Pengertian Bangsa

Pengertian Bangsa, Faktor, Unsur, dan Ciri Terbentuknya Bangsa. Bicara sejarah dalam sebuah Negara jika dipelajari memang tidak akan pernah ada habisnya. Oleh karena itu sebagai masyarakat yang baik anda harus mempelajari mengenai sejarah yang terkandung di dalamnya. Misalnya mengenai terbentuknya bangsa dan unsur-unsur yang melengkapi terbentuknya sebuah bangsa. pasti banyak masyarakat Indonesia yang tidak paham bagaimana sebuah bangsa terbentuk menjadi Negara yang lengkap dengan pemerintahan dan peraturan yang mengatur masyarakatnya. Nah simak ulasan mengenai pengertian bangsa, faktor, unsur dan ciri terbentuknya bangsa berikut ini.

Pengertian Bangsa Secara Umum

Pengertian bangsa secara umum adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan ciri, fisik, ideologi, sosiologi, budaya dan keturunan yang hidup dalam wilayah dan mengakui jika dirinya merupakan kelompok tersebut.

Pengertian Bahasa Secara Bahasa

Pengertian bangsa sebenarnya mempunyai makna yang berbeda-beda namun tetap mempunyai tujuan yang sama. contoh Pengertian bangsa menurut bahasa. kata bangsa berasal dari bahasa Inggris nation yang berarti keturunan. Jadi dapat disimpulkan pengertian bahasa menurut bahasa adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan berdasarkan garis keturunannya.

Pengertian Bangsa Secara Istilah

Pengertian bangsa secara istilah adalah sebuah kelompok manusia yang memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya dan sebuah sejarah. jadi sebuah bangsa haruslah memiliki keturunan yang sama untuk mencapai tujuan.

Pengertian Bangsa Secara Sosiologis dan Antropologis

Pengertian bangsa menurut sosiologis dan antropologis adalah sebuah kekuatan sekelompok  manusia yang mempunyai kesamaan baik dari segi keturunannya, ciri jasmani, ras dan sebuah budaya yang menetap dalam suatu wilayah tertentu.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1. Otto Bauer

Pengertian bangsa menurut Otto Bauer adalah sebuah bangsa harus memiliki sebuah karakter yang sama seperti persamaan nasib dan pengalaman pengalaman sebuah sejarah budaya yang tumbuh bersama dengan tumbuh kembangnya sebuah bangsa.

  Pengertian Manajemen Pemasaran

2. Hans Kokn

Menurut Hans Kokn pembentukan bangsa terjadi karena sebuah persamaan antara ras, bahasa, adat istiadat dan agama yang dijadikan sebagai pembeda antar manusia atau bangsa lain yang hidup dalam satu wilayah.

3. Ernet Renan

Pengertian bangsa menurut Ernet Renan adalah sebuah kelompok yang berada dalam satu wilayah dan satu ikatan batin yang bisa dipersatukan karena memiliki sebuah persamaan sejarah dan cita-cita yang sama.

4. Anthony D. Smith

Menurut Anthony D. Smith bangsa adalah sebuah komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai sebuah Negara atau tanah air, memiliki sebuah mitos-mitos  dan sejarah yang terkandung makna di dalamnya.

5. Lonthrop Stoddard

Menurut Lonthrop Stoddard bangsa haruslah memiliki kesatuan untuk bersatu untuk membentuk sekumpulan orang atau kelompok yang cukup banyak. Hal ini untuk membuktikan jika sebuah bangsa mempunyai tujuan yang sama.

6. Ir. Soekarno

Pengertian bangsa menurut Ir. Soekarno adalah segerombolan manusia yang membentuk menjadi sebuah kelompok yang besar dan mempunyai  persamaan watak atau karakter. Sehingga menciptakan sebuah keinginan untuk bersatu dan hidup di atas dalam wilayah.

Ciri-ciri Bangsa yang Baik

  1. Sebuah bangsa yang baik haruslah memiliki sebuah wilayah untuk dikuasai.
  2. Ciri-ciri bangsa yang kedua adalah memiliki kedaulatan atau pemerintahan.
  3. Bangsa haruslah memiliki sebuah lembaga pemerintahan.
  4. Memiliki sistem peraturan dan hukum.
  5. Mempunyai penduduk dan budaya.

Faktor-faktor Terbentuknya Bangsa

1. Tokoh

Faktor terbentuknya sebuah bangsa yang pertama bangsa haruslah memiliki sebuah tokoh. Istilah tokoh disini mengarah kepada seorang yang mempunyai kekuasaan dalam sebuah lingkungan masyarakat.

Tokoh masyarakat yang biasanya dihormati karena memiliki sebuah jasa, tingkah lakunya dan perannya dalam sebuah lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Pendapat dari tokoh masyarakat biasanya dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan sebuah bangsa.

  Pengertian Pendidikan Nonformal

2. Sejarah

Faktor terbentuknya bangsa yang kedua adalah sejarah. Sejarah merupakan sebuah kejadian yang terjadi pada masa lalu atau lampau yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Contoh sejarah yang bisa membentuk bangsa adalah sejarah pahit seperti penderitaan atau sejarah kebahagiaan kemenangan saat terjadinya perang yang bisa menciptakan rasa solidaritas dan rasa kesatuan dalam lingkungan masyarakat.

