Pengertian Sumber Daya Manusia: Kemampuan Individu Untuk Menghasilkan Yg Bernilai

Pengertian Sumber Daya Manusia, Jenis, Manfaat dan Contoh Sumber Daya Manusia. Sumber daya adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam menunjang sebuah kehidupan, baik itu sumber daya alam ataupun juga sumber daya manusia.

Adapun sebuah kajian dari setiap sumber daya mencakup beberapa aspek penting yang harus diketahui, seperti halnya pada sumber daya manusia. Akan pentingnya hal tersebut, ada baiknya anda mengetahui berbagai hal mengenai sumber daya alam terutama pada sumber daya alam manusia yang menjadi faktor paling penting dalam sebuah kegiatan khususnya kegiatan ekonomi.

Pengertian Sumber Daya Manusia

Ada banyak sekali pengertian sumber daya manusia yang di kemukakan oleh para ahli dan yang terdapat dalam kamus. Semuanya menitik beratkan pada peranan manusia itu sendiri dalam suatu perkembangan, pembangunan, maupun proses yang dilakukan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Pengertian Sumber daya manusia secara umum adalah sebuah proses kerja dari individu yang menghasilkan sesuatu yang berguna dan mampu menjadi penggerak dalam sebuah institusi ataupun perusahaan.

definisi sumber daya manusia
pengertian sumber daya manusia

Sumber daya manusia secara umum terdiri dari dua cakupan, yaitu sumber daya manusia makro yang meliputi jumlah penduduk usia produktif dalam sebuah wilayah dan sumber daya manusia mikro yang merupakan individu yang melakukan prose kerja pada sebuah institusi ataupun juga perusahaan. Melihat hal tersebut, maka sumber daya manusia menjadi faktor yang paling penting dalam mencapai sebuah tujuan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Fungsi dari sumber daya manusia tentunya sangat penting karena mampu menjadi kontrol atas sumber daya lainnya. Untuk lebih spesifik mengenai fungsi dari sumber daya manusia, berikut adalah beberapa fungsi dari sumber daya manusia dalam berbagai aspek.

  Pengertian Agribisnis

1. Menjadi Tenaga Kerja

Menjadi tenaga kerja yang produktif adalah salah satu fungsi dari sumber daya manusia, karena dengan begitu manusia dalam usia siap kerja mampu memberikan jasa setiap satuan waktu menghasilkan sebuah hasil yang berguna. Hasil yang dihasilkan pun bisa berupa barang ataupun juga jasa dan bisa sangat berguna bagi orang lain, kelompok atau dirinya sendiri.

2. Menjadi Tenaga Ahli

Sumber daya manusia meliputi banyak aspek dan diantaranya bisa sebagai tenaga ahli yang mampu memberikan hasil dan juga perkembangan yang dilakukan bagi suatu perusahaan.

3. Menjadi Pemimpin

Cakupan yang lebih lebar adalah dimana sumber daya manusia  memiliki sebuah kemampuan yang baik untuk menjadi seorang pemimpin dalam suatu institusi ataupun juga sebuah perusahaan.

fungsi sumber daya manusia
pengertian sumber daya manusia

4. Menjadi Tenaga Usahawan

Fungsi lain bisa dilihat dari segi penciptaan produk, dimana sumber daya manusia yang memiliki kapasitas menjadi usahawan mampu menghasilkan produk berkualitas yang bisa berguna bagi semua orang.

5. Sebuah Penemuan dan Pengembangan

Fungsi utama dalam sebuah penemuan dan pengembangan ilmu juga merupakan hasil dari sumber daya manusia, hal ini dilakukan oleh proses kerja manusia yang mengembangkan sebuah temuan baru dan memberikan sebuah hal positif yang berguna bagi setiap orang.

Jenis Sumber Daya Manusia

Dilihat dari jenisnya sumber daya manusia bisa dibagi menjadi dua bagian, yakni sumber daya yang bisa dilihat dan bersifat fisik dan juga yang sifatnya tidak terlihat yang disebut sumber daya mental. Berikut adalah ulasannya:

1. Sumber Daya Manusia Fisik

Sumber daya manusia dalam bentuk fisik bisa muncul dalam sebuah proses yang bisa dilihat. Hal ini meliputi berbagai bidang diantaranya seperti dengan bidang perindustrian, perikanan, perhutanan,, transportasi, perkebunan dan juga peternakan.

