Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi – Dalam hidup bermasyarakat pastilah kita akan melakukan sebuah komunikasi. Hal ini menjadi dasar kehidupan untuk menjalin sebuah hubungan dengan orang lain. Berikut ini ulasan tentang pengertian komunikasi serta tujuan, fungsi, jenis dan komponennya.

Pengertian Komunikasi

Kata komunikasi berasal dari bahasa communicare atau communis yang berarti sama atau miliki bersama. Jika sebuah komunikasi terjalin sesama individu, itu pertanda anda sedang melakukan sebuah usaha untuk menyampaikan kepada orang yang ingin anda ajak berkomunikasi

Pengertian Komunikasi secara Umum

Pengertian komunikasi secara umum adalah aktivitas yang berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi baik berbentuk pesan, sebuah ide atau gagasan yang diberikan dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Komunikasi dilakukan baik secara verbal maupun lisan, hal ini bertujuan untuk memudahkan antara kedua belah pihak untuk saling mengerti.

Pengertian Komunikasi Secara Harfiah

Pengertian komunikasi secara harfiah adalah sebuah interaksi yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jadi dapat disimpulkan jika sebuah komunikasi adalah bentuk interaksi yang dilakukan antar individu atau kelompok untuk bertukar informasi.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

  • James A.F. Stoner

Pengertian komunikasi menurut James adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain. hal ini bertujuan agar anda dapat menjalin sebuah hubungan dengan baik.

  • Everett M. Rogers

Menurut Everett pengertian komunikasi adalah sebuah proses pengalihan suatu gagasan ide dari satu sumber ke sumber penerima. Hal ini bertujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang. Contoh komunikasi menurut Everett adalah saat sebuah perusahaan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, pastilah sebuah perusahaan akan mengirimkan seorang pegawainya untuk membicarakan kerjasama antar mereka.

  • Raymond Roos
  Pengertian Hukum Islam

Pengertian komunikasi menurut Raymond Ross adalah sebuah proses memilih , menyortir, pengiriman sebuah simbol yang membantu para pendengar untuk menanggapinya dengan cara  merespon, jadi dapat disimpulkan komunikasi menurut Raymond adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah para pendengarnya.

  • Gerald R. Miller

Menurut Gerald R. Miller komunikasi bisa terjadi dengan adanya suatu sumber yang berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada penerima dengan cara sadar untuk mempengaruhi suatu perilaku.

  • Calin Cherry

Pengertian komunikasi menurut Calin Cherry adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pihak-pihak yang digunakan untuk memperoleh informasi untuk mencapai tujuan yang yang diinginkan yang berkaitan dengan hubungan yang timbul oleh seorang penerus rangsangan dan pembangkit balasan.

  • Aristoteles

Pengertian komunikasi menurut Aristoteles adalah sebuah usaha yang berfungsi sebagai alat yang digunakan oleh warga masyarakat untuk menjalankan bidang demokrasi. jadi dapat disimpulkan komunikasi menurut Aristoteles adalah alat yang selalu digunakan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

  • Lexicographer

Menurut Lexicographer pengertian komunikasi adalah upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Contohnya memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang dimaksud antara kedua belah pihak adalah mencapai tujuan dengan cara berkomunikasi dan memiliki paham yang selaras tentang informasi yang didapatkan.

  • Wiliam F. Glueck

Pengertian komunikasi menurut Wiliam F. Glueck dibagi menjadi dua bentuk yaitu:

  1. Komunikasi antar pribadi. Menurut Wiliam komunikasi bisa terjadi jika dilakukan dengan cara berkomunikasi secara pribadi atau disebut dengan interpersonal communications. Maksudnya adalah sebuah proses yang dilakukan dengan cara bertukar informasi atau perpindahaan pengertian antara dua individu yang berada dalam satu kelompok kecil.
  2. Komunikasi dalam organisasi. William F. mengemukakan sebuah komunikasi dalam organisasi terjadi karena proses pembicara untuk memberikan informasi dengan cara sistematis atau memindahkan informasi kepada orang-orang yang berada dalam sebuah organisasi atau lembaga-lembaga yang berada di luar organisasi tersebut.
  • Shannon dan Weaver
  Pengertian Hukum Pidana: Hukum Untuk Pelanggaran Kepentingan Umum

Menurut Shannon dan Weaver komunikasi adalah sebuah wujud interaksi yang dilakukan oleh seorang manusia yang mempunyai ikatan yang bertujuan untuk saling mempengaruhi satu sama lainnya, baik dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja.

  • Roger dan D. Lawrence Kincaid

Pengertian komunikasi menurut Roger dan D. Lawrence Kincaid adalah tahapan yang dilakukan dua orang atau lebih  untuk bertukar informasi, untuk memberikan sebuah pengertian yang bersifat mendalam antara kedua belah pihak harus terjadi proses tukar informasi.

