Pengertian Hukum Internasional

Pengertian Hukum Internasional: Asas, Kaidah dan Bentuknya. Mengenal Hukum Internasional Lebih Dalam, Mulai Dari Asas Hingga Bentuknya. Hidup di dunia ini pastinya terdapat hukum yang bertujuan untuk mengatur kehidupan sehari-hari, salah satu hukum yang harus Anda ketahui adalah hukum internasional. Tentunya pembahasan mengenai materi ini sudah banyak sekali dibahas pada pelajaran PPKN maupun materi perkuliahan di universitas. Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai hukum internasional baik itu dari pengertian, asanya, kaidahnya, hingga bentuknya. Padahal mengetahui seluk beluk hukum internasional ini sangat penting karena dapat menjaga pegangan dalam hubungan kerja sama antara beberapa negara. Oleh sebab itu berikut beberapa penjelasan mengenai hukum internasional ini.

Pengertian dari hukum internasional

pengertian hukum internasional
pengertian hukum internasional

Hukum internasional merupakan salah satu dari bagian hukum, dimana hukum ini bertujuan untuk mengatur segala aktivitas  yang berskala internasional. Tentunya pada awal munculnya hukum ini hanya diartikan sebatas dengan perilaku maupun hubungan antar negara saja, akan tetapi setelah berkembangnya waktu maka munculah pola hubungan internasional yang lebih kompleks. Hal ini tentunya dapat membuat pengertian dari hukum internasional menjadi lebih luas sehingga hukum ini dapat mengurus perilaku organisasi internasional namun dalam batas tertentu. Hal ini tentunya berlaku pada perusahaan multinasional maupun individu.

Jadi dapat dikatakan bahwa pengertian hukum internasional merupakan hukum antarbangsa maupun hukum antarnegara. Hukum internasional sendiri juga dapat bersumber dari 2 hal yaitu dari sumber hukum materil dimana sumber yang berasal dari pembahasan mengenai hukum yang berlaku dalam negara tersebut. Serta terdapat juga dari sumber hukum formal yaitu sumber yang berasal dari ketentuan-ketentuan khusus seperti perjanjian internasional, kebiasaan internasional, doktrin, dan asas-asas umum hukum yang diakui oleh negara beradab.

  Pengertian Pendidikan Informal

Asas-asas dalam hukum internasional

asas hukum internasional
pengertian hukum internasional

Tentunya terdapat asas-asas dalam hukum internasional, dimana asas ini ada dalam menjalin hubungan antar bangsa nanti. Berikut beberapa asas dalam hukum internasional seperti:

1. Asas teritorial

Asas ini berdasarkan dengan kekuasaan sebuah negara atas wilayahnya sendiri, tentunya suatu negara dapat memiliki kewenangan dalam melaksanakan hukum untuk setiap orang dan benda yang terdapat di dalam kawasan negaranya. Namun bagi orang maupun benda yang berada di diluar wilayah dari negara tersebut maka tidak akan berlaku hukum pada negara tersebut namun akan diberlakukan hukum penuh yang bersifat berskala internasional. Jadi dapat dikatakan bahwa hukum pada sebuah daerah hanya dapat berlaku pada daerah itu saja namun jika berada di luar daerah tersebut maka hukum yang berlaku akan berbeda. Hal inilah yang diartikan sebagai hukum internasional.

2. Asas kebangsaan

Asas ini berdasarkan dengan perlakukan negara terhadap warga dari negara sendiri, dimana artinya bahwa setiap warga negara dimanapun berada baik ketika berada di dalam negeri maupun di  negara asing sekalipun maka mendapatkan perlakuan hukum yang sesuai dengan hukum yang berlaku di negara asalnya. Jadi apabila seseorang dari sebuah negara melakukan kegiatan kriminal maka pemberian hukumannya berdasarkan dengan hukuman yang berlaku dari negara asal pelaku kriminal tersebut. Jadi hukum yang diberikan bukan berdasarkan hukum pada negara dimana tempat orang tersebut melakukan tindakan kriminal. Hal ini dikarenakan asas ini memiliki kekuatan ekstrateritorial sehingga bisa berlaku di luar negara tersebut sekalipun.

