haruslah menerapkan fungsi perencanaan. Perencanaan dalam bidang agribisnis ini haruslah memperhatikan beberapa faktor seperti musim, karakter alamiah dari komoditas-komoditas tersebut, karakter dari lahan, kemungkinan serangan hama dan penyakit. Perencanaan ini merupakan proses yang perlu dilakukan karena menyangkut pada upaya yang dikerjakan untuk mengantisipasi kecenderungan pada masa yang akan datang.

Hal ini juga bisa menjadi penentu strategi dan juga taktik yang benar untuk mewujudkan target dan tujuan dari agribisnis tersebut. Apabila perencanaan tersebut telah terlaksana dengan baik dan juga sesuai dengan target, maka dijamin agroindustri yang sedang digeluti tersebut pasti akan memberikan banyak sekali keuntungan baik itu pada perorangan, kelompok, organisasi, hingga pemerintahan. Oleh sebab itu, semakin banyak orang-orang yang menggeluti bidang agribisnis ini karena dianggap menguntungkan. Tidak heran apabila banyak orang yang mempelajari apa itu Pengertian agribisnis; ruang lingkup dan contoh agribisnis karena memberikan hasil dan pengetahuan yang sangat baik dan signifikan dalam merubah kehidupan manusia.

***

Demikianlah artikel mengenai pengertian agribisnis beserta ruang lingkup dan contohnya. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi sumber referensi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kamu.