Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Manfaat, Dan Tahapan Manajemen Strategi. Manajemen strategi merupakan suatu keputusan atau tindakan mengimplementasikan suatu strategi dalam sebuah perusahaan untuk mencapai sebuah target di organisasinya. Manajemen strategi adalah ilmu menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi keputusan yang fungsional bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Strategi sangat dibutuhkan dalam berbagai macam kegiatan, terutama dalam kegiatan berbisnis. Organisasi membutuhkan adanya strategi yang tepat dan terorganisir. Sehingga lebih mudah melaksanakan misi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk itu berikut adalah penjelasan tentang pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, dan tahapan manajemen strategi.

Pengertian manajemen strategi

Beberapa ahli memberikan pengertiannya tentang manajemen strategi adalah sebagai ilmu seni dan pengetahuan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi berbagai macam keputusan antar lintas fungsional sehingga organisasi bisa mencapai tujuannya.

Manajemen strategi sangat fokus pada tujuan dari sebuah organisasi, menciptakan dan mengembangkan sebuah kebijakan, perencanaan, hingga mengalokasikan tenaga sumber daya yang dimiliki untuk menerapkan dan merencanakan tujuan organisasi. Strategi yang baik juga harus diterapkan dengan baik dalam berbagai kegiatan apapun, terutama dalam dunia bisnis. Strategi yang tepat adalah yang terorganisir sehingga misi dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat mencapai tujuan.

Pengertian manajemen strategi menurut para ahli

1. J. David Hunger

Manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan perilaku atau tindakan dalam manajerial untuk menentukan performa perusahaan di jangka waktu yang panjang. Dapat didefinisikan juga bahwa manajemen strategi adalah perencanaan dan strategi efektif yang harus dilakukan sehingga tujuan bisnis tercapai dalam waktu yang lama.

2. Thomas Wheelen and Co

Pengertian manajemen strategi adalah keputusan dalam manajerial dan juga kegiatannya yang menjadi penentu keberhasilan dari perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Kegiatannya terdiri dari perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi.

  Pengertian Pluralisme: Definisi, Manfaat dan Contoh Pluralisme

3. Bambang Haryadi

Pengertian manajemen strategi menurut Bambang Haryadi adalah susunan dari sebuah proses yang sistematis untuk merumuskan, melaksanakan, dan mengevaluasi strategi oleh manajemen. Rangkaian sistematis tersebut memiliki tujuan yaitu mewujudkan visi dan misi yang telah dibuat organisasi.

4. Nawawi

Menurutnya pengertian manajemen strategi adalah sebuah rencana besar yang fokus pada tercapainya tujuan di masa yang akan datang dan juga merupakan sebuah keputusan yang penting dan fundamental. Adanya rencana tersebut membuat organisasi dapat menjalankan misi untuk menghasilkan sesuatu, optimasi, dan juga kualitas yang sesuai dengan tujuan organisasi.

5. Mulyadi

Menurut Mulyadi manajemen strategi adalah proses merumuskan dan melaksanakan strategi oleh manajer atau karyawan untuk mewujudkan visi dan misi dari sebuah organisasi.

Tujuan manajemen strategi

Manajer memiliki tugas untuk membuat strategi organisasi atau perusahaan seperti upaya pemasaran. Dalam manajemen strategi, manajer membuat atau menyusun, mengatur, melaksanakan, dan mengevaluasi strategi yang telah disetujui untuk mencapai target tujuan yang diinginkan. Tujuan utama dalam manajemen strategi terdiri dari 4 yaitu:

1. Memberikan arah untuk mencapai tujuan

Adanya sebuah manajemen dalam organisasi membuat seorang manajer memiliki tanggung jawab dalam mengarahkan semua sumber daya yang ada untuk bekerja atau melakukan berbagai kegiatan yang fokus pada tujuan perusahaan. Sehingga arah dari kegiatan dapat terlihat jelas dan menjadi sebuah landasan sebagai pengendali dan evaluasi indikator keberhasilan.

2. Menjaga kepentingan

Sebuah strategi disusun oleh seorang manajer untuk mempertemukan kebutuhan para pihak seperti karyawan, supplier, perbankan, pemegang saham, dan juga masyarakat luas. Semua hal tersebut merupakan kumpulan komponen yang berperan dalam keberhasilan suatu kebijakan yang telah dibuat.

