Pengertian Hukum Agraria

Pengertian hukum agraria; sumber, asas, dan ruang lingkupnya. Mengenal Seluk Beluk Hukum Agraria. Tentunya banyak sekali jenis hukum yang terdapat dan berlaku di dalam sebuah negara bahkan di dunia, dimana kehadiran hukum bertujuan agar kehidupan masyarakat menjadi teratur.

Salah satu hukum yang saat ini tidak asing dan digunakan adalah hukum agraria. Hukum ini bersifat khusus dan berbeda dengan hukum pada umumnya, karena mengatur hal yang berbeda pula. Oleh sebab itu Anda wajib mengetahui apa itu pengertian hukum agraria, sumber, asas hingga ruang lingkupnya.

Pengertian hukum agraria

Hukum agraria merupakan suatu bentuk hukum yang memiliki sifat tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur masalah bumi, air, beserta kekayaan alam yang terkandung di dalam bumi. Jadi secara  garis besar hukum agraria merupakan hukum tanah yang dimana hanya mengatur mengenai permasalahan pertanian maupun apa saja yang berada di bagian kulit bumi. Kehadiran hukum ini tentunya sangat penting mengingat dengan adanya hukum ini dapat melindungi berbagai hasil kekayaan bumi baik dari segi tanah, hutan, pertambangan, dan masih banyak lainnya yang berada di permukaan bumi. Jadi setiap warga negara akan mendapatkan keadilan.

Pengertian hukum agraria berdasarkan pendapat ahli

Terdapat beberapa pengertian hukum agraria berdasarkan dengan pendapat para ahli, berikut beberapa diantaranya:

1. Boedi Harsono

Menurut Boedi Harsono, pengertian hukum agraria adalah sebuah kaidah hukum yang mengatur mengenai bumi, air pada  batasan tertentu, ruang angkasa, dan apa saja yang berada di dalam bumi yang berupa kekayaan dimana hukum ini berlaku baik secara tertulis maupun tidak tertulis.

2. E. Utrecht

Menurut E. Uterecht, pengertian hukum agraria adalah sebuah hukum yang istimewa dimana memberikan kewajiban kepada pejabat administrasi untuk bertugas dalam mengurus berbagai macam permasalahan mengenai agraria dalam memenuhi tugas mereka.

  Pengertian Manajemen Produksi: Ruang Lingkup, Fungsi Dan Aspeknya

3. Bachsan Mustafar

Menurut Bachsan, pengertian hukum agraria merupakan seperangkat peraturan yang mengatur mengenai bagaimana para pejabat pemerintah menjalankan tugas pada bidang agraria.

4. Gouw Giok Siong

Menurut Gouw Giok Siong, Pengertian Hukum Agraria adalah keseluruhan kaidah-kaidah hukum yang mengatur mengenai agraria secara lebih luas, tidak hanya mengenai tanah saja. Misalnya persoalan jaminan tanah untuk hutang, seperti ikatan kredit atau ikatan panen, sewa menyewa antar golongan, pemberian izin untuk peralihan hak-hak atas tanah dan barang tetap dan sebagainya.

[su_note note_color=”#d8d8d8″]baca: pengertian hukum pidana[/su_note]

5. S. J. Fockema Andrea

S. J. Fockema Andrea mengemukakan bahwa pengertian hukum agraria adalah keseluruhan peraturan hukum mengenai usaha dan tanah pertanian, tersebar dalam berbagai bidang hukum (hukum perdata dan hukum pemerintahan) dimana disajikan sebagai suatu kesatuan untuk keperluan studi tertentu yang bertalian dengan pertanian dan pemilikan hak atas tanah.

6. Lemaire

Menurut Lemaire, Hukum agraria berisi segi-segi hukum perdata, hukum tata negara dan hukum tata usaha negara dan dibicarakan secara golongan hukum tersendiri.

7. Seminar Tata Guna Sumber Alam 1 pada Tahun 1967

Dalam Seminar Tata Guna Sumber Alam 1 pada Tahun 1967, Pengertian Hukum Agraria adalah hukum yang mengatur tanah dan hak-hak agraria lainnya, wewenang menggunakan tanah, hubungan manusia dengan tanah. Objeknya ialah tanah dan segala sesuatu yang bertalian dengan tanah dan lingkungan sekitarnya.

Sumber hukum agraria

Ketika membuat sebuah hukum dibutuhkan beberapa sumber untuk memperkuat pengaruh berlakunya hukum tersebut. Sumber hukum agraria terbagi dalam 2 jenis yaitu sumber hukum tertulis dan tidak tertulis.

1. Sumber hukum tertulis

Sumber hukum tertulis merupakan sumber hukum yang berbentuk tertulis dapat dapat dilihat. Untuk sumber hukum tertulis terdapat beberapa hal yang bisa menjadi sumber hukumnya yaitu seperti Undang-Undang Dasar 1945 yang terdapat pada pasal 33 ayat 3, UU No 5 tahun 1960 yaitu peraturan dasar pokok agraria, peraturan tentang pelaksanaan UU Pokok Agraria dimana peraturan ini telah dikeluarkan sejak tahun 1960.

