Pengertian Sosial Media

Pengertian Sosial Media, fungsi, tujuan dan jenis sosial media. Pada era teknologi seperti sekarang ini, ada  banyak sekali bermunculan berbagai macam hal yang berbau modern dan serba canggih. Salah satu contohnya adalah segala macam sudah menggunakan media online. Dengan penggunaan media online ini tentu saja akan banyak sekali memberikan berbagai macam kemudahan bagi setiap orang dalam melakukan berbagai macam hal.

Salah satu bentuk dari kecanggihan ini dengan munculnya berbagai macam sosial media. Apa itu media sosial? Dan apa saja manfaatnya bagi kehidupan sehari – hari? Pada kesempatan kali ini. Artikel ini akan mengajak para pembaca untuk memahami lebih dekat mengenai pengertian sosial media, fungsi dan tujuan sosial media dan jenis sosial media.

Pengertian media sosial

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa beberapa tahun terakhir ini ada banyak sekali bermunculan sosial media yang baru. Namun apakah anda tahu mengenai arti dari kata sosial media itu? Sosial media adalah sebuah media yang bekerja secara online yang nama memungkinkan para penggunanya bisa melakukan berbagai macam hal dengan sangat mudah misalnya  saja bisa berpartisipasi, berbagi, menjalin jejaring sosial, Wiki, mengadakan forum, dunia virtual dan sebagainya.

Sejarah Sosial Media

Selain mengetahui mengenai pengertian sosial media, ada baiknya juga mengetahui mengenai sejarah dari media sosial. Sosial media awalnya terbentuk sekitar tahun 1978 yang mana berasal dari sebuah penemuan sistem papan buletin yang ditemukan oleh Ward Chirtebsen dan Randy Suess yang mana keduanya merupakan pencinta komputer. Pada awalnya sistem papan buletin ini mempunyai fungsi untuk mengunggah dan juga mengunduh serta berkomunikasi dengan menggunakan surat elektronik yang mana harus di hubungkan oleh koneksi jaringan internet.

  Pengertian Hukum Islam

Pada tahun 1995, muncul sebuah situs bernama Fei Cites yang mana menjadi tonggak dari berdirinya berbagai website lainnya. Situs in melayani transfer energi hosting misalnya saja penyewaan penyimpanan data – data supaya  bisa diakses dimana pun dan kapanpun.

Pada tahun 1997, muncul jaringan sosial bernama Sixdegree.com. Pada.tahun 1999 munculah situs blog yang mana memungkinkan penggunanya untuk bisa menulis blog pribadi. Tahun 2002 berdiri jejaring bernama Friendster dan disusul dengan kemunculan LInked pada tahun 2003. Di tahun yang sama muncul MySpace.

Pada tahun berikutnya, muncul sebuah situs jejaring sosial yang bernama facebook dan dua tahun berikutnya muncul twitter. Pada tahun 2011 muncul jejaring  sosial bernama google+ yang nama hanya sebatas pada orang yang memang telah diinvite oleh google. Hingga saat ini muncul berbagai macam sosial media lainny misalnya saja instagram, path, dan sebagainya.

Ciri Ciri Sosial Media

Selain mengetahui mengenai sejarahnya, perlu diketahui bahwa sosia media mempunyai beberapa ciri – ciri khusus yaitu sebagai berikut ini :

Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun anda bisa mengatur sendiri kepada siapa saja pesan akan disampaikan bahkan anda bisa menyampaikan pesan pada suatu kelompok tertentu

Pengiriman pesan sangat cepat jika dibandingkan dengan menggunakan media lainnya. Pada dasar media sosial menjadi salah satu alat yang sangat instan. Sehingga pesan yang ingin anda sampaikan akan mudah dan cepat sampai ke tujuan

Jenis sosial media

Pada dasarnya, ada banyak sekali berbagai macam jenis sosial media yang berkembang pada saat ini. Anda bisa menggunakan berbagai macam media sosial ini untuk beberapa kepentingan dalam kehidupan sehari – hari. Ada beberapa jenis sosial media yang bisa anda gunakan yaitu sebagai berikut ini :