3. Antisipasi adanya perubahan

Manajemen strategi membuat para eksekutif dapat mengantisipasi jika sewaktu-waktu adanya sebuah perubahan sekaligus mempersiapkan pedoman sebagai upaya pengendalian. Tujuannya adalah agar kerangka berpikir menjadi lebih luas secara perspektif.

  Pengertian Sumber Daya Manusia: Kemampuan Individu Untuk Menghasilkan Yg Bernilai

4. Efektivitas dan efisiensi

Tanggung jawab manajemen strategi adalah tidak hanya konsentrasi pada kemampuan diatas, melainkan kepentingan efisiensi juga harus diperhatikan dengan serius sehingga sumber daya dapat bekerja keras dan bekerja secara efektif.

Manfaat manajemen strategi

Adanya manajemen strategi sangat dibutuhkan dalam berbagai macam kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan baik. berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari adanya manajemen strategi antara lain:

  1. Dapat menghasilkan sebuah keputusan paling baik untuk organisasi.
  2. Membantu meningkatkan kemampuan dalam organisasi untuk menghadapi berbagai macam rintangan masalah dan tantangan.
  3. Meningkatkan motivasi kerja pada pegawai.
  4. Sebuah organisasi akan menjadi lebih baik dan peka dengan adanya ancaman dari luar.
  5. Mencegah munculnya berbagai macam masalah dari dalam atau luar organisasi.
  6. Proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien.
  7. Membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan adanya perubahan.
  8. Organisasi menjadi lebih profitable daripada organisasi yang belum menerapkan manajemen strategi.

Tahapan manajemen strategi

Dasar dasar melakukan bisnis memang cenderung diabaikan oleh pebisnis pemula terutama dalam skala kecil dan memulai bisnisnya tanpa ada rencana, bahkan telah menetapkan sasaran, namun tidak membuat sebuah strategi.

Dalam dunia usaha apalagi usaha bisnis komersial, menyusun manajemen strategi justru sangat dibutuhkan. Berikut adalah tahapan dalam manajemen strategi antara lain:

1. Perumusan

Langkah pertama dalam menyusun manajemen strategi adalah merumuskan strategi. Pada tahap ini merupakan tahap bagi organisasi untuk mengembangkan visi dan misi. Salah satunya dapat menggunakan metode analisis SWOT untuk menganalisis kekurang, kelebihan, peluang, dan ancaman yang akan dihadapi. Selanjutnya menetapkan tujuan untuk jangka panjang dari organisasi, dan menentukan beberapa strategi alternatif yang lain.

2. Penerapan

Tahap yang kedua adalah menerapkan strategi. Setelah menetapkan sebuah strategi, selanjutnya adalah menerapkan atau mengimplementasikannya. Contohnya membuat struktur organisasi, membuat kebijakan, mendistribusi sumber daya, pengolahan sumber daya, melakukan usaha pemasaran, dan lain sebagainya.

  Pengertian Pendidikan Nonformal

3. Evaluasi

Evaluasi sangat diperlukan karena lingkungan terus menerus melakukan perubahan seiring dengan terus berjalanya waktu. Tujuan evaluasi adalah untuk melihat dan mengetahui faktor-faktor yang baik secara internal dan eksternal. Evaluasi terdiri dari 3 kegiatan antara lain:

  1. Mengkaji ulang faktor internal dan eksternal rumus strategi yang telah dilaksanakan.
  2. Mengukur kinerja.
  3. Upaya perbaikan akan adanya kekurangan sebelumnya demi mendapat keberhasilan diwaktu yang akan datang.

Menyusun strategi yang efektif

Setelah memahami pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, dan tahapan manajemen strategi, lalu bagaimana dengan cara menyusun strategi organisasi yang baik. berikut adalah contoh cara menyusun strategi dalam dunia bisnis yang baik dan efektif antara lain:

  1. Kritis. Orang yang cenderung berpikir kritis cenderung lebih mudah mengetahui masalah yang ada.
  2. Kreatif. Dalam bisnis tentu dituntut untuk berpikir kreatif dan menyajikan hal berbeda pada customer.
  3. Berani mengambil resiko. Dalam bisnis sangat dibutuhkan orang-orang yang berani untuk mengambil sebuah resiko.
  4. Open minded. Orang yang open minded cenderung mudah bangkit dari kritikan orang lain.
  5. Orisinil. Orisinil berarti khas atau tidak menjiplak karya orang lain.

***

Demikianlah penjelasan tentang pengertian manajemen strategi dan faktor pendukungnya yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang ilmu manajemen dan ekonomi.

artikel terkait:

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen Operasional