Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran: Konsep, fungsi dan Tujuannya. Ketika anda akan melakukan pemasaran, anda juga harus memahami bagaimana manajemen pemasaran tersebut. Hal ini bukan tanpa sebab karena jika kegiatan pemasaran tersebut tidak memiliki manajemen yang bagus maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Berikut ini pengertian manajemen pemasaran, konsep, fungsi dan tujuan manajemen pemasaran yang wajib  untuk anda simak.

Pengertian manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran sendiri merupakan suatu proses analisa, perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan pemasaran dimana memiliki tujuan untuk mencapai target perusahaan agar lebih efektif dan efisien.

Selain itu, ada pula yang mengartikan jika manajemen pemasaran merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan analisis, perencanaan, penerapan hingga adanya pengendalian terhadap sebuah program di dalam perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

definisi manajemen pemasaran
pengertian manajemen pemasaran

Agar anda semakin jelas apa itu pengertian dari manajemen maka anda bisa menyimak beberapa pengertian manajemen yang dikemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Philip Kotler

Beliau berpendapat jika pengertian manajemen pemasaran adalah sebuah proses analisis, perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan program-program yang memiliki tujuan untuk menimbulkan pertukaran terhadap pasar yang telah dituju dengan maksud agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

baca juga: Pengertian Manajemen Keuangan

2. Dharmmesta dan Handoko

Menurut Dharmmesta dan Handoko, pengertian dari manajemen pemasaran merupakan sebuah kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk bisa mempertahankan kelangsungan perusahaan, bisa bekembang dengan baik dan mendapatkan keuntungan dari adanya kegiatan pertukaran. Jauh dari sebelum proses produksi, proses pemasaran sudah dilakukan dan tidak hanya berakhir dengan adanya penjualan.

3. William J Stanton

Adapun pendapat yang dikemukakan oleh William dimana ia menyimpulkan jika pengertian manajemen pemasaran merupakan sebuah sistem yang menyeluruh di dalam kegiatan bisnis dengan tujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan barang hingga melakukan distribusi barang/jasa untuk bisa memuaskan para pelanggan.

  Pengertian Hukum Islam

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep dari manajemen pemasaran ini sendiri juga bisa diartikan sebagai sebuah falsafah dalam dunia bisnis dimana sebagai cara untuk memberikan kepuasan kepada para customer.Berikut ini  5 konsep yang terdapat pada manajemen pemasaran yang wajib untuk anda ketahui.

konsep manajemen pemasaran
pengertian manajemen pemasaran

1. Konsep produksi

Konsep pertama adalah konsep produksi. Beberapa perusahaan yang menggunakan konsep ini biasanya akan berpikir jika produk atau jasa yang diproduksi harus memiliki harga yang murah. Dengan cara inilah maka mereka bisa memproduksi kapan saja dan dimanapun. Biasanya perusahaan ini melakukan penurunan harga produksi dan adanya penguatan sistem distribusi.

2. Konsep produk

Perusahaan yang memanfaatkan konsep yang satu ini percaya jika kualitas barang atau jasa juga harus dihasilkan dari perusahaan yang bagus juga sehingga mampu menarik customer lebih banyak. Konsep ini sendiri bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat tetapi bagaimana kualitas barang tersebut juga akan mempengaruhi harga yang harus dikeluarkan oleh para customer. Sedangkan, menengok ke belakang, masyarakat lebih memilih harga yang murah.

baca: Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Konsep penjualan

Semua perusahaan yang memanfaatkan konsep ini berfikir jika customer tidak boleh dibiarkan begitu saja sendirian. Perusahaan juga harus memberikan arahan yang tepat kepada para konsumen dengan menggunakan teknik penjualan yang tepat.

Dalam konsep ini sendiri, sebuah perusahaan juga harus memikirkan bagaimana usaha penjualan untuk bisa mempengaruhi para konsumen agar bisa membeli produk yang mereka tawarkan. Jika system ini bisa berjalan dengan baik maka mereka bisa menjual produk dengan mudah.

4. Konsep pemasaran

Adapun konsep yang berikutnya adalah konsep pemasaran. Perbedaan dengan konsep penjualan adalah jika penjualan lebih menekankan produk untuk dijual maka pemasaran lebih fokus pada keinginan dan kebutuhan para konsumen.

