Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen Pendidikan: Ruang Lingkup, Fungsi, Dan Tujuannya. Dalam kehidupan saat ini dengan adanya perkembangan zaman maka semakin ketat juga kompetisi dalam meraih pekerjaan. Sehingga anda akhirnya dituntut untuk bisa mengatur semua hal dengan lebih sistematis. Dalam menjalankan sebuah proses kerja seseorang maka harus memiliki pengetahuan mengenai manajemen dari pekerjanya. Dalam hal ini maka sangat penting manajemen pendidikan dilakukan yang akhirnya akan memperkaya wawasan dan ilmu.

Pengertian Manajemen pendidikan

Jika melihat dari pengertian dari dua arti nya, maka bisa disimpulkan jika manajemen pendidikan sendiri adalah salah satu proses perencanaan, organisasi, melaksanakan dan proses pengawasan dalam mengelola sumber daya yang bisa berupa man, money, method, materials, machines, minute, market hingga information untuk bisa mencapai tujuan yang jauh lebih efektif dan jauh lebih efisien dalam bidang pendidikan.

  • Man (Sumber Daya Manusia). SDM adalah unsur terpenting dalam berjalannya sebuah organisasi. Sehingga dalam manajemen pendidikan peranan dari SDM sangat penting. Manajemen yang dilakukan adalah pengelolaan dalam aktivitas rekrut, seleksi, pelatihan evaluasi dan pemberian reward dan hal lainnya yang sangat berhubungan dengan SDM
  • Money (Keuangan). Untuk aspek ini sangat mendukung setelah SDM dalam manajemen pendidikan. Karena aturan dalam keuangan menjadi hal yang fundamental pada pemasukan dan pengeluaran serta masalah administrasi
  • Materials (Fisik dan Non Fisik). Keberadaan dari sarana dan prasarana kebijakan yang mendukung akan mampu menjadi pendukung dalam pencapaian tujuan secara khusus bisa dikaitkan dengan efisiensi kerja.
  • Methods (ide gagasan). Teknik dan cara yang tepat dalam menjalankan manajemen dari pendidikan akan mempengaruhi efektif dan efisiensi dalam pencapaian tujuan. Oleh karena itu dalam keberjalanan manajemen di dunia pendidikan perlu adanya gagasan dan ide yang berguna untuk mencapai hal tersebut. Lebih dari itu, sekian banyak ide dan gagasan yang ada tentu saja perlu dipertimbangkan mana yang paling efektif dalam mencapai tujuan.
  • Machine (Teknologi). Kemajuan teknologi dewasa ini memang harus menjadi perhitungan dalam pelaksanaan manajemen pendidikan. Semakin tinggi penggunaan teknologi maka akan lebih efisien dalam proses pencapaian tujuan.
  • Market (Masyarakat). Menjalani hubungan dengan masyarakat sebagai target market dan ini merupakan ujung tombak dalam aktivitas manajemen pendidikan khusus bagi orang tua calon dari siswa siswi. Dan hubungan yang baik akan menarik pada calon siswa untuk bisa mendaftarkan diri ke lembaga pendidikan.
  • Minutes (Waktu). Pengelolaan waktu dapat meningkatkan efisiensi dalam berjalannya proses belajar mengajar. Pemanfaatan waktu ini sangat penting dalam ploting kegiatan, deadline, scheduling untuk bisa mencapai target akan lebih sering mengarahkan dalam pencapaian tujuan.
  Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Selain definisi teoritis, kita juga bisa melihat pendapat subjektif dari para ahli manajemen tentang pengertian manajemen seperti dibawah ini:

1. Engkoswara

Menurut Engkoswara, Manajemen pendidikan merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakat bersama.

2. Purwanto Dan Djojopranoto

Berdasarkan pendapat Purwanto Dan Djojopranoto, Pengertian Manajemen pendidikan merupakan suatu usaha bersama yang dilakukan untuk medayagunakan semua sumber daya baik manusia, uang, bahan dan peralatan serta metode untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

3. Soebagio Atmodiwirio

Soebagio Atmodiwirio mengemukakan bahwa definisi Manajemen pendidikan adalah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

4. Hadari Nawawi

Manajemen pendidikan menurut Hadari Nawawi ialah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama lembaga pendidikan formal.

5. W. Haris

Mendifinisikan manajemen pendidikan sebagai suatu proses pengintegrasian segala usaha pendayagunaan sumber-sumber personalia dan material sebagai usaha untuk meningkatkan secara efektif pengembangan kualitas manusia.

6. Stephen J. Kneziech

Pengertian Menajemen pendidikan berdasarkan pendapat Stephen J. Kneziech merupakan sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif, serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di masa depan.

  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Ruang lingkup Manajemen pendidikan

Jika melihat dari pengertian manajemen pendidikan maka manajemen pendidikan sendiri dibagi menjadi tiga kelompok utama yang sangat berhubungan satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah:

  1. Menurut Wilayah kerjanya : untuk ruang lingkup ini akan meliputi manajemen seluruh negara, manajemen dari satu propinsi, manajemen dari satu unit kerja dan manajemen dari kelasnya.
  2. Menurut Objek yang dikerjakan : untuk ruang lingkup ini akan meliputi manajemen siswa, manajemen ketenagaan dari pendidikan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen dari tata laksana untuk pendidikan, manajemen pembiayaan dan manajemen humas.
  3. Menurut fungsi dari kegiatannya : untuk ruang lingkup ini akan meliputi dari proses perencanaan, proses organisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan, proses pengawasan hingga proses evaluasinya.

