Pengertian Negara: Unsur, Fungsi, Tujuan Dan Bentuknya

Pengertian Negara; Unsur, Fungsi, Tujuan Dan Bentuk Negara. Berbicara tentang negara mungkin terdengar sederhana, namun siapa sangka bahwa didalam suatu negara tersebut terdapat banyak sekali aspek yang penting dan saling berkaitan. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Negara

Pengertian negara dan definisinya
Pengertian negara

Pada dasarnya negara memiliki pengertian yang sangat luas dan banyak. Bahkan beberapa ahlipun juga memiliki pandangan yang berbeda mengenai definisi atau pengertian dari negara ini. Namun secara garis besarnya, negara merupakan suatu daerah atau wilayah yang mana memiliki kedaulatannya sendiri sehingga berhak untuk melindungi segala hal yang menjadi miliknya.

Negara ini umumnya dipimpin oleh kepala negara serta wakil kemudian terdapat pula pejabat – pejabat yang telah diberikan wewenang oleh negara tersebut sehingga mereka memiliki hak untuk mengatur rakyat agar mematuhi segala peraturan dan undang – undang yang telah ditetapkan.

Unsur – unsur Negara

Sesuai dengan pengertian negara yang sudah dideskripsikan diatas, bisa dikatakan bahwa suatu negara memang terdiri dari banyak unsur yang memiliki peran atau fungsinya masing – masing, memiliki hak dan kewajiban yang berbeda namun tetap saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Berikut ini adalah unsur – unsur negara yang perlu anda ketahui.

1. Wilayah

Wilayah merupakan unsur penting dalam suatu negara. Umumnya sebuah negara memiliki wilayah atau area yang ditempati. Wilayah ini memiliki batas teritorial dan menjadi hak negara tersebut sehingga berhak untuk dilindungi. Dan wilayah ini terbagi ke dalam tiga bagian yaitu darat, laut dan juga udara.

Pengertian negara dan unsurnya
Pengertian negara

2. Rakyat

Rakyat juga menjadi unsur negara yang cukup penting. Rakyat atau penduduk ini merupakan orang – orang yang mendiami wilayah dalam suatu wilayah dalam sebuah negara serta menetap di dalamnya.

  Pengertian Pendidikan Informal

3. Pemerintah

Pemerintah adalah lembaga yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam negara. Pemerintah berhak membuat peraturan atau undang – undang dan membentuk segala hal yang berkaitan dengan jalannya pemerintahan atau negara tersebut.

4. Pengakuan Kemerdekaan Oleh Negara Lain

Suatu negara wajib memiliki kemerdekaan yang diakui oleh negara lain. Hal ini sangatlah penting agar dapat mencegah suatu ancaman seperti penjajahan atau campur tangan negara lain dalam negara tersebut.

Biasanya negara yang sudah diakui kemerdekaannya akan menjalin hubungan kerjasama dengan negara lain dalam berbagai aspek. Sehingga dari hasil kerjasama inilah nantinya akan terjalin hubungan yang baik dengan negara – negara lain tersebut.

Fungsi Negara

Suatu negara ternyata dibentuk karena memiliki fungsi. Beberapa fungsi negara adalah sebagai berikut.

1. Mewujudkan Kemakmuran dan Kesejahteraan

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa didalam suatu negara terdapat pemerintah yang mengatur dan menjalankan negara tersebut. Salah satu hal yang dilakukan atau diupayakan oleh pemerintah adalah mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Sebenarnya ada banyak hal yang harus dilakukan agar rakyat makmur dan sejahtera. Namun dua faktor yang cukup penting untuk diwujudkan adalah kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dalam hal ekonomi dan sosial.

Pengertian negara dan tujuannya
Pengertian negara

2. Menegakkan Keadilan

Keadilan juga merupakan hal yang wajib diciptakan dalam suatu negara. Keadilan ini diwujudkan untuk rakyat agar rakyat merasa aman dan sejahtera. Keadilan harus diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Untuk menegakkan keadilan ini umumnya dibentuk suatu undang – undang peradilan. Sehingga akan semakin mudah untuk menegakkan keadilan tersebut.

3. Menciptakan Keamanan dan Ketertiban

Didalam suatu negara tentunya wajib menjaga keamanan dan ketertiban agar dalam kehidupan bermasyarakat dapat berjalan dengan selaras dan baik. Dalam hal ini tentunya negara wajib membentuk pihak – pihak tertentu yang diberikan wewenang khusus untuk membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban tersebut.

