Pengertian URL: Sejarah, Fungsi, Tipe dan Contohnya

Pengertian URL: Fungsi, Tipe, dan Contoh URL. Mempelajari pengertian URL; fungsi, tipe dan contoh url merupakan hal yang perlu untuk Anda kuasai di jaman yang sudah serba canggih dan segala sesuatunya menggunakan internet ini. Banyak sekali komponen yang terlibat dalam jalannya internet, salah satunya yaitu URL atau Uniform Resource Locator yang merupakan alamat dari suatu website yang terdapat pada internet. URL juga mempunyai fungsi, tipe, jenis, dan juga contoh-contoh yang bisa Anda pelajari untuk semakin memperluas wawasan Anda.

Pengertian URL

URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator. URL ini pada dasarnya merupakan karakter yang sudah distandarisasi sehingga mempunyai standar tertentu yang ditujukan untuk menjadi alamat suatu sumber-sumber yang terdapat pada internet. Sumber itu dapat berupa file page, dokumen, gambar, dan lain-lain. Rangkaian karakter yang terdapat didalam URL bisa berupa huruf, angka, simbol, ataupun campuran yang sudah disesuaikan dengan standarisasi yang sudah ditentukan. Standar yang umum dikenal dalam penggunaan URL adalah URL tidak menggunakan spasi, sehingga apabila Anda melakukan pengetikan URL menggunakan spasi maka tidak akan sampai pada alamat website yang ingin Anda tuju. URL juga biasanya diawali dengan HTTP yang merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol sebagai sambungan agar URL bisa bekerja dengan sempurna.

Penggunaan dan penetapan dari URL ini sangatlah penting untuk para pembuat website ataupun Web Developer dikarenakan merupakan bagian utama yang bisa membuat alamat website dapat terhubung dengan orang-orang yang ingin mengunjunginya. Akan tetapi, sebenarnya untuk para pengunjung tidak perlu merasa risau dikarenakan kini sudah hadir mesin pencari canggih seperti Google, Yahoo, ataupun mesin pencari lainnya yang secara otomatis apabila Anda mengetikan keyword pada web browser tersebut akan langsung diarahkan pada kolom URL yang ingin Anda tuju.

  Pengertian Sumber Daya Manusia: Kemampuan Individu Untuk Menghasilkan Yg Bernilai

Pengertian URL Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian URL yang dikutip dari pendapat para ahli :

1. Sora N

Sora N mengungkapkan bahwa URL merupakan rangkaian karakter yang disusun dengan menggunakan format tertentu yang digunakan untuk memberikan gambaran mengenai alamat suatu sumber pada internet seperti file, gambar, dan juga teks yang semuanya terdapat dalam jaringan internet.

2. Prayogi

Prayogi mengungkapkan bahwa URL merupakan rangkaian karakter yang dibuat dengan standar tertentu dan dipakai untuk menuju pada alamat direktori suatu dokumen pada halaman website yang terdapat dalam jaringan internet.

3. Anonymous

Anonymous mengungkapkan bahwa URL merupakan rangkaian karakter yang berupa huruf, angka, dan juga simbol yang sudah distandarisasi sebelumnya sehingga memberikan fungsi untuk menunjukkan pada alamat sumber dokumen yang terdapat dalam jaringan internet.

baca juga: pengertian http

Sejarah Singkat URL

URL yang merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator ini ditemukan oleh seorang ahli komputer bernama Tim Barnes Lee. Oleh sebab itu, tidak heran rasanya apabila Tim Barnes Lee dijuluki sebagai “Bapak URL”. URL ditemukan tepatnya pada tahun 1991. Tujuan dari pembuatan URL ini adalah untuk memudahkan para penulis dokumen ataupun artikel. Kemudian, setelah URL selesai dibuat dan berfungsi dengan sangat baik, digunakan untuk mereferensikan tulisan ke WWW atau World Wide Web.

Fungsi Dari URL

URL mempunyai banyak sekali fungsi yang dapat bermanfaat untuk para penggunanya, diantaranya :

  1. Memudahkan Anda ketika membuka ataupun mengakses suatu dokumen atau file pada suatu website ataupun situs.
  2. Dapat digunakan untuk memberikan nama dokumen yang ada pada suatu website atau situs
  3. Memudahkan Anda dalam mengingat alamat-alamat dokumen yang ingin Anda tuju dan berada dalam suatu website
  4. Memudahkan pengidentifikasian dokumen-dokumen yang ada pada website tersebut
  5. Untuk memberikan alamat pada masing-masing website yang berisikan dokumen-dokumen lainnya
  6. Sebagai media untuk identifikasi dokumen pada suatu halaman website
  7. Sebagai “Nama” dari dokumen-dokumen yang terdapat pada website
  8. Sebagai alamat halaman website yang bisa berisikan beragam dokumen
  9. Memudahkan Anda sebagai pengguna untuk membuka dokumen yang terdapat didalam website.
  Pengertian Hukum Islam

Oleh sebab itu sangat penting sekali untuk mempelajari pengertian URL; fungsi, tipe dan contoh url.