Fungsi Manajemen Pendidikan

Jika melihat fungsi dari manajemen pendidikan sendiri merupakan elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan bisa anda jadikan sebagai salah satu acuan dari manajer untuk melaksanakan kegiatan pendidikan sehingga akan mencapai tujuan yang lebih efektif dan jauh lebih efisien. Dalam manajemen pendidikan sendiri terdapat beberapa fungsi yang sangat berhubungan erat. Dan berikut adalah beberapa fungsi dari manajemen pendidikan diantaranya adalah :

1. Proses perencanaan

Untuk proses perencanaan ini sendiri diatur dan harus disesuaikan dengan sumber daya yang memang dimiliki. Untuk dunia pendidikan sendiri proses perencanaan ini akan disusun dengan tujuan untuk mengarahkan pada tujuan pendidikan dengan lebih menyeluruh dan menggunakan metode yang terbaik untuk bisa capai. Dimana hasil dari perencanaan ini sendiri adalah peta kerja sehingga bisa mencapai tujuan seperti yang rencana strategi lembaga pendidikan dalam mencapai visi dan misi, rencana pembelajaran, kurikulum hingga silabus mata pelajaran dan hal lainnya.

baca juga: Pengertian Pendidikan: Menurut Para Ahli, Umum, Sejarah, Tujuan, Dan Jenisnya

2. Proses Organisasi

Untuk fungsi ini sendiri memiliki tujuan untuk bisa membagi tugas besar menjadi aktivitas yang lebih sederhana. Dan fungsi ini sangat memudahkan anda dalam melaksanakan proses pengawasan dan penentuan jumlah dan kualifikasi sumber daya yang memang sangat anda perlukan. Pengorganisasian dalam manajemen pendidikan ini adalah menyusun apa saja yang dibutuhkan oleh lembaga pendidikan. Anda juga harus mempertimbangkan berapa tenaga pengajar dan karyawan yang memang dibutuhkan oleh tenaga pengajar di bidang apa saja yang memang dibutuhkan dan masih banyak hal lainnya.

  Pengertian Komunikasi

3. Proses Arahan

Setelah melakukan proses organisasi juga dilakukan proses arahan terhadap beberapa sumber daya yang secara khususnya adalah SDM untuk bisa melakukan tanggung jawab yang harus sesuai dengan tujuannya. Pada dasarnya, arahan ini adalah salah satu proses yang digunakan untuk menggerakkan orang untuk bisa menjalankan aktivitas dalam rangka bisa meraih tujuan sehingga akan terciptanya efisiensi dan efektifitas.

4. Pengawasan

Kegiatan untuk penilaian kinerja yang lebih mengacu pada perencanaan yang telah disusun secara detail. Tujuan dari pengawasan ini sendiri adalah untuk bisa menjamin kegiatan yang memang sedang anda laksanakan sehingga akan sesuai dengan tujuan. Selain itu, memberikan proses penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga akan menjadi masukan dan perbaikan di masa mendatang. Misalnya adalah melakukan evaluasi model pembelajaran siswa, mengadakan proses jajak pendapat tentang sistem pendidikan.

Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan diatas, fungsi kepemimpinan di dalam dunia pendidikan juga sangat penting karena ini termasuk juga dalam mengatur manajemen yang sangat berkaitan dengan dunia pendidikan.

Tujuan manajemen pendidikan

Ada banyak tujuan dari proses manajemen pendidikan yang diperlukan diantaranya adalah :

  1. Efisiensi dari penggunaan sumber daya. Dengan melalui manajemen pendidikan maka sangat diharapkan pengelolaan sumber daya yang tersadar ini bisa digunakan secara efisien karena telah direncanakan. Sumber daya ini biasanya sangat berhubungan dengan anggaran, tenaga kerja dan juga waktu
  2. Efektif dalam peralihan dan tujuan. Melalui fungsi manajemen yang sangat baik dan dilakukan secara terus menerus maka lembaga dan pihak yang berada dalam manajemen pendidikan bisa mampu lebih efektif untuk kegiatan serta sumber daya yang dikelola sehingga bisa mencapai tujuan pendidikan.
  3. Fokus pada tujuan pendidikan. Pendidikan dari suatu wilayah selalu berhubungan dengan tujuan pendidikan nasional. Dengan aktivitas manajemen maka kegiatan manajemen di setiap lembaga pendidikan dari setiap wilayah yang akan difokuskan dan harus disesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional.
  4. Supporting System dalam pencapaian tujuan pendidikan. Hal yang menjadi konsep dasar dari manajemen pendidikan ialah untuk menjadi sistem yang selalu mendukung dalam proses pencapaian dari tujuan pendidikan untuk berbagai jenis aktivitas.
  Pengertian Manajemen Pemasaran

***

Demikianlah artikel singkat tentang pengertian manajemen pendidikan yang bisa dibagikan kali ini. Semoga bisa menjadi sumber referensi anda dalam mempelajari ilmu manajemen dan penerapannya.

artikel terkait:

Pengertian Manajemen Operasional

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Keuangan