Pengertian Sumber Daya Alam: Bahan Alam Untuk Keberlangsungan Hidup Manusia

Pengertian Sumber Daya Alam dan penjelasan tentang Jenis, Manfaat dan Contoh Sumber Daya Alam. Aktivitas kita setiap harinya tidak luput dari penggunaan atau pemanfaatan sumber daya alam yang ada. Sumber daya alam tersebut tersedia dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan dan papan.

Alam menyediakan sumber daya alam yang melimpah yang tentunya semakin tahun jumlah sumber daya alam yang dibutuhkan semakin meningkat. Semakin meningkat kebutuhan akan sumber daya alam, semakin menurun jumlah sumber daya alam setiap tahunnya khususnya untuk jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sejalan dengan kebutuhan tersebut, ada satu hal yang harus selalu disadari dan dilakukan, yaitu menjaga sumber daya alam sebaik-baiknya dan menggunakannya secara bijak. Lalu, apa sebenarnya pengertian sumber daya alam itu? apa saja jenis, manfaat, serta contoh sumber daya alam tersebut?

Pengertian sumber daya alam

Sumber daya alam juga biasa disingkat dengan SDA.  Ini adalah semua bahan yang tersedia di alam dan dapat digunakan atau dimanfaatkan demi keberlangsungan hidup manusia di dunia. Secara garis besar, SDA diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kedua jenis sumber daya alam tersebut sama-sama memiliki manfaat untuk kehidupan manusia dan seyogyanya dimanfaatkan secara bijak untuk generasi mendatang.

defisini sumber alam
pengertian sumber daya alam

Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

1. Menurut Isard (1972)

Menurut Isard pengertian sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.

2. Menurut Katili (1983)

Katili berpendapat bahwa pengertian sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.

  Pengertian Firma: Sifat, Ciri-ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

3. Menurut Ireland (1974)

Arti sumber daya alam menurut pendapat Ireland adalah suatu keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

4. Menurut Chapman (1969)

Pengertian sumber daya alam menurut Chapman adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya, dimana terdapat 3 definisi sumber daya alam yakni persediaan total (total stock), sumber daya (resources) dan cadangan (reserve).

5. Menurut Suryanegara (1977)

Pengertian SDA menurut Suryanegaraa (1977) adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

6. Menurut Undang-Undang

Pengertian sumber daya alam menurut Undang-Undang No. 4 Tahun 1982 Pasal (5) menyebutkan bahwa sumber daya alam adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati dan sumber daya buatan.

Jenis-jenis sumber daya alam

jenis sda
pengertian sumber daya alam

Jenis-jenis sumber daya alam diklasifikasi menurut karakternya masing-masing. Klasifikasi sumber daya alam tersebut antara lain adalah:

1. Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak pernah dan tidak mudah habis. Biasanya, cara untuk mendapatkan sumber daya ini cukup mudah. Contohnya adalah tumbuh-tumbuhan, hewan, udara, sinar matahari, air, dan juga mikroorganisme yang lain yang berguna dalam rantai makanan ekosistem.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang kuantitas atau jumlahnya terbatas. Cara mendapatkannya perlu pengorbanan dan jika dimanfaatkan terus menerus akan habis dan kemungkinan besar generasi selanjutnya tidak mendapatkannya kembali tanpa penggunaan yang bijak dari pihak pengguna saat ini. Ini dikarenakan diperlukan waktu yang cukup lama untuk pembentukan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tersebut. Adapun jenis bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui adalah seperti bahan-bahan galian maupun barang tambang yang memang secara harga cukup mahal. Sebut saja emas, minyak tanah, minyak bumi, batu bara, dan sebagainya.
  Pengertian Agribisnis

2. Berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam hayati atau sumber daya alam biotic dan sumber daya alam non-hayati atau sumber daya alam abiotik.

  1. Sumber daya alam biotik adalah sumber daya alam yang komponen penyusunnya adalah makhluk hidup contohnya adalah tumbuh-tumbuhan dan hewan. Adapun sumber daya alam  biotik diklasifikasikan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang sumbernya berasal dari hewan seperti daging, ikan, dan juga telur. Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang asalnya dari tumbuhan. Sumber daya alam ini dalam rantai makanan berfungsi sebagai produsen yang mampu memproduksi makanannya sendiri. Contohnya saja buah-buahan yang setiap hari kita konsumsi.
  2. Sumber daya alam abiotik atau non hayati yaitu sumber daya alam yang terdiri dari benda mati yang bermanfaat bagi manusia yaitu seperti udara, sinar matahari, air, tanah dan juga hasil tambang yang langka dan harganya cukup mahal.

