Pengertian HTTP

Pengertian HTTP beserta definisi dan fungsi, cara kerja dan perbedaannya dengan HTTPS. Pastinya Anda yang sudah sering berselancar di dunia internet tidak asing lagi dengan yang namanya HTTP karena pastinya setiap Anda membuka sebuah web maka pasti diawal alamat web yang tertera di atas browser adalah HTTP, tapi apakah Anda sudah tahu apa itu pengertian dari HTTP dan juga beserta fungsi dan cara kerjanya, kalau Anda belum mengetahuinya maka disini saya akan memberikan beberapa info tentang apa itu HTTP beserta fungsi dan juga cara kerjanya.

Pengertian HTTP

HTTP pada dasarnya adalah sebuah singkatan dari Hypertex Transfer Protocol. HTTP ini adalah sebuah istilah yang diberikan kepada suatu protokol dan digunakan untuk mengirim sebuah dokumen dari World Wide Web atau biasa disingkat dengan WWW. Dan juga HTTP ini bisa diartikan sebagai sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mendistribusikan sebuah sistem informasi hypermedia dengan cara yang kolaboratif.

Protokol HTTP ini pertama kali digunakan sejak tahun sekitar 1990, saat tahun 1990 HTTP yang digunakan adalah HTTP yang masih versi 0,9 yang mana versi 0,9 ini dulu masih berupa sebuah protokol transfer data yang masih mentah, yang artinya sebuah data dikirim tanpa melihat tipe dokumen tersebut. Sekitar 6 tahun kemudian pada tahun 1996 ada sebuah perkembangan dari protokol HTTP ini, yang mana versi HTTP yang sebelumnya 0,9 menjadi versi 1.0. Dan versi 1.0 ini masih terus dikembangkan hingga pada tahun 1999 diluncurkannya protokol HTTP versi terbaru yaitu versi 1.1 yang mana versi 1.1 ini sudah berhasil untuk mengakomodasi cache, proxy dan juga koneksi yang persisten.

Berikut ini adalah beberapa pengertian HTTP dari kamus dan direktori resmi:

  • Oxford Dictionaries
  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian HTTP menurut kamus yang pertama adalah pengertian menurut Oxford Dictionaries, HTTP adalah sebuah protokol transfer data yang dipergunakan pada WWW ( World Wide Web )

  • Wikipedia

Sedangkan pengertian HTTP menurut direktori informasi yang selanjutnya adalah pengertian menurut wikipedia yang mengartikan bahwa HTTP adalah sebuah protokol aplikasi untuk sebuah sistem informasi yang terdistribusi, hypermedia dan kolaboratif. Sehingga HTTP dapat dikatakan adalah sebuah dasar untuk komunikasi data pada World Wide Web.

Fungsi HTTP

Setelah point yang pertama adalah pengertian maka kita akan lanjut membahas point kedua yang berisikan tentang apa saja fungsi dari HTTP.

Fungsi utama dari HTTP ini sangatlah sederhana, yaitu untuk mengkomunikasikan sebuah komputer dengan komputer yang lain. Lazimnya protokol bisa disamakan dengan sebuah perintah yang wajib untuk dilakukan oleh setiap komputer agar bisa saling berkirim pesan. Selain HTTP masih banyak lagi jenis protokol yang lainnya contohnya seperti IMAP, FTP, SMTP dan juga POP3. Tapi memang protokol jenis HTTP inilah yang paling sering sekali digunakan dan juga paling populer.

Selanjutnya protokol HTTP ini juga memiliki fungsi untuk dapat menentukan bagaimana suatu data atau pesan bisa ditransmisikan atau diformat menjadi sebuah bentuk yang bisa merespon sebuah browser untuk dapat menampilkan data atau pesan tersebut. Dalam pengembangan HTTP Internet Engineering Task Force menjalin kerja sama dengan World Wide Web sehingga dapat menciptakan sebuah fungsi yang dapat mengambil sebuah interlink dokumen teks yang sudah disediakan oleh web untuk bisa mendapatkan akses sumber daya melalui sebuah web dengan menggunakan URL yang merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator.