  Pengertian Manajemen Keuangan

Salah satu contoh peraturan ini adalah mengenai larangan pemakaian tanah yang belum mendapatkan izin dari pemiliknya. Sumber hukum tertulis lainnya adalah peraturan lama yang masih berlaku, dimana pemberlakuan peraturan lama ini dikarenakan untuk mengisi kekurangan di masa peraturan baru masih kosong maupun dalam proses pembuatan. Salah satu contohnya adalah Pasal 56, 57, 58 dalam UU Pokok agraria.

2. Sumber hukum tidak tertulis

Sumber hukum tidak tertulis merupakan sumber hukum yang tidak dapat dilihat, dimana sumber hukum ini biasanya berdasarkan dengan kebiasaan maupun peraturan yang sudah disepakati tanpa harus tertulis terlebih dahulu.

Beberapa hukum tidak tertulis pada hukum agraria adalah hukum yang sesuai dengan ketentuan pada pasal 5 UU Pokok Agraria seperti tidak bertentang dengan kepentingan negara dan nasional, selaras dengan peraturan bangsa, sesuai dengan unsur yang berdasarkan dengan agama, dan hukum kebiasaan yang muncul setelah berlakunya UU Pokok Agraria baik seperti praktik administrasi maupun yurisprudensi.

Asas hukum agraria

Dalam setiap hukum terdapat beberapa asas yang terkandung di dalamnya sebagai pedoman dan syarat yag harus dipenuhi agar tujuan hukum tersebut dapat terpenuhi. Hukum agraria memiliki beberapa asas seperti:

1. Asas nasionalisme

Asas ini menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia tanpa membedakan antara laki-laki dan perempuan baik asli maupun keturunan memiliki hak atas atas tanah dan hubungan antara bumi dan ruang angkasa. Jadi tidak ada orang di Indonesia tidak ada yang tidak memiliki hak dalam memiliki sebuah tanah, sehingga semua orang berhak memiliki kepemilikan pada sebidang tanah asal membelinya.

2. Asas dikuasai negara

Asas ini menyatakan bahwa bumi, air, ruang angkasa, serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan milik negara. Tidak heran jika tidak sembarangan orang yang dapat mengelola kekayaan sumber daya alam negara dimana negara harus ikut campur di dalamnya.

  Pengertian Manajemen Pendidikan

3. Asas hukum adat yang disaneer

Asas ini menyatakan bahwa hukum adat yang bersih dari segi negatif dapat dijadikan sebagai hukum agraria, jadi tidak heran jika beberapa hukum adat bisa dijadikan sebagai asas. Asal hukum adat tersebut tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di negara tersebut.

[su_note note_color=”#d8d8d8″]baca: pengertian hukum tata negara[/su_note]

4. Asas fungsi sosial

Asas ini menyatakan bahwa penggunaan tanah tidak boleh melanggar maupun bertentangan dengan norma kesusilaan maupun keagamaan yang berlaku serta tidak boleh melanggar hak-hak Orang lain termasuk untuk kepentingan umum.

Ruang lingkup hukum agraria

1. UU No 5 tahun 1960

Berdasarkan UU di atas menyatakan bahwa ruang lingkup agraria adalah yang seperti tertulis di dalam konsideran seperti hukum hubungan antara bangsa Indonesia dengan bumi, air, udara, dan kekayaan alam yang terkandung di dalam unsur tersebut dan hukum hubungan antar negara yang menjadi sebagai organisasi kekuasaan dengan bumi, air, udara, ruang angkasa, dan kekayaan yang terdapat di dalamnya.

2. UU Pokok Agraria

Berdasarkan UU Pokok Agraria menyatakan bahwa ruang lingkup agraria adalah bumi,air, ruang angkasa dan kekayaan alam.  Untuk bagian bumi adalah bagian permukaan termasuk dengan bagian dalam bumi bahkan di bawah air, sedangkan air adalah air yang terdapat di dalam maupun yang berasal dari sebuah sumber. Jadi baik air yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan termasuk dalam ruang lingkup agraria kecuali air di lautan. Untuk ruang angkasa  adalah yang bersangkutan dengan unsur-unsur yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan maupun memelihara kesuburan bumi, air, dan kekayaan di dalamnya. Sedangkan untuk kekayaan alam adalah bahan, unsur kimia, mineral, bijih-bijih, dan batuan mulia yang termasuk dalam ruang lingkup agraria.

  Pengertian Pendidikan Informal

***

Demikianlah penjelasan tentang pengertian hukum agraria, yang mencakup definisi, asas, sumber, hingga ruang lingkupnya. Jadi dengan mengetahui hal tersebut maka dapat membantu Anda dalam mengenal hukum agraria dengan jelas dan mudah untuk dipahami juga dalam proses pembelajaran.