Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia: Tujuan Dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen sumber daya manusia sebagaimana yang kita ketahui selama ini adalah suatu bagian dari ilmu yang mempelajari manusia, belajar mengembangkan berbagai macam sumber daya yang bisa diolah dari seorang manusia. Supaya lebih jelas lagi pengertian manajemen sumber daya manusia, tujuan dan fungsi manajemen sumber daya manusia akan diuraikan pada pembahasan berikut.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia atau yang biasa disingkat menjadi MSDM merupakan suatu ilmu atau cara untuk mengatur peranan dari sumber daya manusia dan menciptakan hubungan kerja sama yang baik antar tenaga kerja sehingga nantinya berkat jalinan kerja sama yang bagus tersebut bisa membuat goal dari perusahaan dapat terwujud dengan efektif, efisien dan optimal.

Manajemen sumber daya manusia juga bisa dikaitkan dengan suatu rancangan serta pengimplementasian dari sistem perencanaan, penyusunan tenaga kerja yang ada di sebuah perusahaan, pengaturan dan pengembangan karir karyawan, evaluasi kerja dari masing-masing tenaga kerja, kompensasi yang dibagikan ke karyawan serta hubungan kerja sama yang baik antar karyawan.

Konsep Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia

Agar tujuan bersama dari perusahaan, karyawan dan masyarakat bisa tercapai dengan maksimal manajemen sumber daya manusia harus berpedoman pada suatu konsep bahwa manusia bukanlah robot. Karyawan atau tenaga yang dipekerjakan di sebuah perusahaan bukan mesin dan perusahaan tidak memiliki hak untuk menjadikan tenaga kerja tersebut mesin uang atau sumber bisnis.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa tujuan diantaranya:

  • Membuat semua kebijakan

Departemen sumber daya manusia wajib membantu kebijakan memotivasi tiap-tiap karyawannya.

  • Membantu perusahaan mewujudkan tujuannya
  Pengertian Pendidikan Formal: Jenis, Tujuan dan Contohnya

Departemen sumber daya manusia juga bertanggung jawab terhadap segala kebijakan yang dibuat dan diterapkan dan dampaknya terhadap para pekerjanya juga harus diperhatikan.

  • Memberikan dukungan

Manajemen sumber daya manusia harus terus mendukung perusahaan, contohnya dengan merekrut karyawan yang potensial dan berupaya semaksimal mungkin memberikan situasi yang aman dan terkendali di dalam perusahaan.

  • Mengatasi persoalan

Manajemen sumber daya wajib membantu mengatasi semua masalah di dalam perusahaan.

  • Sebagai sarana paling baik untuk berkomunikasi

Manajemen sumber daya manusia harus bisa menjadi sarana komunikasi yang paling baik antara karyawan dengan perusahaan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada beberapa fungsi dari manajemen sumber daya manusia yaitu:

  1. Menyaring tenaga kerja (fungsi staffing). Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tentu saja calon karyawannya harus mempunyai keahlian.
  2. Mengevaluasi kinerja karyawan (fungsi performance evaluation). Para karyawan harus dievaluasi kinerjanya melalui proses manajemen sumber daya manusia.
  3. Memberikan kompensasi kerja (fungsi compensation). Kompensasi kerja memang harus diberikan namun yang sesuai dengan apa yang sudah diberikan oleh karyawan.
  4. Memberikan pelatihan (fungsi training and development). Pelatihan dan pengarahan diberikan oleh manajemen sumber daya manusia kepada setiap karyawan
  5. Menganalisa persoalan (fungsi personnel research). Setiap perilaku karyawan dianalisa, dicari penyebabnya dan diatasi masalahnya.
  6. Mengatur hubungan antar karyawan (fungsi relations). Manajemen sumber daya manusia harus bisa mengatur hubungan antar karyawan dengan baik agar tidak terjadi gesekan.
  7. Mengatur keselamatan dan keselamatan kerja karyawan (fungsi safety and health). Keselamatan dan kesehatan para karyawan harus diperhatikan oleh manajemen sumber daya manusia.

Sasaran Dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada empat buah sasaran yang dimiliki oleh manajemen sumber daya manusia:

  Pengertian Manajemen Strategi

1. Sasaran perusahaan

Bagian sumber daya manusia memang dibuat untuk membantu perusahaan mencapai sasaran atau tujuannya.

2. Sasaran perseorangan

Bagian sumber daya manusia sengaja dibuat untuk menolong semua karyawan mewujudkan sasaran dan keinginan mereka.

3. Sasaran sosial

Yang dimaksud dengan sasaran sosial di sini adalah hubungan sosial antara manajemen perusahaan dengan karyawan yang tergabung dalam serikat pekerja, hubungan sosial perusahaan dengan masyarakat.

4. Sasaran fungsional

Bagian sumber daya manusia sebisa mungkin mempertahankan kontribusinya di dalam perusahaan, contohnya dalam hal penempatan dan pengangkatan pegawai.

Contoh Aktivitas Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam melaksanakan fungsi-fungsinya manajemen ada dua jenis aktivitas yang dilakukan sumber daya manusia:

1. Aktivitas kunci

Aktivitas kunci dari manajemen sumber daya manusia ada di bagian sumber daya manusianya .

2. Aktivitas manajemen

Setiap aktifitas manajemen ada yang menjadi penanggung jawabnya, yakni tiap-tiap manajer atau tiap-tiap kepala divisi.

Beberapa Model Dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia mempunyai enam macam model antara lain:

1. Model hukum

Sumber daya manusia dalam pelaksanaanya harus ada landasan hukumnya, misalnya negosiasi kontrak kerja dan hubungan perburuhan.

2. Model manajerial

Manajer sumber daya manusia mempraktekkan fungsi manajemen sumber daya manusia dan mengerti akan kerangka kerjanya

3. Model ilmu perilaku

Dasar kegiatan dari sumber daya manusia adalah berbagai macam ilmu yang berkaitan dengan perilaku.

4. Model klerikal

Bagian sumber daya manusia melaksanakan tugasnya seperti membuat aturan, menjalankan tugas kepegawaian dan menangani kertas kerja.

5. Model finansial

Hal-hal yang berhubungan dengan keuangan seperti pensiun, beban asuransi dan lain-lain menjadi tugas dari manajer sumber daya manusia.

6. Model humanistis

Potensi terbaik dari karyawan dibantu dikeluarkan oleh bagian sumber daya manusianya sehingga karyawan tersebut bisa bekerja secara optimal, karirnya bisa berkembang dengan baik, semakin maju.

  Pengertian Manajemen Pendidikan

Beberapa Cara Untuk Membuat Betah Seorang Karyawan Perusahaan

Jika suatu ketika sebuah perusahaan bisa mendapatkan seorang tenaga kerja yang handal, karyawan di bidang manajerial yang mumpuni baik yang sudah memiliki pengalaman maupun belum (masih trainee) maka merupakan suatu keberuntungan bagi perusahaan yang bersangkutan.

Sekarang yang harus dipikirkan oleh perusahaan adalah bagaimana menjaga dengan sebaik mungkin karyawan di bagian manajerial yang hebat tersebut agar betah bekerja. Gaji yang besar bukanlah satu-satunya yang menjadi alasan untuk loyal pada perusahaan.

Lalu bagaimanakah caranya membuat karyawan terlebih yang sudah berada di level manajerial betah bekerja jika gaji yang besar, jabatan yang tinggi, fasilitas lengkap dan jabatan yang bagus ternyata tidak bisa dijadikan jaminan ?

Upayanya dimulai pada saat karyawan yang bersangkutan diterima bekerja, ini ditujukan terutama bagi pegawai baru yang tipenya tidak betah berlama-lama di depan meja, merupakan tipe pekerja yang penuh dengan inisiatif dan sangat aktif.

Di bulan-bulan pertama bekerja, diperkenalkan dengan baik dan spesifik pada lingkungan kerjanya serta tugas-tugas yang akan dikerjakan. Selain itu yang tidak kalah penting adalah pekerja baru tersebut juga harus mengenal budaya perusahaan. Perilaku tenaga kerjanya harus mencerminkan nilai-nilai yang diterapkan di perusahaan yang bersangkutan.

Libatkanlah pegawai baru tadi di masalah-masalah yang ada di dalam perusahaan karena akan menjadi ajang yang sangat baik untuk dirinya mengeluarkan pendapat sebagai salah satu cara untuk mengatasi segala persoalan yang ada.

***

Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian manajemen sumber daya manusia yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga informasi ini bisa menjadi sumber referensi dan pengetahuan yang akan menambah wawasan anda.

artikel terkait:

  Pengertian Pendidikan Nonformal

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen Operasional

Pengertian Manajemen Strategi