Cara kerja HTTP

Untuk point yang selanjutnya yang akan kita bahas adalah mengenai bagaimana cara kerja dari protokol HTTP ini. Berikut ini saya hanya akan menjelaskan cara kerja dari HTTP ini secara singkat dan jelas.

  1. Cara kerja HTTP yang pertama adalah komputer klien atau yang biasa disebut HTTP klien membuat sebuah sambungan lalu setelah itu HTTP klien mengirimkan permintaan sebuah dokumen kepada web server.
  2. Lalu yang selanjutnya HTTP server memproses sebuah permintaan dari komputer klien tadi sementara HTTP server memproses maka HTTP klien harus menunggu sebuah respon dari HTTP server tersebut.
  3. Selanjutnya setelah web server merespon permintaan dari HTTP klien dengan kode status data maka barulah setelah itu menutup sambungan jika telah selesai untuk memproses permintaan.
  Pengertian Sosial Media

Pada intinya adalah cara kerja HTTP ino adalah si klien harus terlebih dahulu membuat dan mengirim sebuah permintaan data kepada server setelah itu barulah server akan mengirimkan sebuah respon yang berupa file HTML yang ditampilkan dalam sebuah browser atau bisa dalam bentuk data yang lain sesuai dengan permintaan klien.

Sementara itu HTTPS bekerja dengan cara menggunakan sebuah sublayer yang berupa TLS atau SSL yang pastinya sangat berbeda dengan HTTP yang hanya memiliki layer yang biasa. Jadi karena itulah HTTPS ini sering sekali disebut sebagai sebuah kombinasi antara HTTP dan juga SSL atau TLS.

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu  pengertian, fungsi dan juga cara kerja dari HTTP maka kita akan berlanjut ke point yang terakhir. Pada point terakhir saya akan sedikit menjelaskan tentang apa saja perbedaan dari HTTP dan juga HTTPS ini, karena sering sekali orang menganggap sama karena namanya yang hampir mirip tapi sebenarnya HTTP ini berbeda dengan HTTPS.

Tingkat Keamanan Transmisi Data

Perbedaan yang pertama dari HTTP dan juga HTTPS ini adalah berada di tingkat keamanan dari data yang akan ditransmisikan. Jadi kalau HTTP tidak menjamin dengan sepenuhnya keamanan dari transmisi data tersebut dan sebaliknya jika HTTPS malah akan lebih menjamin keamanan dari data yang akan ditransmisikan tersebut. Untuk menjaga keamanan sebuah data yang akan ditransmisikan paling tidak ada 3 hal yang sangat diperhatikan oleh HTTPS yaitu kerahasian data, autentikasi server dan juga integritas data.

Untuk autentikasi server ini berguna dalam sebuah proses verifikasi bahwa seorang klien memang secara sadar meminta agar data tersebut bisa berkomunikasi dengan server yang sedang dituju.

  Pengertian Hukum Internasional

Port yang Dipakai

Perbedaan yang kedua adalah dari segi port yang dipakai oleh keduanya. Jika HTTP sendiri akan lebih default untuk menggunakan port 80 tapi jika HTTPS menggunakan port yang 443.

Kebutuhan Secure Socket Layers (SSL)

Setelah itu perbedaan yang selanjutnya adalah HTTP menggunakan sebuah sistem yaitu client – server agar bisa mentransmisikan data, sementara itu jika ingin meningkatkan keamanan dengan HTTPS maka suatu pihak wajib memiliki sebuah sertifikat SSL yaitu adalah sebuah teknologi yang bisa memungkinkan untuk melakukan suatu enkripsi data yang ditransmisikan di antara server dan juga klien.

***

Demikianlah beberapa penjelasan tentang pengertian http beserta fungsi, cara kerja sampai ke perbedaan HTTP dan juga HTTPS. Dan juga semoga dari informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan informasi Anda seputar dunia teknologi informasi dan internet yang menakin berkembang pesat saat ini.