  • Facebook. Facebook adalah sebuah aplikasi yang mana berupa akun yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai macam orang di seluruh dunia. Aplikasi  ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa membuat penggunanya bisa mengunggah  foto maupun video dan juga melakukan pesan wall to wall.
  • Blog. Blog memang sudah ada sejak zaman dahulu. Belakang ini blog banyak digunakan kembali oleh khayalak ramai. Dengan blog anda bisa menulis berbagai macam cerita atau informasi yang akan bisa di share dan dibaca oleh semua orang. Anda juga bisa menambahkan gambar atau video di dalamnya
  • YouTube. Siapa sih yang tidak kenal YouTube era sekarang ini? Youtube sudah menjadi makanan sehari – hari bagi sebagian besar orang. Youtube adalah salah satu tempat orang untuk bisa melihat berbagai macam video yang mana sedang viral pada saat ini. Banyak orang juga yang memanfaatkan YouTube sebagai salah satu sumber pemghasilannya yaitu dengan menjadi youtuber dengan membuat berbagai konten video menarik.
  • Instagram. Aplikasi satu ini memang sedang booming pada saat ini. Instagram adalah salah satu jenis sosial yang mana para penggunanya bisa meng-upload foto maupun video mereka sehingga bisa dilihat oleh banyak orang sesama pengguna Instagram. Bisa dibilang instagram adalah album foto digital. Hampir sebagian besar orang sudah mempunyai akun Instagram pastinya
  • WhatsApp. Jika pada zaman dahulu hanya bisa berkirim pesan melalui SMS saja, saat ini anda sudah bisa mengirim pesan melalui whatshapp. Aplikasi satu ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa chatting, mengirim video, mengirim dokumen, foto dan sebagainya dengan sangat cepat. Setiap smartphone android pasti sudah dilengkapi dengan WhatsApp dan juga bisa diunduh di playstore.
  • BBM. Aplikasi BBM memang menjadi salah satu aplikasi yang sangat terkenal masa kemunculan smartphone blackberry . BBM adalah sebuah fitur perpesanan yang mana antara penggunaan bisa melakukan chat. Untuk bisa chatting, antar penggunanya harus terhubung melalui PIN. Selain itu, aplikasi.ini bisa digunakan untuk mengirim gambar juga. Seiring perkembangan zaman, BBM tidak hanya bisa digunakan pada blackberry saja melainkan sudah bisa digunakan pada berbagai macam smartphone android
  • Twitter. Selain Facebook ada yang namanya twitter. Twitter adalah salah satu aplikasi yang hampir sama dengan Facebook dimana penggunanya bisa berkirim pesan atau bertukar informasi. Namun, jika anda ingin bertukar informasi atau membalas pesan menggunakan Twitter anda harus menyisipkan tag kepada alamat yang dituju.
  Pengertian Manajemen Produksi: Ruang Lingkup, Fungsi Dan Aspeknya

Fungsi dan Tujuan Sosial Media

Pada dasarnya sosial media mempunyai peranan yang sangat penting di masyarakat. Sosial media sudah banyak digunakan pada beberapa hal salah satunya adalah digunakan dalam bisnis online. Pengguna sosial media yang aktif setiap hari  bisa mencapai ratusan juta. Tempat inilah yang dijadikan sebagai sarana untuk promosi produk yang lebih bermanfaat dan tepat.

Tidak hanya untuk bisnis saja, sosial media juga sudah banyak digunakan sebagai salah satu tempat untuk pertemanan. Anda bisa menjalin pertemanan dengan semua orang di dunia melalui sosial media. Selain itu, sosial media juga dijadikan sebagai salah satu tempat untuk bertukar informasi antara satu dengan yang lain.

***

Cukup jelas bukan penjelasan mengenai pengertian sosial media, fungsi dan tujuan sosial media dan jenis sosial media ? Semoga setelah membaca artikel di atas bisa menambah wawasan anda mengenai sosial media dan bermanfaat bagi kehidupan anda.