Tipe-Tipe URL

Dalam pembuatan dan penggunaannya, URL dibagi menjadi beberapa tipe yang bisa Anda sesuaikan dalam pemanfaatannya. Tipe-tipe dari URL tersebut adalah :

1. URL Absolut (URL Absolute)

URL Absolut merupakan alamat lengkap dari suatu website yang sudah menyertakan nama dan domain. Pada URL ini secara langsung juga bisa menentukan lokasi dari direktur ataupun dokumen yang berada didalam suatu website tersebut dalam internet. Direktur tersebut terdapat dalam domain dan juga dokumen yang terdapat langsung didalam direktori. Format penyusunan dari URL Absolut ini adalah “Domain – Direktori – Dokumen”. Hal ini dapat diartikan sebagai direktori terdapat didalam domain, dan dokumen berada di dalam direktori yang terdapat pada domain utama.

2. URL Relatif (URL Relative)

URL Relatif berbeda dengan URL Absolut. Akan tetapi, URL ini merupakan URL yang memang sudah aktif ketika saat itu. Hal lain yang membuat URL Relatif ini berbeda dengan URL Absolut yaitu pada bagian format. Jika kerap kali dijumpai format penyusunan URL Absolut yang baku, maka berbeda dengan halnya penyusunan URL Relatif yang tidak baku dan otomatis hanya ada petunjuk dari nama dokumen yang sedang dibuka pada suatu halaman website yang terdapat pada jaringan internet.

Bagian-Bagian URL

URL terdiri dari empat macam bagian yang kemudian digabungkan sehingga menjadi satu struktur yang utuh. Bagian-bagian URL tersebut adalah :

1. Protokol

Protokol umumnya disingkat menjadi http://. Bagian ini merupakan bagian terpenting yang mempunyai fungsi untuk memudahkan pembaca untuk melakukan klik pada tautan tanpa harus melakukan copy dan paste pada browser.

  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

2. Nama Host Komputer

Nama host komputer kerap kali dikenal dengan WWW atau World Wide Web. Bagian ini bisa saja digunakan dan bisa juga tidak. Oleh sebab itu, kerap kali kita temui halaman website yang tidak menggunakan www pada alamat websitenya.

3. Domain

Domain merupakan nama situs atau yang menunjukkan alamat dari suatu situs website. Misalnya saja Google.com dan lainnya. Jenis dari domain ini ada dua, yaitu berbayar (.com, .info, .net) dan tidak berbayar.

4. Directory

Directory ini merupakan label dari sebuah alamat website atau URL. Peletakannya biasanya disimpan pada samping domain. Misalnya : https://inidomain.com/ini-url-direktori.

Contoh URL

Apabila Anda sudah memahami bagian-bagian di atas, berikut ini merupakan contoh dari URL yang bisa dengan mudah Anda analisa, yaitu: https://www.inidomain.com/pengertian-url.html

Maka, dapat dijelaskan bahwa :

  • https:// merupakan protokol dari suatu website pada internet
  • www merupakan nama host komputer yang digunakan untuk mengenal pasti sumber daya suatu website
  • inidomain.com merupakan domain dari suatu website tersebut
  • /pengertian-url.html merupakan lokasi dan juga nama file yang sedang diakses dari suatu website di internet.

Contoh Penggunaan URL

URL bisa Anda temukan apabila sedang mengakses suatu website dan pada bagian atas terdapat alamat dari website tersebut yang tercantum pada kolom URL. Misalnya saja, ketika Anda sedang membaca sebuah artikel, perhatikanlah bagian atas kolom URL pada browser yang sedang Anda buka. URL tersebut mengarah pada suatu website yang berisikan protokol, nama host komputer, domain, dan juga direktori dari halaman website tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk mempelajari dan mengetahui pengertian URL; fungsi, tipe dan contoh url karena memiliki banyak sekali manfaat yang bisa untuk Anda terapkan.

  Pengertian Manajemen Pemasaran

***

Demikianlah penjelasan tentang pengertian URL beserta jenis dan contohnya yang bisa dibagikan kali ini. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber referensi dan informasi bermanfaat untuk kita semua.