3. Asas kepentingan umum

Untuk asas ini berdasarkan dengan tanggung jawab negara dalam melindungi maupun mengatur segala kepentingan dalam kehidupan masyarakatnya. Jadi negara juga dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak dan umum. Jadi dapat dikatakan bahwa hukum tidak akan terikat pada batas-batas tertentu. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena sebuah hukum apabila dianggap tidak adil maka dapat diubah demi kepentingan bersama sehingga setiap orang bisa mendapatkan keadilan yang seimbang. Mengingat hukum haruslah adil dimana tidak boleh berat sebelah.

  Pengertian URL: Sejarah, Fungsi, Tipe dan Contohnya

Selain asas tersebut, dalam praktik hukum internasional sebagai bagian dalam hubungan internasional terdapat juga beberapa asas hukum lainnya. Beberapa asas hukum tersebut  seperti pacta sunt servanda yaitu berupa asas hukum yang memberikan pernyataan dimana setiap perjanjian dapat menjadi hukum dimana dapat mengikat beberapa pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut.Jadi pihak yang berada di dalam perjanjian tersebut tidak boleh melanggar perjanjian tersebut, apabila melanggar maka dapat dikenakan sanksi yang berdasarkan dengan perjanjian tersebut. Serta terdapat juga asas equality rights yaitu negara yang memiliki hubungan maupun mengadakan perjanjian tersebut maka memiliki kedudukan yang sama. Kemudian terdapat asas courtesy yaitu negara yang bersangkutan dalam perjanjian tersebut haruslah saling menghormati serta menjaga kehormatan satu dengan yang lainnya.

Kaidah hukum internasional

kaidah hukum internasional
pengertian hukum internasional

Untuk kaidah hukum internasional adalah hukum yang memiliki hubungan dengan organisasi maupun lembaga internasional dimana dapat mengatur hubungan antara satu sama lain bersama hubungan dengan negara-negara dan individu. Tentunya beberapa kaidah hukum yang berhubungan dengan individu dan badan non negara adalah sebatas pada hak dan kewajiban pada individu dan badan non negara tersebut. Hal ini tentunya sangat penting untuk warga internasional nanti.

Bentuk hukum internasional

Tentunya terdapat beberapa wujud dari hukum internasional ini, pastinya setiap hukum memiliki bentuk dan peraturan tersendiri. Jadi sudah pasti Anda wajib mengetahuinya apalagi hukum ini terbagi dalam 2 bagian yaitu:

1. Hukum internasional regional

Untuk hukum ini biasanya hanya berlaku pada daerah dimana hukum tersebut berlaku, dimana hukum ini muncul akibat kebiasaan pada negara tersebut. Jadi tidak heran jika beberapa hukum ini ada yang tidak berlaku di negara lain kecuali jika hukum tersebut disepakati untuk ditaati dan digunakan oleh negara lainnya. Contoh dari hukum ini adalah Hukum Internasional Amerika/ Amerika Latin, dimana menggunakan konsep landasan kontinen dan konsep perlindungan kekayaan hayati laut.  Tentunya hukum ini pada awalnya hanya tumbuh di benua Amerika saja namun setelah adanya perkembangan zaman maka berlaku sebagai hukum internasional umum.

  Pengertian Komunikasi

2. Hukum internasional khusus

Untuk hukum internasional dalam bentuk ini biasanya berlaku dalam negara-negara tertentu dimana hukum ini timbul akibat dari perjanjian internasional yang multirateral. Jadi tidak semua negara berlaku hukum ini dimana hanya berlaku pada negara yang mengadakan perjanjian tersebut, dimana hukum ini muncul dari perjanjian 2 atau lebih negara untuk mencapai kesepakatan tertentu. Contoh dari hukum  ini adalah seperti Konvensi Eropa mengenai HAM, dimana hukum ini berlaku sebagai cerminan keadaan, kebutuhan, maupun taraf perkembangan dari masyarakat yang berlainan.

bentuk hukum internasional
pengertian hukum internasional

Oleh sebab itu inilah beberapa hal mengenai hukum internasional, dimana hukum ini dapat mengikat semua warga negara yang ada di dunia, bahkan dapat mengatur hubungan antara negara satu dengan negara lainnya. Jadi Anda wajib mengetahui hal ini agar mengetahui seluk beluk dari hukum internasional tersebut, apalagi jika Anda ingin menjadi seseorang yang ahli dalam bidang hukum internasional apalagi banyak sekali hal yang harus dipelajari.

***

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian hukum internasional, semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang mencari informasi tentang ilmu hukum dan berbagai macam percabangannya. Terima kasih!