Tujuan Komunikasi

tujuan dan pengertian komunikasi

Dalam peradabannya, manusia melakukan komunikasi dengan berbagai tujuan yaitu sebagai berikut:

  1. Tujuan komunikasi yang pertama adalah untuk menetapkan dan menyebarluaskan tujuan sebuah perusahaan. Jadi komunikasi sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu usaha.
  2. Tujuan yang kedua dari sebuah komunikasi adalah untuk menyusun rencana untuk menyelesaikan tujuan.
  3. Tujuan komunikasi selanjutnya adalah untuk menyeleksi, mengembangkan,  menilai, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan sebuah iklim yang akan terbit dari keinginan untuk melakukan kontribusi, hal ini dilakukan untuk mengendalikan sebuah prestasi pada perusahaan.
  4. Tujuan komunikasi yang terakhir adalah untuk membentuk SDM dan sumber daya lainnya, yang membuat sebuah perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang.

* Tujuan Komunikasi Menurut Hewitt

  1. Tujuan Komunikasi menurut Hewitt yang pertama adalah untuk mendalami dan mengajarkan sesuatu kepada individu atau kelompok.
  2. Tujuan komunikasi adalah untuk mengungkapkan perilaku seseorang
  3. Tujuan  komunikasi selanjutnya adalah untuk menjelaskan bagaimana tindak tanduk diri kita sendiri dan orang lain.

Komunikasi bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan atau persoalan yang dihadapi oleh individu atau kelompok, hal ini bertujuan untuk menurunkan ketegangan yang terjadi, jadi anda bisa menyelesaikan konflik yang sedang anda hadapi.

* Tujuan Komunikasi Secara Umum

  1. Agar komunikasi mudah dimengerti dan dikomunikasikan
  2. Komunikasi bertujuan untuk mengenal orang lain
  3. Agar pendapat individu atau kelompok dapat diterima orang lain
  4. Menggerakkan orang lain
  Pengertian Hukum Internasional

Syarat-syarat Komunikasi

Sebuah komunikasi bisa terjadi jika memenuhi syarat-syarat sebagai berkut:

  • Adanya Sumber/Source untuk disampaikan.
  • Adanya Komunikator sebagai pemberi pesan.
  • Adanya Komunikan Sebagai Penerima Pesan
  • Adanya Pesan Yang Disampaikan
  • Adanya Saluran/Effect tempat berlangsungnya proses komunikasi.

Macam-Macam Komunikasi

  1. Komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya terdiri dari dua yaitu komunikasi verbal dan komunikasi tertulis.
  2. Komunikasi berdasarkan maksud. Contohnya seperti komunikasi pidato, pemberian saran atau trik, memberikan perintah, memberikan ceramah dan wawancara.
  3. Komunikasi berdasarkan ruang lingkup ada dua, yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal
  4. Komunikasi berdasarkan aliran informasi

Fungsi Komunikasi

fungsi dan pengertian komunikasi

  • Sebagai Alat Kendali

Komunikasi berfungsi sebagai alat untuk mengendalikan dan mengontrol emosi pada diri. Jadi fungsi komunikasi disini bertujuan untuk mengontrol individu atau kelompok dengan cara membuat aturan yang harus dipatuhi dan ditaati.

  • Sebagai Alat Motivasi

Komunikasi sebenarnya bersifat persuasif. Oleh kerana itu tujuan dari sebuah komunikasi adalah untuk meningkatkan sebuah dorongan atau motivasi kepada seseorang untuk melakukan sesuatu kegiatan yang bersifat positif. Jadi komunikasi bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada individu atau kelompok untuk diraih dalam kehidupan untuk memotivasi seseorang.

  • Sebagai Ungkapan Emosional

Fungsi komunikasi selanjutnya adalah sebagai ungkapan emosional, maksudnya komunikasi sebagai ungkapan adalah sebuah perasaan yang ada pada diri seseorang yang akan diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi secara langsung. Biasanya ungkapan ini bisa berupa perasaan senang, marah, kecewa, gembira dan sedih.

  • Sebagai Alat Komunikasi

Komunikasi dapat dijadikan sebagai alat untuk memberikan informasi yang sedang dibutuhkan oleh individu atau kelompok, sehingga informasi yang didapat akan diproses untuk pengambilan keputusan dengan cara baik.

Jenis-Jenis Komunikasi

Jenis komunikasi dapat dibedakan dari berbagai sudut pandang sebagai berikut:

  1. Komunikasi berdasarkan penyampaian
  2. Komunikasi berdasarkan perilaku
  3. Komunikasi berdasarkan kelangsungannya
  4. Komunikasi berdasarkan maksud komunikasi
  5. Komunikasi berdasarkan jumlah seseorang yang berkomunikasi
  6. Komunikasi berdasarkan peranan individu
  7. Komunikasi berdasarkan jaringan kerja
  8. Komunikasi berdasarkan ajaran informasi
  Pengertian Tradisi

Unsur-unsur Komunikasi

Komunikasi bisa terjadi jika memenuhi beberapa syarat yang menjadi unsur pembentuknya yaitu:

  • Komunikator/pengirim/sender
  • Komunikasi/penerima/receiver
  • Saluran/media/channel

***

Demikianlah ulasan mengenai pengertian komunikasi dan tujuan, fungsi, jenis serta komponen proses komunikasi. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam berkomunikasi baik dalam lingkungan masyarakat maupun ruang lingkup organisasi.