3. Berdasarkan cara pembentukannya

Berdasarkan cara pembentukannya, sumber daya alam dibagi menjadi empat, yaitu:

a. Sumber daya alam energi

Sumber daya alam energi adalah sumber daya alam yang mampu memproduksi energi dan bisa digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Contohnya adalah batu bara, minyak bumi, gas bumi, air, sinar matahari dan juga udara.

b. Sumber daya alam ruang

Sumber daya alam ruang adalah sumber daya alam yang berbentuk tempat, wilayah, ruang yang bisa digunakan untuk keberlangsungan hidup manusia. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sumber daya alam ruang yaitu  dilihat dari segi topografinya, astronomisnya, dan juga relief seperti halnya lembah dan gunung.

c. Sumber daya waktu

Sumber daya waktu sangat bergantung pada musim dan juga waktu. Contohnya adalah saat musim penghujan air sangat mudah ditemukan, sedangkan saat musim kemarau, jumlah air cukup langka.

  Pengertian Distribusi: Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

4. Berdasarkan nilai ekonomis dan daya pakai

Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomis dan daya pakainya dikategorikan menjadi dua, yaitu sumber daya alam ekonomis yang untuk mendapatkannya perlu tenaga dan biaya. Contohnya adalah minyak bumi, perak, emas, timah dan juga batu bara.

Sedangkan untuk tipe yang kedua adalah sumber daya alam non ekonomis yang bisa diperoleh secara gratis dan tidak perlu pengorbanan, yaitu udara, air dan juga matahari.

5. Berdasarkan lokasi sumber daya alam

Berdasarkan lokasi sumber daya alamnya, SDA dikategorikan menjadi dua macam, yaitu sumber daya alam akuatik yang sumbernya adalah berasal dari daerah perairan. Contohnya saja adalah udang, kepiting, terumbu karang, rumput laut dan masih banyak lagi.

Sedangkan yang kedua adalah sumber daya alam terestrial yang hanya ditemukan pada daerah-daerah seperti daratan. Contohnya adalah bahan tambang, hasil yang diperoleh dari hutan, dan masih banyak lagi.

Manfaat sumber daya alam

alam

Manfaat sumber daya alam diantaranya adalah:

  1. Sebagai sumber bahan pangan seperti kedelai untuk membuat tempe, kecap dan juga tahu. Gandum digunakan sebagai bahan dasar terigu, buah-buahan untuk dikonsumsi sehari-hari untuk memenuhi nutrisi tubuh.
  2. Sebagai bahan sandang contohnya adalah serat kapas yang digunakan untuk  bahan dasar kain katun, serat bulu domba yang dimanfaatkan untuk bahan dasar kain wol, dan serat kepompong yang dipakai untuk membuat kain sutra.
  3. Dimanfaatkan untuk perlengkapan rumah tangga seperti kayu jati dan juga rotan yang banyak digunakan untuk kerangka tempat tidur, lemari, kursi, dan juga meja. Perabot rumah tangga menggunakan kayu sengon.
  4. Dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional seperti halnya buah mengkudu yang dipakai untuk menurunkan kadar darah tinggi;  lidah buaya sebagai bahan dasar shampo; rumput laut yang digunakan untuk bahan dasar kosmetik.
  5. Dimanfaatkan untuk bahan bakar, contohnya adalah penggunaan tanah liat untuk bahan dasar genting dan batu bata. Pasir yang dimanfaatkan untuk bahan batako dan juga bangunan rumah, dan masih banyak lagi.
  Pengertian Sumber Daya Manusia: Kemampuan Individu Untuk Menghasilkan Yg Bernilai

Contoh sumber daya alam

Contoh sumber daya alam diantaranya adalah:

  • Sumber daya alam hayati seperti tumbuhan dan hewan
  • Sumber daya alam nabati seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Sumber daya alam yang bisa diperbaharui seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, emas, pasir, dan sebagainya.

***

Demikianlah penjelasan tentang pengertian sumber daya alam yang bisa kamu pelajari pada artikel kali ini. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi pedoman dan bahan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing.