Pengertian Web Hosting: Definisi, Fitur dan Jenisnya

Pengertian Web Hosting, Beserta Fitur dan Jenisnya. Apa anda pernah berpikir bagaimana sebuah website bisa memberikan atau menampilkan sebuah informasi? Yang mana informasi tersebut bisa anda simpan dan bisa ditampilkan kembali. Nah seluruh informasi yang disimpan di tempat khusus disebut dengan server web hosting. Hal ini bertujuan agar informasi tersebut dapat diakses oleh semua orang yang sedang mencari sebuah informasi. untuk anda yang tidak paham apa itu web hosting dan sejenisnya. Disini saya akan menjelaskan mengenai pengertian web hosting, beserta fitur dan jenisnya berikut ini.

Pengertian Web Hosting

Untuk anda yang saat ini mencari informasi mengenai apa itu web hosting? Web hosting adalah alat teknologi berupa komputer yang terhubung dalam jaringan internet yang digunakan untuk menyimpan sebuah data yang berasal dari situs website agar mempermudah anda dalam mengaksesnya secara online melalui jaringan internet.

Cara Kerja Web Hosting

Untuk anda yang ingin mengakses sebuah website baik anda pengguna IP atau Address maupun dengan nama domain, anda harus melaluinya dari browser protokol HTTP. Hal ini akan membuat jaringan internet akan mengirimkan permintaan untuk mengakses sebuah server hosting. Langkah selanjutnya server tersebut langsung mengirimkan informasi file yang anda inginkan melalui jaringan internet, kemudian diterjemahkan oleh web browser yang akan menampilkan bentuk tulisan atau sebuah gambar.

Jadi untuk mengakses website ini anda juga harus mengetikkan sebuah alamat website pada browser yang akan anda gunakan. Setelah mengetikkan alamat yang ingin anda cari, otomatis perintah akan diproses melalui browser yang akan dilanjutkan dengan jaringan internet ke server hosting untuk memberikan informasi yang sedang anda cari.

Fitur-Fitur Web Hosting

  • Nama besar web hosting
  • Aplikasi control panel
  • Best web forms generator
  • Lokasi server
  • Generasi uptime
  • Jumlah addon domain dan sub domain
  • Jumlah database
  • Jumlah email
  • Kemampuan pemrosesan CPU dan Memory
  • Kapasitas bandwidth
  • Kapasitas harddisk
  Pengertian URL: Sejarah, Fungsi, Tipe dan Contohnya

Jenis-Jenis Layanan Web Hosting

1. Shared hosting

Setelah anda mengetahui cara kerja web hosting, anda harus tahu jenis-jenis layanan web hosting. Jenis web hosting yang pertama adalah shared hosting. Untuk anda yang tidak tahu apa itu shared hosting? Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang menggunakan layanan server secara bersama-sama oleh penggunanya.

Layanan shared hosting dibagi menjadi dua yaitu resource dan kapasitas server yang dilakukan secara bersama-sama. Sayangnya user ini mempunyai akses yang sangat terbatas untuk pergi ke setting server ini, karena penggunaan user ini sudah ditentukan oleh pengelola server.

Kelebihan Shared Hosting

  • Dengan menyewa web shared hosting anda akan lebih menghemat biaya pengeluaran, jika dibandingkan anda menyewa VPS atau dedicated server yang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
  • Bagi anda yang baru menggunakan shared hosting, web ini terbilang cukup mudah untuk digunakan, karena anda tidak perlu repot untuk menjalankan web setting server.
  • Dengan menggunakan web shared hosting anda akan diberi kemudahan untuk mengaksesnya karena web ini memberikan layanan support untuk membantu penggunanya selama 24 jam.
  • Kelebihan shared hosting selanjutnya adalah anda akan diberikan jaminan untuk mengatasi permasalahan jika terjadi pada server anda, jadi anda tidak perlu repot-repot untuk turun tangan sendiri, karena penyedia server akan memperbaiki permasalahan yang terjadi pada server anda.

Kekurangan Shared Hosting

  • Shared hosting ini adalah web yang digunakan dengan cara bersama-sama. Hal inilah yang menyebabkan para penggunanya mendapatkan masalah. Penggunaan secara bersama-sama menyebabkan overload atau terjadi gangguan pada sebuah server.
  • Karena digunakan bersama-sama oleh pengguna shared hosting menjadikan akses server menjadi sangat terbatas. Hal ini menyebabkan para pengguna harus mengelola filenya sendiri.
  • Web shared hosting ini sudah di setting dengan batasan oleh pengelolanya server, jika anda melanggar ketentuan pengelola server akan mengakibatkan akun anda akan ditahan bahkan penghapusan akun hosting anda.
  Pengertian HTTP

2. VPS Hosting/VPS Server

Server hosting VPS hosting/VPS ini dibagi menjadi server virtual yang difungsikan sebagai hosting sendiri. Para pengguna akan memiliki sebuah root akses VPS server yang memiliki wewenang penuh untuk membuat peraturan server VPS. Sedangkan untuk mengelola server VPS anda harus memiliki pengetahuan dasar terlebih dahulu.

Kelebihan VPS

  • Untuk anda yang ingin membeli server VPS anda tidak perlu khawatir mengenai harganya, karena jenis server ini harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan dedicated server.
  • Kelebihan menggunakan server VPS anda akan bebas untuk mengkustomisasi server VPS yang sudah anda miliki, jadi anda tidak perlu takut untuk menggunakan server VPS ini.
  • Kelebihan selanjutnya dengan menggunakan server VPS ini anda bisa menikmati layanan dari tim support selama 24 yang akan membantu jika anda mengalami masalah dalam mengelola server.
  • Anda juga akan memiliki remot akses server VPS sendiri, jadi anda bisa bebas menggunakan server jenis ini. Bahkan anda bisa menurunkan atau meninggikan resource tanpa harus mengalami downtime terlebih dahulu.

Kelemahan menggunakan Hosting server VPS

  • Untuk anda yang ingin menggunakan hosting server VPS ini anda harus mempunyai pengetahuan dasar agar bisa menjalankan dan mengakses sistem operasi  dari server VPS.
  • Kelemahan menggunakan hosting server VPS selanjutnya adalah anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal dibanding menggunakan server shared hosting. Tidak hanya soal biaya yang cukup mahal tetapi anda juga harus menginstall control panel sendiri.

3. Dedicated server dan colocation server

Dedicated server dan colocation server sebenarnya tidak ada yang berbeda alias sama, yang membedakan kedua jenis layanan ini terletak pada komponen hardwarenya. Pada server dedicated  ini menggunakan komponen data center, jadi komponen yang dimiliki oleh dediated bukan komponennya sendiri. sedangkan colocation server ini memiliki server dengan fisik dan komponen yang sudah dibeli sendiri, komponen yang dimiliki oleh server colocation diantaranya hardware, software, firewall dan komponen yang diletakkan di sebuah data center untuk mengelola dan merawat server tersebut.

  Pengertian HTTP

Para pengguna server ini memiliki root access server yang memiliki kekuasaan secara penuh terhadap manajemen server. Untuk mengelola kedua jenis server ini anda juga harus memiliki pengetahuan tentang kedua server ini. Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam mengakses atau menjalankan server ini.

Kelebihan Dedicated/Colocation Server

  • Kelebihan dedicated/colocation server yang pertama pada kedua server fisik ini hanya dikhususkan untuk anda yang mempunyai kedua server ini.
  • Kelebihan dedicated/colocation server yang kedua anda bisa dengan bebas untuk menerapkan peraturan yang anda inginkan, jadi anda tidak perlu terikat dengan peraturan server.
  • Kelebihan dedicated/colocation server selanjutnya anda akan mendapatkan kontrol penuh untuk meningkatkan spesifikasi server anda sendiri

Kekurangan dedicated/colocation server

  • Untuk mengakses kedua layanan server ini anda harus mempunyai pengetahuan dasar mengenai server dan sistem operasinya.
  • Kekurangan menggunakan server dedicated/colocation ini terletak pada biaya yang dikeluarkan jauh lebih tinggi dari pada server shared hosting.
  • Untuk menjalankan server dedicated/colocation ini anda harus menginstall control panel sendiri.
  • Untuk anda yang menggunakan server dedicated/colocation ini anda harus upgrade/downgrade pada jangka waktu yang sudah ditentukan oleh server ini,
  • sayangnya untuk upgrade/downgrade server ini anda harus mengalami downtime terlebih dahulu karena kedua server ini harus dimatikan terlebih dahulu

Demikianlah ulasan mengenai pengertian web hosting, beserta fitur dan jenisnya semoga dapat menambah wawasan anda, semoga bermanfaat.