  Pengertian Manajemen Produksi: Ruang Lingkup, Fungsi Dan Aspeknya
jenis sda
pengertian sumber daya manusia

2. Sumber Daya Manusia mental

Sumber daya manusia dalam bentuk mental tentunya tidak akan bisa dilihat secara kasat mata, akan tetapi akan bisa dirasakan sebagai hal yang bisa membuat kita merasakan manfaatnya. Salah satu contoh yang bisa dilihat adalah dengan adanya kemampuan berpikir dari manusia yang mampu melakukan berbagai hal.

Kemampuan berfikir manusia sebagai sumber daya manusia bisa dirasakan manfaatnya oleh kita seperti dengan adanya kemajuan ilmu dan berkembangnya teknologi.

Manfaat Sumber Daya Manusia

Beberapa manfaat dari sumber daya manusia bisa dirasakan oleh organisasi, perusahaan ataupun ruang lingkup lainnya. Sumber daya manusia juga mampu memberikan sebuah hasil yang bisa dirasakan dan memiliki manfaat bagi setiap orang. Untuk sebuah instansi dan juga perusahaan beberapa manfaat dari adanya sumber daya manusia bisa meliputi beberapa hal positif sebagai berikut:

1. Mampu Mengefisienkan Proses Kerja

Pada sebuah perusahaan sebuah proses kerja bisa lebih efisien apabila sumber daya manusia ditempatkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap sumber daya manusia itu sendiri. Hal ini bisa dilihat dari penempatan posisi atau sebuah jabatan dalam perusahaan, apabila sumber daya manusia ini diperhatikan tentu sebuah tujuan dari sebuah perusahaan bisa tercapai.

2. Bisa Memangkas Biaya

Masalah keuangan dalam sebuah perusahaan bisa berdampak fatal bila tidak dikelola dengan baik oleh sumber daya manusia yang terampil dan memiliki kapasitas khusus. Akan pentingnya hal ini, maka sebuah perusahaan harus melakukan sebuah rotasi dalam posisi jabatan, baik itu penurunan jabatan, kenaikan jabatan bahkan pemecatan terhadap sumber daya manusia yang tidak kompeten. Dengan melakukan hal tersebut sebuah kerugian bisa di minimalisir karena perusahaan bisa menghemat pengeluaran gaji pada sumber daya manusia yang tidak sesuai.

  Pengertian Negara: Unsur, Fungsi, Tujuan Dan Bentuknya

3. Mampu Meningkatkan Semangat Kerja

Adanya sebuah perencanaan dan pemantauan akan setiap sumber daya manusia dalam perusahaan, jelas bisa memicu lingkungan kerja yang sehat dan juga kondusif. Hal ini dikarenakan setiap karyawan akan bekerja sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan promosi jabatan dalam perusahaan. Bahkan setiap karyawan akan menghindari sebuah kesalahan yang mana bisa membuat jabatannya bisa terancam oleh sebuah sumber daya manusia yang baru yang lebih produktif.

manfaat sda
pengertian sumber daya manusia

4. Mampu Menjaga Sumber Daya Yang Kompeten

Sumber daya manusia yang diawasi secara ketat dalam sebuah perusahaan, tentu saja karyawan menjadi lebih fokus dan jabatan diisi oleh setiap sumber daya yang kompeten. Dengan demikian perusahaan bisa berjalan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Hal ini sangatlah penting dalam sebuah proses kerja perusahaan supaya bisa meraih tujuan perusahaan yang direncanakan.

5. Meningkatkan Koordinasi

Manfaat yang jelas terlihat dari sumber daya manusia dalam perusahaan adalah dengan adanya perencanaan sumber daya manusia yang bergerak dalam kapasitasnya masing-masing. Hal ini bisa dilihat dalam sebuah koordinasi dalam sebuah perusahaan dimana atasan perusahaan tidak akan langsung melakukan koordinasi kepada pegawai langsung akan tetapi melakukan koordinasi melalui supervisor.

Hal ini dilakukan karena sumber daya manusia atasan tidak memiliki kapasitas dari sumber daya manusia yang dimiliki supervisor yang mampu lebih mengenali setiap pegawai dibandingkan atasannya.

Contoh Sumber Daya Manusia

Berbagai contoh sumber daya manusia meliputi berbagai aspek yang bermacam-macam sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh setiap individu. Apabila mengacu pada sebuah tingkat produktivitas dari manusia yang melakukan proses kerja, maka contoh dari sumber daya manusia bisa berupa karyawan dengan tugas kerja tertentu, supervisor yang memantau divisi tertentu, atasan yang memimpin perusahaan, tenaga ahli yang bergerak di bidang teknisi dan lain sebagainya.

  Pengertian Hukum Agraria

***

Demikian ulasan tentang pengertian sumber daya manusia yang bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari informasi tambahan. Terimakasih!