  Pengertian Pluralisme: Definisi, Manfaat dan Contoh Pluralisme

Perusahaan yang memanfaatkan konsep ini sendiri menganggap jika kekuasaan yang dimiliki oleh konsumen merupakan hal yang sangat penting sehingga barang yang diproduksi juga harus sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Konsep ini sendiri memang memiliki kesan yang lebih modern tetapi biasanya hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu terutama mereka yang memiliki taraf hidup diatas rata-rata.

5. Konsep pemasaran umum

Berikutnya adalah konsep pemasaran umum. Konsep ini tidak lagi menekankan pada kepuasan para konsumen tetapi juga mementingkan apa saja manfaat produk untuk orang lain. Sebagai contohnya, jika sebuah perusahaan otomotif menghasilkan mobil tetapi menyebabkan polusi maka hal ini hanya membuat konsumen puas tetapi masyarakat tidak mendapatkan manfaat dari mobil tersebut Inilah mengapa perusahaan juga tidak boleh mementingkan kepuasan para pelanggan saja tetapi manfaat apa saja untuk masyarakat.

Fungsi manajemen pemasaran

Sebuah perusahaan yang sedang mengalami perkembangan juga wajib untuk memahami bagaimana fungsi dari manajemen pemasaran tersebut. Dibawah ini ulasan lengkap mengenai fungsi manajemen pemasaran.

1. Fungsi pertukaran

Fungsi pertama manajemen pemasaran adalah untuk pertukaran. Dimana fungsi ini sendiri masih dibagi menjadi dua yakni pembelian dan penjualan. Di Dalam fungsi ini juga dibutuhkan strategi khusus terutama dalam pemahaman tentang kegiatan yang bisa membuat para customer tertarik untuk membeli. Sedangkan fungsi penjualan merupakan kegiatan untuk mempertemukan penjual atau pembeli baik secara langsung atau dengan perantara.

fungsi manajemen pemasaran
pengertian manajemen pemasaran

2. Fungsi fisis

Fungsi fisis  ini memiliki fokus pada pemanfaatan waktu, lokasi dan bentuk pertimbangan yang lainnya ketika sebuah produk diangkut, diproses, disimpan hingga sampai ke tangan para customer.

baca: Pengertian Manajemen Strategi

3. Fungsi penyediaan sarana

Selanjutnya adalah fungsi penyediaan sarana dimana manajemen pemasaran memiliki fungsi untuk menyediakan sarana yang berkaitan dengan semua kegiatan yang bisa melancarkan operasional pemasaran. Fungsi ini sendiri bisa mencakup proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran dimana sesuai dengan standar.

  Pengertian Distribusi: Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Tujuan manajemen pemasaran

  1. Manajemen pemasaran memiliki tujuan untuk membangun permintaan. Mengingat proses penjualan sendiri hanya bisa terjadi jika ada permintaan dari para konsumen. Untuk membangunkan permintaan tersebut maka perusahaan juga membutuhkan berbagai macam upaya untuk membuat para customer tertarik untuk membeli.
  2. Tujuan dari manajemen pemasaran yang berikutnya adalah untuk membangun kepuasan para pelanggan. Perusahaan tidak hanya cukup memenuhi permintaan para customer agar bisa mencapai target tetapi juga harus bisa memberikan kepuasan bagi para pelanggan.
  3. Untuk mendapatkan progress yang positif  yang berasal dari market share produk atau penjualan.
  4. Setiap perusahaan yang melakukan manajemen pemasaran juga mengharapkan adanya keuntungan yang menghampiri mereka. Setiap perusahaan biasanya juga akan menetapkan adanya nominal keuntungan untuk mengukur tingkat keberhasilan perusahaan.
  5. Manajemen pemasaran juga memiliki tujuan agar perusahaan bisa mendapatkan pencitraan yang sesuai dengan harapan yang diinginkan. Dengan citra yang baik inilah maka bisa menimbulkan efek positif dimana konsumen akan dengan cepat mempercayai produk perusahaan.
  6. Bisa menjaga keberlangsungan usaha perusahaan untuk bisa mencapai target penjualan, kepuasaan hingga memberikan keuntungan yang banyak.
tujuan manajemen pemasaran
pengertian manajemen pemasaran

***

Demikianlah artikel tentang pengertian manajemen pemasaran beserta penjelasannya yang bisa dibagikan kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita seputar ekonomi dan manajemen serta aplikasinya dalam kehidupan.