3. Primordial

Sebuah bangsa bisa terbentuk karena adanya pandangan hidup dalam masyarakat  memiliki sebuah ikatan tradisi, adat istiadat dan budaya yang dianut di dalamnya, ini semua adalah sebuah faktor terbentuknya bangsa atau biasa disebut dengan primordial.

4. Sakral

Faktor terbentuknya sebuah bangsa selanjutnya adalah faktor sakral. Sakral yang dimaksud disini adalah sebuah faktor yang berhubungan dengan keadaan spiritual atau sebuah kepercayaan yang dianutnya. Biasanya kata sakral dikaitkan dengan agama atau kepercayaan. Dalam sebuah wilayah yang di dalamnya terdapat masyarakat yang tinggal pastilah memerlukan sebuah agama untuk membentuk pandangan hidup yang digunakan sebagai ideologi dalam masyarakat. Inilah yang menjadikan sebuah bangsa terbentuk dengan baik.

5. Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi adalah salah satu faktor terbentuknya sebuah bangsa. Karena perkembangan ekonomi dalam sebuah lingkungan akan menjadikan masyarakat yang menetap dalam lingkungan tersebut semakin tentram dan nyaman. Inilah yang menjadikan masyarakat satu sama lain saling membutuhkan dan menjadikan hubungan antar masyarakat menjadi semakin erat.

Unsur-unsur Terbentuknya Sebuah Bangsa

  1. Unsur terbentuknya sebuah bangsa yang pertama adalah dalam sebuah wilayah haruslah memiliki sebuah kelompok manusia yang memiliki tujuan, kemauan yang sama yaitu untuk membentuk kesatuan satu sama lainnya.
  2. Unsur yang kedua terbentuknya sebuah bangsa adalah sebuah kelompok manusia haruslah berada dalam satu wilayah yang dijadikan sebagai tempat tinggal atau menetap bersama kelompok lainnya.
  3. Terbentuknya sebuah bangsa selanjutnya adalah kelompok haruslah mempunyai keinginan yang sama yaitu untuk membentuk sistem pemerintahan dan bersedia untuk mengikuti sistem tersebut.
  4. Untuk membentuk sebuah bangsa yang baik haruslah memiliki kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, ciri fisik atau kesamaan yang bisa dibedakan dengan bangsa lainnya.
  5. Unsur terbentuknya sebuah bangsa yang terakhir adalah sebuah kelompok yang berada dalam satu wilayah tertentu haruslah memiliki kesamaan baik dari segi psikologisnya, senasib dan sepenanggungan, setujuan dan harus memiliki cita-cita yang sama yaitu mewujudkan bangsa yang baik.
  Pengertian Pendidikan Formal: Jenis, Tujuan dan Contohnya

Proses Terbentuknya Bangsa

1. Proses Terbentuknya Bangsa Menurut Model Ortodoks

Proses terbentuknya bangsa menurut model ortodoks, bangsa harus terbentuk terlebih dahulu kemudian bangsa tersebut akan membentuk sebuah Negaranya sendiri. Jadi untuk membentuk sebuah Negara haruslah memiliki wilayah terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai tempat berkumpulnya antar kelompok untuk menciptakan tujuan yang sama yaitu untuk membentuk sebuah Negara.

Ciri-Ciri Terbentuknya Bangsa Dengan Model Ortodoks:

Ciri bangsa dengan model ortodoks yang pertama adalah tidak akan terjadi perubahan unsur di dalam sebuah masyarakat. karena sebuah bangsa sudah lama menjalin hubungan antar masyarakat sebelum sebuah Negara terbentuk.

Sebuah bangsa tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membentuk wilayah, karena bangsa hanya membutuhkan sebuah sistem untuk membentuk pemerintahan yang baru, sedangkan identitas bangsa sudah dimiliki sejak lama sebelum Negara terbentuk.

Ciri terbentuknya sebuah bangsa dengan model ortodoks selanjutnya masyarakat harus memiliki sebuah partisipasi dan sebuah kesadaran politik dalam masyarakat, tidak harus membentuk bangsa yang kuat karena tidak ada banyak perbedaan setelah terbentuknya sebuah Negara.

2. Proses terbentuknya bangsa menurut model mutakhir

Proses terbentuknya bangsa dengan model mutakhir adalah sebuah bangsa harus terbentuk setelah sebuah Negara terbentuk. Jadi dapat disimpulkan proses terbentuknya Negara menurut model mutakhir adalah sebuah Negara harus terbentuk terlebih dahulu, setelah itu barulah bangsa terbentuk dari  sebuah Negara.

Ciri-ciri terbentuknya sebuah bangsa dengan model mutakhir:

Ciri terbentuknya sebuah bangsa dengan model mutakhir adalah sebuah bangsa harus memiliki unsur untuk membentuk dan menyatukan beberapa kelompok orang untuk menetap dalam sebuah Negara.

Terbentuknya sebuah bangsa pastilah memerlukan waktu yang lama. Hal ini bertujuan untuk membentuk sebuah identitas dari sebuah bangsa tersebut. Karena beberapa kelompok orang memerlukan waktu untuk beradaptasi antar kelompok lainnya.

  Pengertian Pendidikan Informal

***

Demikianlah ulasan mengenai pengertian bangsa beserta faktor, unsur, dan ciri terbentuknya bangsa. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan anda mengenai terbentuknya sebuah bangsa menjadi Negara yang utuh.