Pengertian Manajemen Operasional

Pengertian Manajemen Operasional; Fungsi, Ruang Lingkup dan Jenisnya. Dalam dunia bisnis pastilah manajemen operasional sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Bahkan hampir semua belahan dunia mempunyai usaha yang bergerak dalam bidang bisnis, hal inilah menjadi bukti manajemen operasional menjadi satu titik untuk memacu agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan maju. Oleh karena itu disini saya akan membahas mengenai pengertian manajemen operasional, fungsi, ruang lingkup dan jenisnya. Yuk simak ulasannya berikut ini

Pengertian Manajemen Operasional Secara Umum

Pengertian Manajemen Operasional adalah sebuah area yang didalamnya menjalankan usaha bisnis yang fokus dalam memproduksi produk dan jasa, yang dimana dalam usaha tersebut harus ada manajer operasi yang akan bertanggung jawab terhadap proses input energi, material, dan tenaga kerja yang diubah menjadi output untuk memproduksi produk atau jasa.

Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah pengolahan yang dilakukan dengan cara menyeluruh dan optimal yang tertuju pada masalah barang, peralatan, mesin, bahan baku atau produk dan tenaga kerja. Produk yang dihasilkan harus dapat diperjual belikan. Dimana dalam usaha tersebut terdapat seorang manajer operasional yang akan bertanggung jawab terhadap produk atau jasa yang dihasilkan, oleh karena itu manajer operasi mempunyai peran penting dalam mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi, hal ini bertujuan untuk pengambilan keputusan terhadap fungsi operasi.

Pengertian Manajemen Operasional Menutut Para Ahli

1. Jay Heizer dan Berry Rander

Menurut Jay Heizer dan Berry Rander manajemen operasional adalah serangkaian kegiatan yang dapat menghasilkan nilai dalam bentuk barang maupun jasa, cara pengolahannya dengan cara mengubah input menjadi output.

  Pengertian Manajemen Strategi

2. Eddi Herjanto

Pengertian manajemen operasional menurut Jay Heizer dan Berry Rander adalah kegiatan yang berhubungan dengan proses produksi atau pembuatan barang atau jasa, yang mana proses pembuatannya berkombinasi melalui proses transformasi dari sumber daya yang akan dilakukan untuk menghasilkan produksi yang akan dikeluarkan.

3. William J. Stevenson

Pengertian manajemen operasional menurut William J. Stevenson adalah sistem manajemen atau serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membuat sebuah produk atau menyediakan jasa. Jadi dapat disimpulkan pengertian manajemen menurut William J. Stevenson adalah kegiatan yang dilakukan agar menghasilkan sebuah produk ataupun jasa yang dapat dijual.

4. Richard L. Daft

Menurut Richard L. Daft manajemen operasional adalah bidang manajemen yang secara khusus untuk memproduksi barang atau jasa, untuk memproduksi barang tersebut haruslah memerlukan sebuah alat dan teknik khusus untuk mencari solusi dari akar masalah dari proses produksi.

5. Pangestu Subagyo

Menurut Pangestu Subagyo pengertian manajemen operasional adalah penerapan ilmu manajemen yang dilakukan untuk mengatur kegiatan yang berhubungan dengan proses produksi dan operasi, hal ini bertujuan agar memperoleh hasil yang efisien.

Tujuan Manajemen Operasional

Sebuah proses atau bisnis yang menerapkan manajemen operasional mempunya beberapa tujuan yang hendak dicapai, diantaranya:

  1. Economy, tujuan manajemen operasional yang pertama adalah mengurangi biaya dalam kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha.
  2. Efficiency, tujuan manajemen operasional yang kedua adalah untuk meningkatkan sebuah perusahaan supaya dapat berjalan dengan efisien.
  3. Productivity, tujuan manajemen operasional selanjutnya adalah untuk meningkatkan efektivitas sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis.
  4. Quality, tujuan selanjutnya digunakan sebagai sistem operasional dalam sebuah perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang tengah diproduksi.
  5. Reduced processing time, tujuan manajemen operasional yang terakhir adalah untuk mengurangi waktu dalam proses produksi yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.
  Pengertian Manajemen Administrasi

Ciri-Ciri Manajemen Operasional

Ciri manajemen operasional menurut Zulian Yamit yaitu:

  1. Manajemen operasional harus memiliki tujuan untuk menghasilkan barang dan jasa untuk diperjual belikan.
  2. Ciri manajemen operasional selanjutnya adalah untuk meningkatkan kegiatan agar terjadi proses transformasi.
  3. Manajemen operasional harus mempunyai ciri yaitu, untuk meningkatkan mekanisme yang akan digunakan untuk mengendalikan proses pengoperasian dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam menyediakan barang atau jasa.

Fungsi Manajemen Operasional

1. Fungsi perencanaan

Fungsi manajemen operasional yang pertama adalah untuk perencanaan, seorang manajer operasi harus menentukan subsistem untuk meningkatkan organisasi dan mengembangkan sebuah program, kebijakan prosedur ini dibuat untuk menentukan peranan yang terfokus untuk melakukan perencanaan produk, fasilitas dan penggunaan sumber daya  pada proses produksinya.

2. Fungsi pengorganisasian

Manajemen operasional berfungsi untuk pengorganisasian, disini manajer operasi berfungsi untuk menentukan struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi atau departemen, hal ini bertujuan untuk meningkatkan subsistem operasi  untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh sebuah organisasi.
Manajer operasi juga harus menentukan kebutuhan sumber daya yang akan diperlukan untuk mencapai tujuan operasi, hal ini bertujuan untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab yang akan dibutuhkan dalam proses pelaksanaannya.

3. Fungsi penggerakan

Fungsi manajemen operasional selanjutnya adalah penggerakan, hal ini sudah jelas jika manajemen operasi berfungsi untuk memimpin, mengawasi dan memotivasi para karyawan agar melaksanakan tugas mereka dengan baik.

4. Fungsi pengendalian

Manajemen operasional berfungsi untuk pengendalian, manajemen operasi ini digunakan untuk mengembangkan standar jaringan yang dilakukan supaya lancar saat berkomunikasi jarak jauh, hal ini bertujuan agar proses pengorganisasian dan pergerakan akan sesuai dengan rencana yang sudah direncanakan sebelumnya, hal ini tentunya akan membuat tujuan tersebut dapat tercapai sesuai dengan keinginan dari sistem operasi manajemen.

  Pengertian Hukum Pidana: Hukum Untuk Pelanggaran Kepentingan Umum

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

1. Aspek Struktural

Ruang lingkup manajemen operasional yang pertama adalah aspek struktural, aspek ini berisi tentang komponen peraturan yang digunakan untuk membangun sebuah sistem manajemen operasional yang digunakan untuk berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

2. Aspek Fungsional

Ruang lingkup manajemen operasional yang kedua adalah aspek fungsional, aspek ini sangat berkaitan dengan sistem manajerial dan pengorganisasian yang berada dalam komponen struktural maupun interaksi, komponen tersebut berisi tentang pengendalian, perencanaan, dan penerapan, komponen tersebut bertujuan untuk melakukan perbaikan agar memperoleh kinerja yang optimal.

3. Aspek lingkungan

Aspek lingkungan adalah ruang lingkup sistem manajemen operasional yang bertujuan untuk memperhatikan kepentingan dalam perkembangan yang cenderung untuk memperhatikan hubungan dengan lingkungan.

Ruang lingkup manajemen operasional ini  mempunyai hubungan dengan keputusan untuk menjalankan sebuah proses pengoperasian sistem produksi, pemilihan manajemen operasional ini harus memerlukan sistem persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang dilakukan oleh manajemen operasional sebagai berikut ini.

  1. Pengambilan keputusan dalam melakukan proses perencanaan pembangunan pabrik, layout, desain tata letak pada fasilitas yang disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya.
  2. Pengambilan keputusan untuk melakukan sebuah perencanaan, hal ini bertujuan agar sebuah perusahaan memiliki jumlah kapasitas produksi yang optimal.
  3. Pengambilan keputusan dalam desain yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan proses transformasi.
  4. Manajemen operasional harus mampu melakukan pengambilan keputusan untuk menjalankan manajemen proyek.
  5. Pengambilan keputusan untuk menyediakan desain dengan aliran pekerjaan.
  6. Pengambilan keputusan dalam menentukan manajemen persediaan.
  7. Manajemen operasional diperlukan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan schedule atau jadwal kerja pada sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produk dan jasa.
  8. Manajemen operasional sangat diperlukan untuk mengambil keputusan dalam pengendalian dan pengawasan untuk menentukan kualitas produk atau jasa.
  9. Manajemen operasional diperlukan untuk melakukan pemeliharaan fasilitas produksi.
  Pengertian Firma: Sifat, Ciri-ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-Jenis Manajemen Operasional

  • Proses
  • Jasa-jasa
  • Perencanaan/planning
  • Pengawasan/control
  • Bidang Ilmu Manajemen Operasional Menurut Heizer Dan Render
  • Perancangan produk dan jasa
  • Pengolahan kualitas
  • Perancangan proses dan kapasitas
  • Strategi lokasi
  • Strategi tata letak
  • Sumber daya manusia dan rancangan pekerjaan
  • Manajemen rantai pasokan
  • Persediaan, perencanaan, kebutuhan bahan baku dan just in time
  • Penjadwalan jangka menengah dan jangka pendek
  • Perawatan

***

Demikianlah ulasan mengenai pengertian manajemen operasional, fungsi, ruang lingkup dan jenisnya, semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan anda seputar dunia bisnis dan ekonomi.

artikel terkait:

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Pendidikan