  Pengertian Hukum Tata Negara

4. Membentuk Pertahanan Negara

Agar kehidupan dalam bermasyarakat dapat berjalan dengan baik dan aman, maka pertahanan negara perlu diciptakan. Pertahanan negara perlu dibentuk untuk melindungi negara dari berbagai ancaman yang dapat mengancaman kelangsungan hidup rakyat dan negara tersebut.

Tujuan Negara

Dari fungsi – fungsi negara yang sudah disebutkan diatas, negara memang dibentuk dengan tujuan tertentu. Dan setiap negara tentunya memiliki tujuan atau visi misi yang berbeda. Namun secara keseluruhan tujuan dibentuknya suatu negara adalah agar dapat menciptakan kehidupan yang aman, damai, tentram, makmur dan sejahtera. Hal ini diwujudkan dengan beberapa cara seperti yang telah disebutkan dalam fungsi negara tersebut.

Namun bagi negara Indonesia sendiri, sesuai dengan Undang – undang Dasar 45, negara dibentuk untuk beberapa tujuan yaitu :

1. Melindungi Seluruh Negara Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dimana memiliki banyak pulau, daerah dan rakyat yang sangat banyak. Agar seluruh masyarakat dapat hidup dengan aman dan damai, maka negara Indonesia memiliki tujuan untuk selalu melindungi seluruh negara Indonesia dari segala masalah yang dapat mengancam persatuan, keadilan dan keselamatan bangsa Indonesia.

2. Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Umum

Karena negara Indonesia merupakan negara kepulauan, maka secara otomatis memiliki memiliki banyak masyarakat yang terdiri dari beragam suku, agama dan juga ras. Dalam hal ini negara Indonesia wajib mewujudkan kesejahteraan masyarakat umum tanpa membeda – bedakan antara satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, kesejahteraan harus diwujudkan secara adil.

Pengertian negara dan fungsinya
Pengertian negara

3. Menciptakan Kehidupan Bangsa yang Cerdas

Dalam pembukaan UUD 45 terdapat kalimat yang berbunyi “ mencerdaskan kehidupan bangsa “. Hal ini bermaksud bahwa negara Indonesia akan mewujudkan masyarakat dan generasi negara yang cerdas. Dengan begitu akan membantu memajukan negara di masa depan. Hal ini diwujudkan dengan adanya anjuran pemerintah Indonesia yang mewajibkan belajar 9 tahun. Dengan generasi muda yang cerdas, maka masa depan bangsa Indonesia juga akan lebih baik.

  Pengertian Pluralisme: Definisi, Manfaat dan Contoh Pluralisme

4. Berpartisipasi Dalam Menciptakan Ketertiban Dunia

Ketertiban tak hanya diwujudkan dalam sebuah negara saja. Hal ini karena dunia terdiri dari banyak sekali negara yang memiliki peraturannya masing – masing. Sehingga Indonesia memiliki tujuan untuk membantu menciptakan ketertiban dunia agar kebahagiaan dan keamanan dunia dapat tercipta.

Bentuk – bentuk Negara

Negara – negara yang ada di negara ini terdiri dari berbagai bentuk. Baik kesatuan, serikat maupun kerajaan. Namun bentuk negara yang sering dan cukup banyak digunakan oleh negara – negara di belahan dunia adalah :

1. Negara Kesatuan

Negara Kesatuan merupakan sebuah negara dimana didalam negara ini terdapat sistem pemerintahan yang memiliki tugas dan fungsinya masing – masing. Namun pemerintah pusatlah yang memiliki atau memegang wewenang dan kekuasaan tertinggi.

Pengertian negara dan bentuknya
Pengertian negara

Banyak sekali negara yang menganut negara kesatuan ini seperti Indonesia, Filipina, Jepang, Belanda, Italia dan masih banyak lagi.

2. Negara Serikat

Sedangkan Negara Serikat merupakan sebuah negara dimana didalamnya terdapat dua negara bagian yaitu :

  • Federal

Merupakan pemerintahan yang mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan kepentingan bersama dengan negara bagian. Misalkan saja mengenai pertahanan, mata uang dan lain – lain.

  • Negara Bagian

Merupakan pemerintahan yang termasuk kedalam negara federal di atas dan merupakan wilayah administratif dari negara federal itu sendiri.

Negara – negara yang menganut negara serikat diantaranya Amerika, Austria, Argentina, Brasil dan masih banyak lagi.

***

Demikian info singkat tentang pengertian negara beserta unsur, fungsi dan tujuannya yang bisa menjadi referensi bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terimakasih!